bakmi jawa mbah gito

Bakmi Jawa: Khas Jogja Lagi Nih! Mie Yang Satu ini Wahib Banget Kamu Coba!

www.tuguwisata.com – Kamu sedang di Jogja? Sedang mencari tahu makanan khas Jogja selain juga Gudeg? Nih kamu bisa mencicipi makanan lezat oleh tangan pribumi yaitu Bakmi Jawa. Mungkin kamu berpikiran, alah paling ini mie rebus yang biasa dibikin dirumah gitu terus dikasih tambahan sayuran aja sama telor jadi ya sama aja gitu. Eitssss sebentar, kalaulah sama dengan mie pada umumnya seorang bapak Presiden SBY dan Soeharto kok sampai menikmati Bakmi Jawa yang ada di Jogja ini? Jadi apa itu Bakmi Jawa?

BAKMI atau Mie Jawa ini adalah bakmi rebus yang mana dalam bahasa Jawa sering dibilang Bakmi Godhog. Mie ini dimasak dengan bumbu khas masakan Jawa. Mayoritas bakmi yang ada di Jawa adalah bakmi rebus, oleh karena itu di negeri sebrang seperti Singapura dan Malaysia mengenalnya dengan mee rebus. Namun sebenarnya di bakmi Jawa sendiri juga terdapat mie goreng atau bakmi goreng. Lezat deh lezat. Kuahnya bercampur baur dengan bumbu jadi ngga hambar. Asli enak!

bakmi jawa mbah gito

Instagram: @flora_abira

Cara Pengolahan Bakmi Jawa

Cara pengolahan bakmi sangat tradisional yakni dimasak di tungku tanah liat atau anglo, dengan api arang. Meski banyak yang memesan, pesanan bakmi tidak dimasak sekaligus dalam porsi yang besar. Namun diracik demi satu demi satu untuk membuat pas cita rasa bakmi.

Ciri khas dari bakmi Jawa adalah penambahan suwiran daging ayam kampung dan juga telur bebek ke dalam masakan. Makanan ini telah beredar di tanah Jawa khususnya Yogyakarta, dan juga di kota lain yang ada di Jawa Tengah. Seperti Magelang, Semarang, Solo, Purwokerto dan lain sebagainya.

Usut demi usut, adalah desa Piyaman, Kecamatan Wonosari, Gunungkidul yang menjadi awal mula pedagang bakmi Jawa bisa bergeser ke kota besar di Indonesia.

Di Jogja khususnya, bakmi telah menjadi deretan makanan khas selain Gudeg, Nasi Goreng Beringharjo, dan sebagainya. Mereka para pedagang, menjual bakmi Jawa di Yogyakarta kala hari mulai malam. Gerobak berdiri nyaman di depan warung usaha mereka.

bakmi jawa mbah gito

Instagram: @soviera6

Bakmi Terkenal Di Jogja

Bakmi-bakmi di Jogja yang terkenal antara lain Bakmi Pak Pele di Alun-alun Utara, Bakmi Kadin, Bakmi Mbah Hadi Terban, Bakmi Mbah Mo di desa Code, Trirenggo, Bantul, dan juga Bakmi MBah Wito di Desa Piyaman, Wonosari, Gunungkidul yang sudah melegenda.

Kabarnya, sosok bapak presiden Susilo Bambang Yudhoyono juga sering mendatangi Warung Bakmi Mbah Wito di Wonosari, Gunungkidul sebelum beliau terpilih menjadi presiden kala itu. Pun almarhum Soeharto juga pernah mengunjungi dan termasuk pelanggan di Bakmi Jawa Harjo Geno di Pasar Prawirotaman, Jogja. Ketika beliau Pak Soeharto masih menjabat, pernah diundang langsung Bakmi Kadin untuk memasak di Istana Negara pada setiap peringatan 17 Agustus.

Wah pantas saja Bakmi Jawa selalu ramai yah diburu para penikmat kuliner khususnya kuliner Jogja. Tidak salah deh kalau Bakmi Jawa menjadi makanan khas berikutnya selain Nasi Goreng Beringharjo dan juga Gudeg. Masih banyak makanan khas lain di Jogja yang perlu kamu kunjungi deh seperti Angkringan, Oseng-oseng Mercon dan lain-lain.

Anda tertarik tour di Jogja dan sekitarnya namun tidak ingin ribet? Kami menyediakan paket wisata Jogja / paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja / sewa mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Selamat berlibur. 🙂

Immanuel

About Immanuel

× 08112635846