air terjun kembang soka

Air Terjun Kembang Soka Ini Banyak Alirannya Serupa Bunga Soka! Mungkin Ini Jawabannya

www.tuguwisata.com – Suatu destinasi wisata di Yogyakarta selain pada pantai, goa, atau wisata sejarah adalah berbasah-basah di air terjun. Curug atau air terjun menjadi suatu tujuan berwisata para wisatawan yang memburu rasa bahagia dari gundah gulana setelah adanya aktivitas semingguan penuh. Biasanya pengunjung memanfaatkan waktu weekend sebagai waktu yang tempat untuk berkunjung. Tetapi sebagian orang memilih untuk berwisata di hari biasa untuk menghidari keramaian.

Apapun, mereka ingin berkunjung untuk mendapatkan suasana alam yang hijau berpadu dengan indahnya air terjun. Air terjun di Yogyakarta terbilang cukup banyak apalagi di Kulon Progo. Kawasan pegunungan Menoreh ini menjadi lokasi destinasi wisata alam favorit para wisatawan terlebih ke air terjun.

air terjun kembang soka

Instagram: @anjueka_ss

Air terjun di Kulon Progo juga cukup banyak gan. Kedung pedut, Air Terjun Grojokan Sewu, Curug Setawing, dan lainnya merupakan bagian dari air terjun yang ada di Kulon Progo, Yogyakarta. Selain itu, adalah air terjun yang cukup menjadi perhatian banyak pengunjung yakni air terjun Kembang Soka.

Air Terjun Kembang Soka Potensial Untuk Wisata Apalagi Untuk Mereka Yang Menyukai Traveling! Real Traveling

Air Terjun Kembang Soka, atau juga dikenal dengan Curug Mbang Soka. Merupakan air terjun yang berada di Padukuhan Kelir, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta. Air terjun kembang soka ini mulanya aliran air sungai biasa yang deras ketika musim hujan. Akan tetapi seiring berkembangnya pemikiran, air tejun ini dikembangkan oleh masyarakat setelah mengetahui potensi alamnya yang cukup menarik.

air terjun kembang soka tugu wisata

Instagram: @jogjaku

Bagi kalian yang ingin berkunjung ke air terjun Kembang Soka ini bisa dengan menuju kea arah Goa Kiskendo. Atau dari perempatan Nanggulan lurus menaiki perbukitan Menoreh. Selanjutnya menuju ke arah Waduk Sermo. Banyak turunan tajam yang diharus dibuat kehati-hatian gaes. setelah memasuki Desa Jatimulyo, berarti sudah mulai mendekati kawasan air terjun yang cantik, Air Terjun Kembang Soka.

Tidak akan sulit menemukan lokasi air terjun Kembang Soka karena sudah banyak terpasang petunjuk atau plang arah menuju ke air terjun Kembang Soka. Sesampainya di kawasan, pengunjung harus dapat memarkir kendaraan di halaman rumah penduduk di dalam perkampungan desa Jatimulyo. Uang parkirnya juga terjangkau yakni dengan Rp. 2.000 saja. Selanjutnya perjalanan dilanjutkan dengan jalur tracking dengan menuruni bukit di jalan setapak.

Jalanan Menuju ke Lokasi Bisa Ditentukan Dari Cuacanya Gaes!

Kalau cuaca sedang baik alias tidak hujan, jalanan bisa dilewati dengan mudah, namun akan beda cerita dengan jalanan setelah hujan. Pastilah becek dan licin. Namun pihak pengelola tidak kehabisan ide. Mereka menyewakan sepatu boot karet kepada pengunjung yang membutuhkan. Yang pasti harganya cukup murah kok yaitu hanya Rp. 3.000 saja.

Menariknya dari air terjun kembang Soka adalah air terjun atau lebih ke grojogan ini berasal dari beberapa aliran sungai dari atas bukit. Di alirannya ini adalah air terjun tunggal setinggi 15 meter, kemudian aliran lainnya membentuk air terjun berundak dan air terjun kembar, oleh karena itu banyak kelopaknya sehingga mungkin ada kaitan dari nama Kembang Soka dengan banyak aliran di air terjun ini.

air terjun kembang soka

Instagram: @juliusadhe

Batu-batu yang berada di kawasan ini berwarna putih kekuningan. Sangat unik menyerupai batu kapur yang ada di Gunungkidul. Ada juga bendungan aliran yang membentuk kolam sehingga asyik sekali untuk menceburkan diri dan berenang di air terjun cantik ini gaes! Kawasan yang baru dibuka pada akhir tahun 2014 ini selalu menambahkan beberapa fasilitas yang memadai guna mendukung kenyamanan pengunjung di air terjun Kembang Soka.

