angkringan jogja

15 Angkringan Jogja Ini Bisa Jadi Alternatif Buat Kamu Yang Cari Angkringan Di Jogja

www.tuguwisata.com – Bertandang ke Jogja dan sedang ingin memburu wisata kuliner khas Jogja? Boleh sekali kalian mendatangi angkringan jogja berikut sebagai tips makan murah kamu.

  1. ANGKRINGAN LEK MAN

    angkringan jogja

    Instagram: @yandika_putra

Angkringan Lek Man merupakan angkringan legendaris yang menjadi andalan para penikmat tongkrongan di warung sederhana ini. Menu andalan di angkringan Lek Man adalah Kopi Joss. Kopi Joss adalah kopi yang penyajiannya menggunakan arang yang menyala.

Adapun menu makanannya masih menjadi ciri khas yaitu nasi kucing, gegorengan, sate telur puyuh, sate usus, sate kulit, dan lain sebagainya. Meski terbilang sangat sederhana, angkringan ini selalu ramai karena terkenal sangat legendaris. Lek Man ini adalah anak dari sang maestro Angkringan di Jogja yaitu Mbah Pairo yang sudah menjajakan angkringan dengan berkeliling sejak tahun 1950an. Kebanyakan justru yang mendatangi angkringan ini adalah para mahasiswa. Harga yang sesuai dengan kantong mahasiswa alias murah pasti gemar diburu para kawula muda di Yogyakarta.

Lokasi angkringan Lek Man berada di utara stasiun Tugu. Dari pintu timur stasiun kamu bisa berjalan beberapa meter ke arah utara hingga menemukan jalan kecil sebelah barat disitulan Angkringan Lek Man.

  1. ANGKRINGAN KR ATAU ANGKRINGAN PAK JABRIK

angkringan jogja

Instagram: @diankawe

Bertandang ke arah utara dekat angkringan Lek Man atau saat kamu berjalan menuju kea rah Tugu, kamu bisa menemukan angkringan yang juga ramai dikunjungi semua kalangan. Adalah angkringan KR milik Pak Jabrik.

Lokasinya berada di Jalan Mangkubumi. Biasanya angkringan paling padat saat akhir pekan, namun di hari biasa juga angkringan ini tetap ramai. Beragam aneka menu ala angkringan pada umunya, dijajakan di angkringan ini seperti nasi kucing yang bervarian; nasi sambel teri, oseng tempe, oseng jamur, mercon jamur, sambal tomat, dan lainnya.

  1. ANGKRINGAN KLEBENGAN

Lokasi angkringan yang strategis banget bagi anak muda khususnya mahasiswa UGM UNY yang tepat di Gor Klebengan selalu ramai dan juga tempatnya luas. Hamparan tikar tersedia bagi pengunjung yang ingin bersantai sembari bercengkerama. Angkringan ini dikenal dengan menambahkan kecap manis di gorengan lalu dihangatkan atau dibakar.

  1. ANGKRINGAN GALAU

Meski namanya galau namun nuansanya tidak galau sama sekali karena berada di Perumahan Mataram Bumi Sejahtera atau di utara UII Ekonomi.

Jika dari bungkusnya, nasi kucing pada umumnya dibanding dengan nasi kucing di angkirngan ini terbilang cukup besar. Nasi kucing ini dijual dengan harga Rp. 3000 per bungkusnya. Sedikit lebih mahal dari angkringan biasanya namun sesuai dong ya dengan bentuknya.

  1. ANGKRINGAN KALI CODE

Sesuai namanya, angkringan ini memang berada di pinggir kali code. Dikenal juga dengan Kopi Code. Meski hanya warung angkringan, namun warung di lokasi ini memiliki perizinan dari kecamatan Kotabaru. Bahkan warungnya diketahui memiliki paguyuban dengan nama “Persatuan Kali Code”.

  1. ANGKRINGAN WIJILAN

Kawasan Wijilan adalah kawasan yang terkenal dengan sentra gudeg sehingga angkringan dia daerah ini dikenal dengan angkringan Wijilan. Bama aslinya adalah angkringan Kang Harjo. Dan saat ini angkringan ini dibuat dua lantai karena begitu ramainya dikunjungi para penikmat sego kucing.

