angkringan jogja

15 Angkringan Jogja Ini Bisa Jadi Alternatif Buat Kamu Yang Cari Angkringan Di Jogja

www.tuguwisata.com – Bertandang ke Jogja dan sedang ingin memburu wisata kuliner khas Jogja? Boleh sekali kalian mendatangi angkringan jogja berikut sebagai tips makan murah kamu.

  1. ANGKRINGAN LEK MAN

    angkringan jogja

    Instagram: @yandika_putra

Angkringan Lek Man merupakan angkringan legendaris yang menjadi andalan para penikmat tongkrongan di warung sederhana ini. Menu andalan di angkringan Lek Man adalah Kopi Joss. Kopi Joss adalah kopi yang penyajiannya menggunakan arang yang menyala.

Adapun menu makanannya masih menjadi ciri khas yaitu nasi kucing, gegorengan, sate telur puyuh, sate usus, sate kulit, dan lain sebagainya. Meski terbilang sangat sederhana, angkringan ini selalu ramai karena terkenal sangat legendaris. Lek Man ini adalah anak dari sang maestro Angkringan di Jogja yaitu Mbah Pairo yang sudah menjajakan angkringan dengan berkeliling sejak tahun 1950an. Kebanyakan justru yang mendatangi angkringan ini adalah para mahasiswa. Harga yang sesuai dengan kantong mahasiswa alias murah pasti gemar diburu para kawula muda di Yogyakarta.

Lokasi angkringan Lek Man berada di utara stasiun Tugu. Dari pintu timur stasiun kamu bisa berjalan beberapa meter ke arah utara hingga menemukan jalan kecil sebelah barat disitulan Angkringan Lek Man.

  1. ANGKRINGAN KR ATAU ANGKRINGAN PAK JABRIK

angkringan jogja

Instagram: @diankawe

Bertandang ke arah utara dekat angkringan Lek Man atau saat kamu berjalan menuju kea rah Tugu, kamu bisa menemukan angkringan yang juga ramai dikunjungi semua kalangan. Adalah angkringan KR milik Pak Jabrik.

Lokasinya berada di Jalan Mangkubumi. Biasanya angkringan paling padat saat akhir pekan, namun di hari biasa juga angkringan ini tetap ramai. Beragam aneka menu ala angkringan pada umunya, dijajakan di angkringan ini seperti nasi kucing yang bervarian; nasi sambel teri, oseng tempe, oseng jamur, mercon jamur, sambal tomat, dan lainnya.

  1. ANGKRINGAN KLEBENGAN

Lokasi angkringan yang strategis banget bagi anak muda khususnya mahasiswa UGM UNY yang tepat di Gor Klebengan selalu ramai dan juga tempatnya luas. Hamparan tikar tersedia bagi pengunjung yang ingin bersantai sembari bercengkerama. Angkringan ini dikenal dengan menambahkan kecap manis di gorengan lalu dihangatkan atau dibakar.

  1. ANGKRINGAN GALAU

Meski namanya galau namun nuansanya tidak galau sama sekali karena berada di Perumahan Mataram Bumi Sejahtera atau di utara UII Ekonomi.

Jika dari bungkusnya, nasi kucing pada umumnya dibanding dengan nasi kucing di angkirngan ini terbilang cukup besar. Nasi kucing ini dijual dengan harga Rp. 3000 per bungkusnya. Sedikit lebih mahal dari angkringan biasanya namun sesuai dong ya dengan bentuknya.

  1. ANGKRINGAN KALI CODE

Sesuai namanya, angkringan ini memang berada di pinggir kali code. Dikenal juga dengan Kopi Code. Meski hanya warung angkringan, namun warung di lokasi ini memiliki perizinan dari kecamatan Kotabaru. Bahkan warungnya diketahui memiliki paguyuban dengan nama “Persatuan Kali Code”.

  1. ANGKRINGAN WIJILAN

Kawasan Wijilan adalah kawasan yang terkenal dengan sentra gudeg sehingga angkringan dia daerah ini dikenal dengan angkringan Wijilan. Bama aslinya adalah angkringan Kang Harjo. Dan saat ini angkringan ini dibuat dua lantai karena begitu ramainya dikunjungi para penikmat sego kucing.

Image result for angkringan wijilan

Tampatnya luas dan terdapat banyak deret bangku yang memenuhi angkringan. Menu yang dijajakan hampir sama dengan angkringan pada umumnya yaitu aneka gorengan (tahu, tempe, bakwan) juga aneka sate (keong, telur puyuh, usus, dan gajih). Selain itu juga ada gorengan yang kita dapatkan di banyak supermarket yaitu tempura dan nugget.

Di angkringan Wijilan juga menyediakan menu besar dengan beragam lauk pauk seperti ayam goreng, telur dadar maupun ceplok, oseng-oseng usus, terong balado, pecel, dan masih banyak lagi. Semua menu disajikan dalam prasmanan dengan range harga dari Rp. 2.000-Rp. 5000.

  1. ANGKRINGAN JAC ATAU ANGKRINGAN PENDOPO DALEM

    Instagram: @imasatrianto

Berikutnya ada angkringan JAC yang tempatnya nyaman. Angkringan JAC (Pendopo nDalem). Posisi angkringan yang berada di rumah bangsawan Jawa, juga terfasilitasi dengan baik dnegan wifi dan sangat cocok untuk keluarga.