Bagaimana? Tidak kalah menarik dengan air terjun lain yang ada di Kulon Progo kan gaes? siapkan fisik prima kalau kamu melakukan perjalanan dari kota Yogya. Salam Dolaners!

Anda tertarik tour di Jogja dan sekitarnya namun tidak ingin ribet? Kami menyediakan paket wisata Jogja / paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja / sewa mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Sewa mobil di Jogja di Tugu Wisata mulai dari sewa Avanza Jogja hingga sewa Alphard Jogja. Selamat berlibur. 🙂

Curug Nglarangan Gedangsari Ini Air Terjunnya Masih Sangat Tersembunyi

www.tuguwisata.com – Ciyeee kepo tentang air terjun bagus di Jogja nih? Atau bosan dengan curug atau air terjun yang sudah terkenal sehingga butuh yang masih fresh dan sepi-sepi? Adalah sebuah air terjun yang berada di kawasan Gedangsari, Gunungkidul, Yogyakarta yang bisa kamu kunjungi sebagai alternative wisatamu. Namanya Curug Nglarangan Gedangsari.

Air Terjun atau Curug Nglarangan Gedangsari ini berada dekat dengan air terjun Curug Indah Tegalrejo karena masih di satu kecamatan. Akses menuju ke lokasi bisa kamu tempuh dari Jogja ke arah Klaten karena lebih mudah melewati kecamatan Bayat. Dari koramil Bayat, ambil kanan ke arah Curug Indah Tegalrejo. Kemudian ikuti dan sesampainya di pertigaan ambil kiri menuju ke perbatasan Jogja-Jateng dan belok ke SMK 2 Gedangsari-SMP 2 Gedangsari. Sesampainya menemukan aliran sungai barulah kamu bisa menitipkan kendaraan di rumah warga. Untuk menuju ke Curug Nglaragan Gedangsari kamu harus ambil jalur tracking.

curug nglarangan tugu wisata

Instagram: @nugroho.kristanto

Awalnya jalan menuju Curug Nglarangan ini ditempuh adalah susur persawahan warga kemudian susur sungai

Uniknya menemukan curug ini ketika susur sungai adalah harus bisa melompat dari batu satu ke batu lainnya atau dengan menyusur aliran air. Hehehe. Sesampainya di cabang sungai ambil arah kiri menuju ke curug. Bebatuan di sungai ini terbilag unik karena seperti batu yang berasal dari lahar. Batu-batunya memiliki tekstur halus. Curug yang memiliki keindahan bertingkat ini merupakan curug yang unik selain juga indah. Curug pertama memiliki dua aliran dan tidak begitu tinggi namun juga terdapat kedung atau kolam. Kalau kamu mau nyebur boleh lho gaes. namun cukup dalam jadi yang tidak bisa berenang jangan macam-macam. hehehe

curug nglarangan tugu wisata

Instagram: @yasuspade_

Di curug berikutnya ada curug kecil dan di paling atas adalah curug besar atau curug inti di Curug Nglarangan Gedangsari. Di kawasan ini kalian akan melihat dua curug sekaligus yang bisa anda nikmati keindahannya. Curug inti memiliki ketinggian sekitar lima hingga delapan meter, sedangkan curug kedua yang ada kolamnya itu berkisar 2 meter.

Keindahan di curug ini memang istimewa. Sejuk pepohonan, bebatuan khas di teing-tebingnya juga menambah keeksotisan.

Masih sangat alami gaes. karena mungkin belum banyak yang mengerti candi eksotis ini juga. Surga buat para anak Backpacker deh yang hobi cari yang lain daripada yang lain, yang suka kedamaian daripada yang sudah terekspos dan dikunjungi banyak orang.

curug nglarangan tugu wisata

Instagram: @yasuspade_

Jika kamu berkunjung jangan banyak ngeluh ya gaes karena lokasinya memang ‘mblusuk’. Bawa bekal minum dan makanan secukupnya karena akan menguras banyak tenaga. Selamat berlibur gaes!