Image result for angkringan wijilan

Tampatnya luas dan terdapat banyak deret bangku yang memenuhi angkringan. Menu yang dijajakan hampir sama dengan angkringan pada umumnya yaitu aneka gorengan (tahu, tempe, bakwan) juga aneka sate (keong, telur puyuh, usus, dan gajih). Selain itu juga ada gorengan yang kita dapatkan di banyak supermarket yaitu tempura dan nugget.

Di angkringan Wijilan juga menyediakan menu besar dengan beragam lauk pauk seperti ayam goreng, telur dadar maupun ceplok, oseng-oseng usus, terong balado, pecel, dan masih banyak lagi. Semua menu disajikan dalam prasmanan dengan range harga dari Rp. 2.000-Rp. 5000.

  1. ANGKRINGAN JAC ATAU ANGKRINGAN PENDOPO DALEM

    Instagram: @imasatrianto

Berikutnya ada angkringan JAC yang tempatnya nyaman. Angkringan JAC (Pendopo nDalem). Posisi angkringan yang berada di rumah bangsawan Jawa, juga terfasilitasi dengan baik dnegan wifi dan sangat cocok untuk keluarga.

Selain itu di angkringan ini juga dilengkapi dengan Clorot, Kipo, Semar Mendem, Lupis, dan Jadah Manten. Angkringan ini dibuka pada pukul 18:00-23:30 WIB. Angkringan Pendopo nDalem terletak di Jalan Sompilan No. 12, Ngasem Yogyakarta.

  1. ANGKRINGAN BK NGASEM

Lokasinya terletak di kawasan pasar Ngasem. Angkringan ini terbilang cukup besar karena banyak meja dan tempat duduknya namun penyajian angkringan tetap diletakkan di atas gerobak.

Ditambah lagi dengan adanya wifi gratis. Sudah pasti diburu siapapun yang ingin menikmati makanan sembari mengerjakan tugas. Untuk nasinya tidak dibungkus seperti angkirngan lain yang disebut nasi kucing. Di angkringan ini nasi diambil langsung dari penghangat nasi.

  1. ANGKRINGAN PAK JACK

Angkringan Pak Jack terletak Jl. Jend. Sudirman disebelah barat Jembatan Gondolayu. Angkringan ini menjadi ramai dikunjungi mulai dari kalangan muda hingga yang tua. Menunya selain nasi kuning ada gorengan, aneka sate, juga ada Kopi Joss yang menjadi khas kopi yang dicelupkan arang.

Semakin larut bukan malah menjadi semakin sepi justru sebaiknya. Mungkin karena posisinya yang berada di Jembatan Gondolayu sehingga membuat asyik nongkrong anak muda.

  1. ANGKRINGAN BONBIN

Lokasinya berada di sebelah kebun bintang Gembira Loka Jogja ini ramai dengan andalan nasi kucingnya yang selalu hangat.

  1. ANGKRINGAN NGANGGO SUWE ATAU ANGKRINGAN LEK ADI

Jika angkringan Jogja yang satu ini lokasinya bertempat di kota Gede. Kawasan angkringan ini selalu ramai dikunjungi kalangan mahasiswa yang suka hunting lauk pauk pun juga warga sekitar.

  1. ANGKRINGAN PAK SATARI

Angkringan yang satu ini mungkin lebih mirip dengan warung makan dengan beragam menu yang murah meriah. Lokasinya memang bukan di lingkaran ring road, yakni berada di Jl. Magelang Km 15 namun angkringan ini juga selalu ramai dan menjadi idola. Wah cocok dibuat tempat mampir kalau kamu berada di sekitar jalan Magelang.

Menu angkringan yang khas dengan menu nasi kucing dan lauk yang menemaninya seperti sate ayam, sate usus, sate keong, sate telur, gorengan-gorengan, tahu bacem, pisang goreng, dan juga tape goreng. Adapula klepon, arem-arem, kue lumpur, kue bolu, pastel, kue sus, dan lain sebagainya.

Juga minumannya yang beragam. Di angkringan ini juga kmu bisa pesan soda gembira lho!

  1. ANGKRINGAN SENDANG

Angkringan Sendang ini lagi digandrungi kawula muda Jogja. Lokasinya berada di dua temapt yakni di resto Sendang Ayu (Jl. Solo) dan juga di dekat STTNas (Jl. Babarsari). Khasnya adalah bungkusnya yang kalau angkirngan pada umumnya hanya kertas minyak, angkirngan ini menggunakan kertas dengan tulisan “sendang”.