Selain itu di angkringan ini juga dilengkapi dengan Clorot, Kipo, Semar Mendem, Lupis, dan Jadah Manten. Angkringan ini dibuka pada pukul 18:00-23:30 WIB. Angkringan Pendopo nDalem terletak di Jalan Sompilan No. 12, Ngasem Yogyakarta.

  1. ANGKRINGAN BK NGASEM

Lokasinya terletak di kawasan pasar Ngasem. Angkringan ini terbilang cukup besar karena banyak meja dan tempat duduknya namun penyajian angkringan tetap diletakkan di atas gerobak.

Ditambah lagi dengan adanya wifi gratis. Sudah pasti diburu siapapun yang ingin menikmati makanan sembari mengerjakan tugas. Untuk nasinya tidak dibungkus seperti angkirngan lain yang disebut nasi kucing. Di angkringan ini nasi diambil langsung dari penghangat nasi.

  1. ANGKRINGAN PAK JACK

Angkringan Pak Jack terletak Jl. Jend. Sudirman disebelah barat Jembatan Gondolayu. Angkringan ini menjadi ramai dikunjungi mulai dari kalangan muda hingga yang tua. Menunya selain nasi kuning ada gorengan, aneka sate, juga ada Kopi Joss yang menjadi khas kopi yang dicelupkan arang.

Semakin larut bukan malah menjadi semakin sepi justru sebaiknya. Mungkin karena posisinya yang berada di Jembatan Gondolayu sehingga membuat asyik nongkrong anak muda.

  1. ANGKRINGAN BONBIN

Lokasinya berada di sebelah kebun bintang Gembira Loka Jogja ini ramai dengan andalan nasi kucingnya yang selalu hangat.

  1. ANGKRINGAN NGANGGO SUWE ATAU ANGKRINGAN LEK ADI

Jika angkringan Jogja yang satu ini lokasinya bertempat di kota Gede. Kawasan angkringan ini selalu ramai dikunjungi kalangan mahasiswa yang suka hunting lauk pauk pun juga warga sekitar.

  1. ANGKRINGAN PAK SATARI

Angkringan yang satu ini mungkin lebih mirip dengan warung makan dengan beragam menu yang murah meriah. Lokasinya memang bukan di lingkaran ring road, yakni berada di Jl. Magelang Km 15 namun angkringan ini juga selalu ramai dan menjadi idola. Wah cocok dibuat tempat mampir kalau kamu berada di sekitar jalan Magelang.

Menu angkringan yang khas dengan menu nasi kucing dan lauk yang menemaninya seperti sate ayam, sate usus, sate keong, sate telur, gorengan-gorengan, tahu bacem, pisang goreng, dan juga tape goreng. Adapula klepon, arem-arem, kue lumpur, kue bolu, pastel, kue sus, dan lain sebagainya.

Juga minumannya yang beragam. Di angkringan ini juga kmu bisa pesan soda gembira lho!

  1. ANGKRINGAN SENDANG

Angkringan Sendang ini lagi digandrungi kawula muda Jogja. Lokasinya berada di dua temapt yakni di resto Sendang Ayu (Jl. Solo) dan juga di dekat STTNas (Jl. Babarsari). Khasnya adalah bungkusnya yang kalau angkirngan pada umumnya hanya kertas minyak, angkirngan ini menggunakan kertas dengan tulisan “sendang”.

Menu yang disajikan juga beragam, mulai dari menu khas angkringan angkringan seperti sate usus dan gorengan, di angkringan ini juga terdapat menu anak muda seperti sate tempura, sate bakso, nasi bakar, nasi sambel bandeng, dan lain sebagainya.

  1. ANGKRINGAN JENG NANA

Kalau angkringan lainnya berada di pinggiran jalan dengan lesehan, di angkringan Jeng Nana ini berbeda. Tempat makan yang nyaman selayaknya rumah makan. Namun menu angkringan tetap murah dan lezat. lokasinya berada agak tersembunyi yakni di Jl. C. Simanjuntak belakang Pondok Cabe.

  1. HOUSE OF RAMINTEN

Angkringan di sini nuansanya memang semi café. Menyediakan ragam menu modern yang unik dan nyentrik karena nuansa Jawa sangat melekat di café ini. Lokasinya berada di Jalan FM Noto 7, Kotabaru, Yogyakarta.

Menunya memang angkringan namun lebih membuat gaya angkringannya lebih elegan. Nasi ditempat ini disajikan di piring kotak dan lauk apuknya yang ditata rapi. Aneka minuman di lokasi ini juga beragam seperti jamu godhokan, aneka macam susu, minuman dari rempah, dan sebagainya. Juga ditambah suasanya yang nyaman, House of Raminten sering dijadikan tempat berkumpul dan nongkrong anak muda.

Demikian 15 Angkringan Jogja murah dan enak yang ada di Yogyakarta. Semoga bermanfaat buat kalian yang mencari wisata murah di Jogja.  Yang pasti setiap sudut Jogja membuat siapapun ingin kembali. Happy Traveling!

Immanuel

About Immanuel

× 08112635846