Anda tertarik tour di Jogja dan sekitarnya namun tidak ingin ribet? Kami menyediakan paket wisata Jogja / paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja / sewa mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Sewa mobil di Jogja di Tugu Wisata mulai dari sewa Avanza Jogja hingga sewa Alphard Jogja. Selamat berlibur. 🙂

puncak suroloyo tugu wisata

Puncak Suroloyo: Negeri Khayangan Di Pegunungan Menoreh, Menorehkan Kisah Manisnya

www.tuguwisata.com – Ada lagi kawasan wisata belakangan ini yang sedang diganderungi anak muda di Jogja dan baru saja dikenalkan oleh khalayak. Suatu kawasan yang diburu banget oleh para penggemar traveling. Seperti anak muda yang kebanyakan pengunjungnya adalah mahasiswa kurang piknik. Lebih senangnya ke suatu tempat yang murah, menyenangkan, namun menawarkan keindahan yang menenangkan batiniah khususunya buat para galauers.

Belakangan seperti di Bantul dengan puncak Kebun Buah Mangunan, Bukit Panguk Kediwung, dan lainnya menjadi hits dan kekinian karena berasa negeri di atas awan. Lalu di Kulon Progo, Jogja bagian barat ini terutama di pegunungan Menoreh juga menawarkan hal yang sama. Namanya Puncak Suroloyo.

puncak suroloyo tugu wisata

Instagram: @iwankuswanto18

Sebuah Puncak di Pegunungan Menoreh, Siap Menorehkan Kisah Manis

Sebuah puncak yang berada di pegunungan Menoreh Kulon Progo ini adalah duplikatnya puncak negeri di atas awan ala Kabupaten Bantul. Namun setiap destinasi yang pasti memiliki karakteristik dan keunggulannya masing-masing. Puncak Suroloyo ini adalah suatu pemandangan mengagumkan. Dari putihnya kabut yang membumbung dan menjadi spot memburu sunrise terbaik di Kulon Progo.

Puncak Suroloyo ini menawarkan keindahan dengan memadukan hijau alam pegunungan dengan khas warna mentari dan ditemani oleh gugusan bukit menoreh ditambah view dari beberapa gunung besar yang ada di Jawa seperti Merapi, Merbabu, Sindoro, dan juga Sumbing.

Lokasi tepatnya berada di Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta. kalau kalian ingin bertandang ke lokasi ini pastikan siapkan kendaraan dan fisik yang prima ya gaes karena medan cukup sulit. Bertandang ke puncak Suroloyo kalian berarti bisa betandang ke beberapa spot untuk menikmati aroma pagi dan sunrise indah. Ada beberapa gardu pandang yang bisa kamu pilih untuk menikmati indahnya kawasan di atas pegunungan ini.

puncak suroloyo tugu wisata

Instagram: @gowes_holic

Spot Sunrise dari Puncak Suroloyo Ini Siap-siap Bikin Baper!

Selain itu, jika di pos-pos sudah padat pengunjung, ada beberapa titik lain yang bisa kalian pilih sebagai tempat untuk menikmati sunrise. Namun tetap wasapada karena spot-spot di puncak Suroloyo ini berhadapan langsung dengan jurang. Hehehe.

Menurut pengamatan, Puncak Suroloyo ini menjadi menarik karena merupakan titik pertemuan dari keempat gunung besar yang ada di Jawa yaitu, Gunung Merapi, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, dan juga Gunung Merbabu.

puncak suroloyo tugu wisata

Instagram: @nfladitya

Seketika matahari menampakkan sinarnya, seketika itulah kamera setiap pengunjung memuali menagturkan diri untuk mendapatkan obyek dokumentasi yang bagus. Adalah perpaduan awan, kabut, sinar mentari, hijau pegunungan, dan keempat gunung besar. Pesona ini menjadi suatu kawasan yang amat sangat menarik diburu oleh para wisatawan baik wisatawan dalam negeri maupun luar negeri.

puncak suroloyo tugu wisata

Instagram: @handica_rizwandy

Seolah berada di kayangan. Puncak Suroloyo ini semakin menarik dan menjadi semakin diminiati pengunjung karena lengkapnya keindahan yang bisa dinikmati dalam satu waktu.

Anda tertarik tour di Jogja dan sekitarnya namun tidak ingin ribet? Kami menyediakan paket wisata Jogja / paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja / sewa mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Sewa mobil di Jogja di Tugu Wisata mulai dari sewa Avanza Jogja hingga sewa Alphard Jogja. Selamat berlibur. 🙂

curug bayat curug indah tegalrejo tugu wisata

Curug Indah Tegalrejo Ini Disebut Juga Curug Bayat. Lokasinya Di Timur Jogja Lho!

www.tuguwisata.com – Mengenal Yogyakarta berarti mengenal banyaknya wisata dong ya. Kalau ke Jogja selain daftar kuliah biasanya ya wisata. Nah wisata di Jogja yang kalian tahu apa saja gaes? Jangan hanya Malioboro, Prambanan, dan Pantai Parangtrritis saja lho ya. Kalian wajib tahu juga nih wisata ‘mblusuk’ yang ada di Jogja dan cocok banget bagi kamu yang hobi blusukan atau menjelajah dengan gaya ala Backpacker hehehe.