Menu yang disajikan juga beragam, mulai dari menu khas angkringan angkringan seperti sate usus dan gorengan, di angkringan ini juga terdapat menu anak muda seperti sate tempura, sate bakso, nasi bakar, nasi sambel bandeng, dan lain sebagainya.

  1. ANGKRINGAN JENG NANA

Kalau angkringan lainnya berada di pinggiran jalan dengan lesehan, di angkringan Jeng Nana ini berbeda. Tempat makan yang nyaman selayaknya rumah makan. Namun menu angkringan tetap murah dan lezat. lokasinya berada agak tersembunyi yakni di Jl. C. Simanjuntak belakang Pondok Cabe.

  1. HOUSE OF RAMINTEN

Angkringan di sini nuansanya memang semi café. Menyediakan ragam menu modern yang unik dan nyentrik karena nuansa Jawa sangat melekat di café ini. Lokasinya berada di Jalan FM Noto 7, Kotabaru, Yogyakarta.

Menunya memang angkringan namun lebih membuat gaya angkringannya lebih elegan. Nasi ditempat ini disajikan di piring kotak dan lauk apuknya yang ditata rapi. Aneka minuman di lokasi ini juga beragam seperti jamu godhokan, aneka macam susu, minuman dari rempah, dan sebagainya. Juga ditambah suasanya yang nyaman, House of Raminten sering dijadikan tempat berkumpul dan nongkrong anak muda.

Demikian 15 Angkringan Jogja murah dan enak yang ada di Yogyakarta. Semoga bermanfaat buat kalian yang mencari wisata murah di Jogja.  Yang pasti setiap sudut Jogja membuat siapapun ingin kembali. Happy Traveling!

asal usul bakpia

Buat Kamu Yang Lagi Cari Bakpia, Nih 10 Bakpia Khas Jogja Yang Enak dan Recommended Pokoknya!

www.tuguwisata.com – Sudah pernah ke Jogja belum? Bagi yang sudah pasti sudah menjadi hal wajib kan berburu Bakpia di kota Gudeg ini? Namun tidak sembarang bakpia kalau mau dijadkan oleh-oleh. Karena meski setiap sudutnya terdapat oleh-oleh enak ini, namun hanya ada beberapa bakpia khas Jogja yang menjadi incaran para turis karena rasanya yang lezat, pas, pokoknya rekomended banget deh! Siapa saja sih nama Bakpia Khas Jogja favorit pelanggan itu?

 

  1. Bakpia Patuk 75

    bakpia khas Jogja tgu wisata

    Instagram: @kuliner.jogja.online

Kalau mau cari yang legend ini dia Bakpia Patuk 75. Inagt kan sejarah awal mula adanya bakpia? Nah bakpia ini yang akhirnya berhasil melejitkan kue pia di sentra industry Patuk akrena sudah berdiri sejak 1948. Cara memasaknya juga masih mempertahankan tradisionalnya. Oleh karena itu tidak heran jika bakpia 75 selalu diburu pengunjung. Lokasinya berada di Jalan KS Tubun No.83 Yogyakarta. Dibuka dari pagi hingga pukul 9.30 malam. Mampir lah kalau main di Jogja.

  1. Bakpia Pathok 25

bakpia khas Jogja tugu wisata

Instagram: @doddy212

Bakpia khas Jogja berikutnya adalah Bakpia Pathok 25. Beda nomor beda cita rasa ya tergantung penikmatnya. Hehehe nah Bakpia 25 ini juga rekomended guys. Kamu bisa sekalian lihat pembuatan bakpia langsung dari pabriknya. Selain itu kamu juga bisa mencicipi bakpia sebelum membeli. Lokasinya berada di Jalan KS Tubun I/450 Danurejan. Tidak jauh kok dari Malioboro. Buka sampai pukul 10.00 malam kok guys. Jadi jalan-jalan di Malioboro malam bisa mampir sekalian kesini.

  1. Bakpia 145

bakpia khas Jogja tgu wisata

Instagram: @mylovely_kitchen

Bakpia yang identic dengan penomoran selanjutnya bisa kamu datangi nih Bakpia 145. Kue satu ini memiliki rasa yang sangat bervariasi yakni darir asa original hingga rasa durian. Juga kamu bisa melihat pembuatan bakpia langsung dari dapurnya, berada di Jalan Gambiran No. 67A yang dibuka dari jam 8 pagi hingga jam 9 malam. Cus ini boleh juga dicoba bakpianya.

  1. Bakpia Kurnia Sari

bakpia khas Jogja tgu wisata

Instagram: @bakpia_kurnia_sari_official

Bakpia Kurnia Sari ini juga sangat terkenal. Kue Pia Kurnia Sari memiliki banyak varian rasa dari rasa original hingga rasa yang kekinian.  Di bakpia ini juga tidak hanya menyediakan rasa original kacang hijaunya namun juga ada rasa coklat, greentea, keju, hingga rasa durian. Nah bisa juga nih dijadikan oleh-oleh karena rasanya sudah lengkap. Tinggal dipilih sesuai selera. Lokasinya berada di Jalan Glagahsari 91, Warungboto, Yogyakarta. dibuka sejak pukul 8 pagi hingga 6 sore.

  1. Bakpia Citra

bakpia khas Jogja tgu wisata

Instagram: @bakpiacitrapremium

Mirip dengan bakpia Kurniasari, Bakpia Citra juga memiliki varian rasa tidak hanya rasa original juga bukan rasa yang pernah ada apa lagi rasa yang tertinggal. 😀 Bakpia Citra ini selain enak juga dikemas di sebuah kotak dengan desain yang menarik sehingga terkesan lebih eksklusif. Lokasinya berada di Jalan Mataram yang juga dekat dengan Jalan Malioboro. Jam bukanya dari jam 7-10 malam.

  1. Bakpia Kencana

bakpia khas Jogja tgu wisata

Instagram: @bakpiakencana

Oleh-oleh khas Jogja yang satu ini juga tidak kalah diburu para pembeli lho! Bakpia Kencana ini menawarkan konsep open kitchen yang membuat pembeli bisa menilik dapur pembuatan bakpia kencana. Di Bakpia ini rasanya juga sudah bervarian mulai dari rasa susu, coklat, ubi, keju, kumbu hitam, dan juga crispy. Terbaru sih di Bakpia ini ada rasa greentea gitu! Wah cus deh ya ini bakpia juga manis legit kulitnya tipis. Enak. Bisa deh meluncur ke Jalan Laksda Adsucipto, Kawasan SPBU Jalan Jogja Magelang Km 23, Kabupaten Magelang, atau juga di Ambar Ketawang.

  1. Bakpiaku

bakpia khas jogja

Instagram: @bakpiaku

Ini dia bakpia yang bisa kamu order untuk dikirim ke segala penjuru. Bakpiaku. Meski bisa order kalau kamu ke Jogja ngga ada salahnya kan bertandang ke Bakpiaku ini. tokonya berada di Jalan Gajahmada, Pakualaman, Yogyakarta, rasanya juga sudah sangat bervariasi seperti rasa coklat, susu, keju, greentea, kacang hijau, cappuccino, dan juga rasa original.

  1. Bakpia Merlino

bakpia khas Jogja

Instagram: @onlyjastip

Bakpia mungil kulit tipis mau? Nah Bakpia Marlino inilah si promotor bakpia mini yang cukup laris. Cappuccino dan greentea di bakpia ini sangat banyak diburu dan diminati oleh para pembeli. Pada awalnya Bakpia Merlino hanyalah bakery biasa namun ia juga menjual bakpia modifikasi yang ternyata cukup digemari oleh pembeli karena unik. Nah penasaran dnegan Bakpia Marlino? Langsung deh diburu ya si Marlino ini di Jalan Pakuningrata Yogyakarta.

  1. Bakpia Djava

bakpia khas jogja tugu wisata

Instagram: @peachpiku

Satu lagi bakpia yang favorit diburu termasuk ibu negara Iriana Jokowi. Nah bakpia Djava ini menjadi bakpia favorit beliau. Meski terbilang baru di kancah industry bakpia, Bakpia Djava ini sudah memiliki beberapa outlet di Jogja dan juga resep serta pembuatannya juga menggunakan cara tradisional yang telah diwariskan. Pusatnya berada di Jalan KS Tubun, Patuk. Kamu bisa mengunjungi dari jam 8 pagi hingga jam 11 malam.