Berkaitan dengan blusukan, Jogja punya banyak sekali wisata tersembunyi yang wajib di kunjungi. Salah satunya adalah Curug Indah Tegalrejo. Curug Indah Tegalrejo ini juga dibilang Curug Bayat. Air terjun ini berada di perbatasan Gunungkidul dan Klaten tepatnya di desa Tegalrejo, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.

curug indah tegalrejo curug bayat tugu wisata

Instagram: @toni_riyan1

Disebut Sebagai Curug Bayat Ini Sebenarnya Dikarenakan Melewati Jalur Bayat

Alasan penyebutan curug dengan nama Bayat ini adalah karena curug ini lebih mudah dilalui melalui kecamatan Bayat, Klaten. Akses menuju ke lokasi jika ditempuh dari kota Yogyakarta bisa melalui Yogyaakrta – Prambanan – Srowot – Wedi –Bayat dan ditempuh dengan waktu sekitar 1 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan roda dua. Memasuki kawasan wisata air terjun Curug Indah Tegalrejo ini juga tidak dipungut biaya masuk. Wsisatwan hanya dikenakan tarif parkir sejumlah Rp. 2.000.

Dari tempat parkir, pengunjung harus melalui jalan tracking sekitar 15 menit untuk mencapai ke air terjun. Jalan yang dialui memang jalan setapak atau juga bisa dengan susur sungai. Curug dengan banyak variasi ini memiliki ketinggian dengan kolam dibawahnya yang biasa digunakan untuk berbasah-basah, berenang, atau sekedar bermain air.

Banyak wisatwan luar Jogja dan sekitarnya yang belum begitu mengenal curug ini. oleh karena itu pengunjung curug ini kebanyakan masih pengunjung lokkasl dari kecamatan Bayat atau juga Tegalrejo. Kebanyakan dari mereka adalah anak-anak yang bermain air, meloncat dari bebatuan, adajuga pasangan muda, anak sekolah yang kesemuanya ingin melepaskan penat dengan berkunjung ke air terjun.

curug bayat curug indah tegalrejo tugu wisata

Instagram: @kabklaten

Pemandangan Curug Indah Tegalrejo Yang Bertingkat Memang Menarik Apalagi Jika Saat Musim Hujan

Keberadaan curug Indah Tegalrejo ini menarik karena bertingkat. Debit air yang ada di curug ini juga disesuaikan dengan musim. Jika musim penghujan, kalian akan melihat air terjun yang deras, namun jika musim kemarau maka airnya akan turun sedikit.

Curug indah satu ini memang sangat potensial untuk dijadikan sebuah destinasi wisata unggulan di timur Gunungkidul. Air terjun yang menawarkan banyak keindahan dan keseruan ini belum begitu tersohor. Jadi bagi kalian yang ingin menepikan diri dari rutinitas bisa banget kalian kunjungi air terjun Indah Tegalrejo atau Curug Bayat ini gaes.

Curug dengan enam curug sekitar yang memiliki variasi bentuk dan debit air ini adalah unggulan dari Gunungkidul. Meski masih minim fasilitas, curug yang ada kedung atau kolamnya ini sangat rekomended untuk kalian yang ingin berendam atau berenang menyejukkan badan.

curug bayat curug indah tegalrejo tugu wisata

Instagram: @tu_rahoka

Bagaimana? Kalian tertarik? Manfaatkan media sosial yang ada gaes untuk explore semua wisata menarik dan supaya bisa menjadi alternative wisata ketika ke Jogja. Sesekali ke Jogja bagian timur tidak masalah kan? hehehe. Happy traveling.

Anda tertarik tour di Jogja dan sekitarnya namun tidak ingin ribet? Kami menyediakan paket wisata Jogja / paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja / sewa mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Sewa mobil di Jogja di Tugu Wisata mulai dari sewa Avanza Jogja hingga sewa Alphard Jogja. Selamat berlibur. 🙂

air terjun kedung tolok

Kedung Tolok Ini Asyik Buat Ngadem Apalagi Alirannya Dari Sungai Goa Cerme

www.tuguwisata.com – Sedemikian banyaknya kawasan wisata yang ada di Jogja membuat siapapun tidak pernah menyangka ada wisata yang belum terkelola atau tempat baru yang masih tersembunyi dan sangat potensial untuk dikembangkan menjadi wisata. Dan sebelum terkenal biasanya para pendekar penjelajah alam akan lebih memanfaatkan lokasi sebelum ramai. Menilik ke Imogiri, Bantul, pastilah kebanyakan orang akan teringat kawasan yang sedang hits yakni Hutan Pinus Mangunan, Rumah Hobbit, atau juga Hutan Pinus Panguk. Selain kawasan tersebut, ada sbeuah air terjun atau lebih dikenal dengan grojokan yang perlu untuk ditengok yakni grojokan Kedung Tolok.