  1. Bakpia Soemadigdo

bakpia soeamdigdo

Instagram: @jun_kitchen

Bakpia Soemadigdo adalah salah satu bakpia yang punya slogan gini “Pilih Roso Pilih Soemadigdo”. Ya, rasa bakpia ini juga enak banget. Selain rasanya enak juga harganya termasuk murah. Isi bakpia Soemadigdo ini juga lembut, dengan kulit tipis sehingga mudah di makan. Eak nih pokoknya. Cus deh ke Purawisata yang berada di Jalan Brigjen Katamso Yogyakarta.

Nah 10 bakpia khas Jogja yang enak sudah kamu baca kan? Enak banget kalau kamu bisa mampir bawa si Bakpia buat oleh-oleh yakan? Bakpia rekomendasi ini semoga bisa kamu pilih saat kamu berkunjung ke kota Gudeg. Selamat berlibur ya! 

Anda tertarik tour di Jogja dan sekitarnya namun tidak ingin ribet? Kami menyediakan paket wisata Jogja / paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja / sewa mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Selamat berlibur. 🙂

 

bakmi jawa mbah gito

Bakmi Jawa: Khas Jogja Lagi Nih! Mie Yang Satu ini Wahib Banget Kamu Coba!

www.tuguwisata.com – Kamu sedang di Jogja? Sedang mencari tahu makanan khas Jogja selain juga Gudeg? Nih kamu bisa mencicipi makanan lezat oleh tangan pribumi yaitu Bakmi Jawa. Mungkin kamu berpikiran, alah paling ini mie rebus yang biasa dibikin dirumah gitu terus dikasih tambahan sayuran aja sama telor jadi ya sama aja gitu. Eitssss sebentar, kalaulah sama dengan mie pada umumnya seorang bapak Presiden SBY dan Soeharto kok sampai menikmati Bakmi Jawa yang ada di Jogja ini? Jadi apa itu Bakmi Jawa?

BAKMI atau Mie Jawa ini adalah bakmi rebus yang mana dalam bahasa Jawa sering dibilang Bakmi Godhog. Mie ini dimasak dengan bumbu khas masakan Jawa. Mayoritas bakmi yang ada di Jawa adalah bakmi rebus, oleh karena itu di negeri sebrang seperti Singapura dan Malaysia mengenalnya dengan mee rebus. Namun sebenarnya di bakmi Jawa sendiri juga terdapat mie goreng atau bakmi goreng. Lezat deh lezat. Kuahnya bercampur baur dengan bumbu jadi ngga hambar. Asli enak!

bakmi jawa mbah gito

Instagram: @flora_abira

Cara Pengolahan Bakmi Jawa

Cara pengolahan bakmi sangat tradisional yakni dimasak di tungku tanah liat atau anglo, dengan api arang. Meski banyak yang memesan, pesanan bakmi tidak dimasak sekaligus dalam porsi yang besar. Namun diracik demi satu demi satu untuk membuat pas cita rasa bakmi.

Ciri khas dari bakmi Jawa adalah penambahan suwiran daging ayam kampung dan juga telur bebek ke dalam masakan. Makanan ini telah beredar di tanah Jawa khususnya Yogyakarta, dan juga di kota lain yang ada di Jawa Tengah. Seperti Magelang, Semarang, Solo, Purwokerto dan lain sebagainya.

Usut demi usut, adalah desa Piyaman, Kecamatan Wonosari, Gunungkidul yang menjadi awal mula pedagang bakmi Jawa bisa bergeser ke kota besar di Indonesia.

Di Jogja khususnya, bakmi telah menjadi deretan makanan khas selain Gudeg, Nasi Goreng Beringharjo, dan sebagainya. Mereka para pedagang, menjual bakmi Jawa di Yogyakarta kala hari mulai malam. Gerobak berdiri nyaman di depan warung usaha mereka.

bakmi jawa mbah gito

Instagram: @soviera6

Bakmi Terkenal Di Jogja

Bakmi-bakmi di Jogja yang terkenal antara lain Bakmi Pak Pele di Alun-alun Utara, Bakmi Kadin, Bakmi Mbah Hadi Terban, Bakmi Mbah Mo di desa Code, Trirenggo, Bantul, dan juga Bakmi MBah Wito di Desa Piyaman, Wonosari, Gunungkidul yang sudah melegenda.

Kabarnya, sosok bapak presiden Susilo Bambang Yudhoyono juga sering mendatangi Warung Bakmi Mbah Wito di Wonosari, Gunungkidul sebelum beliau terpilih menjadi presiden kala itu. Pun almarhum Soeharto juga pernah mengunjungi dan termasuk pelanggan di Bakmi Jawa Harjo Geno di Pasar Prawirotaman, Jogja. Ketika beliau Pak Soeharto masih menjabat, pernah diundang langsung Bakmi Kadin untuk memasak di Istana Negara pada setiap peringatan 17 Agustus.

Wah pantas saja Bakmi Jawa selalu ramai yah diburu para penikmat kuliner khususnya kuliner Jogja. Tidak salah deh kalau Bakmi Jawa menjadi makanan khas berikutnya selain Nasi Goreng Beringharjo dan juga Gudeg. Masih banyak makanan khas lain di Jogja yang perlu kamu kunjungi deh seperti Angkringan, Oseng-oseng Mercon dan lain-lain.

Anda tertarik tour di Jogja dan sekitarnya namun tidak ingin ribet? Kami menyediakan paket wisata Jogja / paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja / sewa mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Selamat berlibur. 🙂

bakpia

Ini Dia Nih Asal Usul Bakpia Si Oleh-Oleh Khas Yogyakarta!

www.tuguwisata.com – Sudah sering mendengar kata Bakpia? Atau juga pernah melihat deretan nama Bakpia di kota Jogja? Tapi sudahkah kalian tahu Asal Usul Bakpia Pathok Jogja? Benar asli Jogja apa dari mana sih?

Jadi Bakpia adalah makanan yang awalnya berasal dari negara Cina. Nama asli bakpia adalah Tou Luk Pia yang mana artinya adalah pia (kue) kacang hijau. Sebuah transformasi kue yang tidak lagi menggunakan minyak namun menjadi kue buat yang berhasil diterima oleh semua lapisan. Dan bakpia berhasil menjadi ikon kuliner khas kota Jogja.

Dikutip dari Kompas.com, penelitian terhadap Bakpia oleh Prof. Dr. Murdijati Gardjito, seorang peneliti makanan tradisional mengungkapkan bahwa bakpia terbentuk dari akulturasi budaya Tionghoa dan Jawa yang berhasil menghidangkan kue enak, sebuah benturan budaya yang sangat tidak berbahaya.

asal usul bakpia tugu wisata

Instagram: @bakpiapiahotline

Pada tahun 1940an, pendatang asal Tionghoa bernama Kwik Sun Kwok menyewa sebidang tanah milik Niti Gurnito di kampung Suryowijayan, kecamatan Mantrijeron

Ia mencoba membuat peruntungan melalui bakpia yakni makanan khas Tionghoa. Bak berarti babi dan pia berarti kue. Ia membuat kue ini dnegan minyak babi. Namun karena masyarakat Jawa tidak makan daging babi, diubahlah ia tanpa menggunakan minyak babi namun ia memanggangnya menggunakan arang yang dibeli dari temannya bernama Liem Bok Sing yang juga dari Tionghoa.

Hasil dari modifikasi dan perubahan cita rasa kue dan prosesnya, kue tersebut berhasil diterima oleh masyarakat Yogyakarta. Selanjutnya Kwik pindah ke sebelah barat Kampung Suryowijayan dan melanjutkan usahanya membuat aneka makanan dan roti juga bakpia.

Ketika Kwik meninggal tahun 1960an, usaha Bakpianya dilanjutkan oleh anak menantunya bernama Jumikem. Ternyata sepeninggal sang maestro Bakpia di Jogja, Niti Gurnito si pemilik tanah yang disewa Kwik juga temannya Liem ikut-ikutan membuat Bakpia. 😀

Mungkin, Niti Gunirto pernah diberi resep rahasia pembuatan Bakpia oleh Kwik. Namun bakpia olahan Niti juga berbeda. Ukurannya lebih kecil daripada bakpia ciptaan Kwik yang berkulit tebal juga isinya kecil. Bakpia buatannya ia jual keliling dengan pikulan kayu.

asal usul bakpia

Instagram: @bakpiakencana

Asal Usul Bakpia salah satunya dari sebuah cerita. Pada saat itu pembeli bakpia juga masih ada batas, orang Jawa ya belinya buatan Niti Gurnito, yang orang Tionghoa beserta turunannya ya belinya asal Tionghoa.