air terjun kedung tolok tugu wisata

Instagram: @berandajogja

Grojokan Kedung Tolok merupakan kawasan wisata alam yang belum begitu lama dikelola dan dikembangkan oleh warga dusun Siluk

Air terjun Kedung Tolok ini berlokasi di kampung Godean, dusun Siluk, desa Selopamioro, kecamatan Imogiri, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Tepatnya berada di selatan kecamatan Imogiri. Rute jalan menuju ke lokasi jika sudah di Imogiri Timur kemudian menuju ke jembatan Siluk yan dilewati oleh Sungai Oyo. Selanjutnya setelah melewati jembatan berikutnya adalah ada jalan bercabang yang jika ke kiri ke Selopamioro dan ke Panggang. Ikuti ke arah Selopamioro sejauh sekitar 1 km sampai ke jalan aspal kecil menuju ke perkampungan warga. Di sekitar lokasi sudah banyak terpasang spanduk wisata alam Grojokan Kedung Tolok.

Sesampainya di pos ronda ambil jalan setapak yang berada di samping pos ronda. Untuk kendaraannya bisa diparkir di kawasan masjid. Ikuti jalan cor semen hingga ke jung jalan. Jika mengalami eksulitan bisa bertanya kepada penduduk.

Sesampainya di kawasan Wisata Alam Kedung Tolok, pengunjung akan menjumpai gubug untuk parkir sepeda motor yang dikelola masyarakt setempat. Fasilitasnya juga sudah mendukung para wisatawan yakni ada kamar mandi, persewaan ban karet, area parkir sepeda motor, dan juga warung penjual makanan dan minuman, pemadam kelaparan para pengunjung.

Kawasan yang masih sangat alami ini adalah satu sumber aliran air dari kawasan Goa Cerme

air terjun kedung tolok tugu wisata

Instagram: @tribunjogja

Air terjun atau juga grojogan Kedung Tolok ini adalah kawasan wisata yang sangat potensial untuk dikujungi sebagai wisata alam. Air terjunnya meluncur dari tebing dengan tinggi sekitar 15 meter dengan kemiringan tebing alirannya sekitar 60 derajat. Tipe air terjun ini melebar disesuaikan kontur aliran sungai. Di atas air terjun utama ada beberapa aliran kecil yang bertingkat yang tidak kalah menarik.

Kondisi air terjunnya bersih dan juga jernih karena berasal dari dalam Goa Cerme. Debitnya cukup deras di musim hujan namun juga mengering kala musim kemarau. Di bawah air terjun yang telah memebntuk kolam kemudian dibuat bendungan dnegan banyak batu untuk bisa digunakan berenang. Jika sudah menjelang sore, kawasan ini banyak dikunjungi anak-anak desa untuk berenang atau juga bermain air. Kawasan wisata murah karena bisa melepas kepenatan setelah lelah bersekolah.

Ada air terjun kecil di atas air terjun Kedung Tolok

Menilik air terjun kecil yang ada di atas air terjun Kedung Tolok biasa disebut dengan Kedung Cumplung, Kedung Gupit, Kedug Dowo, dan Kedung Kempul. Aksesnya untuk menuju ke lokasi bisa melalui jalan setapak mendaki tebing sebelah air terjun Grojokan Kedung Tolok. Kedung-kedung di air terjun mini tersebut juga biasa dimanfaatkan para pengunjung untuk berendam dan berenang-renang. Sangat mengasyikan dan membuat siapapun betah berlama-lama di air terjun atau grojokan Kedung Tolok ini. harapannya semakin populernya kawasan wisata alam semoga tetap lestari dan terjaga keasrian dan kebersihannya.

Anda tertarik tour di Jogja dan sekitarnya namun tidak ingin ribet? Kami menyediakan paket wisata Jogja / paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja / sewa mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Sewa mobil di Jogja di Tugu Wisata mulai dari sewa Avanza Jogja hingga sewa Alphard Jogja. Selamat berlibur. 🙂

1 2 3 4 7
× 08112635846