Sementara itu, Liem yang juga teman Kwik ikut-ikutan juga membuat Bakpia. Awalnya ia yang berada di Kampung Pejaksen, Sosromenduran, Gedongtengen, berpindah ke Kampung Pathuk yakni berada di Jalan KS Tubun Nomor 75 pada tahun 1948. Alhasil rumah tersebut menjadi sentra industri bakpia besar dengan nama Bakpia Patuk 75.

Dari olahan Liem, ia menyulap bakpia generasi kedua dengan kulit yang lebih tipis, ujung datar, dan sedikit gosong yang isisnya kacang hjau. Karena sebelumnya generasi pertama berkulit tebat dan berbentu bulat.

Usaha di kampung Pathuk ini berkembang sangat pesat sekitar tahun 1980an dengan memiliki total karyawan tetap 125 orang. Namun sebagian diantaranya juga berhasil mencuri resep bakpia dan menyebarkan teknik pembuatannya kepada orang kampung Pathuk. Lebih-lebih dia bahkan membuka kursus. Hingga akhirnya pemilik bakpia Patuk 75 juga mengambil bakpia dari hasil karya warga karena permintaan yang begitu melonjak.

Sejak saat itu, Kampung Pathuk berhasil dinobatkan menjadi Kampung Bakpia.

Berikutnya, Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY lalu membuka kursus bakpia di berbagai pelosok Jogja. Dari sinilah selanjutnya muncul varian bakpia di sentra generasi ketiga yakni Jalan AM Sangaji, Kawasan Jetis, Condong Catur, dan juga Sanggrahan. Bakpia yang mereka sulap tidak hanya dari kacang hijau, namun juga berbagai rasa seperti kumbu ketan, cokelat, keju, dan rasa lainnya.

asal usul bakpia

Instagram: @bakpiakencana

Dari asal usul bakpia dan berbagai perubahan bakpia berbagai generasi tersebut, kini bakpia menjadi ikon oleh-oleh kuliner khas Jogja. Ada yang kurang gitu kalau ke Jogja tanpa bawa oleh-oleh Bakpia, yakan? 😀

Anda tertarik tour di Jogja dan sekitarnya namun tidak ingin ribet? Kami menyediakan paket wisata Jogja / paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja / sewa mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Selamat berlibur. 🙂

belalang goreng tugu wisata

Ini Dia Kuliner Khas Gunungkidul Yogyakarta Legendaris. Nomor 3 Pasti Tahu Nih

www.tuguwisata.com – Gunungkidul tidak hanya memiliki goa-goa cantik dan juga pantainya gaes. berwisata ke Gunungkidul bisa juga berwisata kulliner khasnya. Sebuah kabupaten yang berbatasan dengan Wonogiri Jawa Tengah ini memiliki macam-macam makanan khas Gunungkidul yang sudah legendaris. Kalau belum mencoba salah satunya seperti piknik yang kurang lengkap. Apa saja sih kuliner khas Gunungkidul?

  1. Sego Abang Mbah Jirak/Lesehan Pari Gogo

    Sego Abang Gunungkidul Tugu Wisata

    Instagram: @merekammakan

Adalah sebuah kuliner legendaris yang mana nama warung yang terpampang adalah Lesehan Pari Gogo. Lesehan Pari Gogo. Keberadaaan warung yang terletak di dekat kali Jirak ini memang lebih dikenal dengan Sego Abang Mbah Jirak.

Sego Abang Mbah Jirak sudah melegenda dan cukup bayak diminati dari Sultan Hamengku Buwono X dan juga mantan presiden ibu Megawati Sukarnoputri. Menu andalan yang menjadi menu utama adalah nasi merah yang dalam bahasa Jawa dikenal “Sego Abang”. Ada juga makanan pedamping lainnya seperti empal usus goreng, ayam goeng, wader goreng, sayur Lombok ijo, trancam, dan makanan khas Gunungkidul yang paling tersohor adalah belalang goreng.

Nasi Merahnya terbukti empuk dan juga gurih berkt dari proses tradisional dari penanaman padi, panen hingga menjadi nasi. Widihhh nikmat sekali kan? untuk minumnya juga beragam. Ada wedang poci gula batu, es jeruk, es kelapa muda, sampai soft drink.

Lokasi warung Sego Abang Mbah Jirak ini berada di Jl. Wonosari-Semanu, Gunungkidul. Warung ini dibuka setiap hari hingga pukul 16.00 WIB.

  1. Thiwul Yu Tum

    Thiwul Yu Tum Tugu Wisata

    Instagram: @thiwulyutum

Kuliner khas Gunungkidul yang satu ini juga legend gaes. Thiwul, makanan dari olahan singkong ini adalah makanan pengganti nasi gaes pada awalnya. Namun karena perkembangan inovasi, munculah beragam ide pengolahan thiwul menjadi mkanan khas yang lezat. Dari beberapa thiwul khas Gunungkidul yang dijajakan adalah Thiwul Yu Tum yang memiliki perbedaan dari thiwul lainnya, tekstur lembut, pulen, serta disajikan dalam berbagai olahan rasa dari rasa original, keju, dan juga  cokelat. Ditambah lagi dengan parutan kelapa. Duh makin asyik kan?

Lokasi Twihul Yu Tum ini berada di Jalan Pramuka No. 36 sebelah Balai Desa Wonosari. Selain menyediakan thiwul, di warug ini juga terdapat gatot manis, keripik, juga getuk goreng. Kalau kamu mau berkunjung ke Thiwul Yu Tum ini bisa dikunjungi dari pukul 06.00 – 20.30.

  1. Belalang Goreng Ini Salah Satu Kuliner Khas Gunungkidul Sekali

    belalang goreng tugu wisata

    Instagram:@brojajan

Nah makanan ekstrim satu ini nih yang menjadi makanan populer khas Gunungkidul. Belalang goreng, sebuah makanan yang pada awalnya banyak yang tidak memikirkan dan mungkin juga geli karena bentuknya. Namun ketika menyantap rasanyaaaa mantap sudah.  Ternyata belalang goreng ini memiliki kadungan protein yang tinggi gaes. makanan ini menjadi lauk pauk khas Gunung Kidul. Belalang yang ditemukan biasanya belalang kayu yang banyak dijumpai di semak-semak dan pohon Jati.

  1. Sayur Lombok Ijo

    sayur lombok ijo kuliner khas gunungkidul tugu wisata

    Instagram: @pikoappa

Adalagi makanan khas Gunungkidul gaes, sayur Lombok Ijo. Lombok berarti cabai. Yang menjadi khas sayur ini adalah kuah santan dan juga rasnaya yang pedas. Bahan dasar sayur Lombok Ijo atau “Jangan Lombok Ijo” adalah santan kelapa, cabai hijau, cabai rawit, kacang panjang, dan juga tempe kedelai. Biasanya makanan khas ini disajikan untuk acara-acara tertentu seperti hajatan pernikahan atau juga khitanan.

  1. Bakmi Jawa

    Bakmi Jawa Gunungkidul Tugu Wisata

    Instagram: @michelleswonderland

Nah makanna khas Gunungkidul berikutnya ini pasti sudah tidak asing lagi kan? Bakmi Jawa khas Gunungkidul adalah bakmi legendaris yang kemudian merambah ke kota Jogja dan menjadi makanan khas Jogja. Bakmi Jawa di Gunungkidul selain mie-nya yang menggugah selera juga kuahnya yang segar, gurih, dan enak banget. Adalah rasanya guirh itu berasal dari telor bebek gaes. mantap to?

Demikian kuliner khas Gunungkidul yang bisa kamu kunjungi sewaktu menapakan kaki di Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta. Yang jelas semua citarasanya bikin kmau ketagihan deh hehehe. Happy travelling gaes selamat berkulineran.

Anda tertarik tour di Jogja dan sekitarnya namun tidak ingin ribet? Kami menyediakan paket wisata Jogja / paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja / sewa mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Sewa mobil di Jogja di Tugu Wisata mulai dari sewa Avanza Jogja hingga sewa Alphard Jogja. Selamat berlibur. 🙂

1 2 3 9
× 08112635846