air terjun kedung tolok

Kedung Tolok Ini Asyik Buat Ngadem Apalagi Alirannya Dari Sungai Goa Cerme

www.tuguwisata.com – Sedemikian banyaknya kawasan wisata yang ada di Jogja membuat siapapun tidak pernah menyangka ada wisata yang belum terkelola atau tempat baru yang masih tersembunyi dan sangat potensial untuk dikembangkan menjadi wisata. Dan sebelum terkenal biasanya para pendekar penjelajah alam akan lebih memanfaatkan lokasi sebelum ramai. Menilik ke Imogiri, Bantul, pastilah kebanyakan orang akan teringat kawasan yang sedang hits yakni Hutan Pinus Mangunan, Rumah Hobbit, atau juga Hutan Pinus Panguk. Selain kawasan tersebut, ada sbeuah air terjun atau lebih dikenal dengan grojokan yang perlu untuk ditengok yakni grojokan Kedung Tolok.

air terjun kedung tolok tugu wisata

Instagram: @berandajogja

Grojokan Kedung Tolok merupakan kawasan wisata alam yang belum begitu lama dikelola dan dikembangkan oleh warga dusun Siluk

Air terjun Kedung Tolok ini berlokasi di kampung Godean, dusun Siluk, desa Selopamioro, kecamatan Imogiri, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Tepatnya berada di selatan kecamatan Imogiri. Rute jalan menuju ke lokasi jika sudah di Imogiri Timur kemudian menuju ke jembatan Siluk yan dilewati oleh Sungai Oyo. Selanjutnya setelah melewati jembatan berikutnya adalah ada jalan bercabang yang jika ke kiri ke Selopamioro dan ke Panggang. Ikuti ke arah Selopamioro sejauh sekitar 1 km sampai ke jalan aspal kecil menuju ke perkampungan warga. Di sekitar lokasi sudah banyak terpasang spanduk wisata alam Grojokan Kedung Tolok.

Sesampainya di pos ronda ambil jalan setapak yang berada di samping pos ronda. Untuk kendaraannya bisa diparkir di kawasan masjid. Ikuti jalan cor semen hingga ke jung jalan. Jika mengalami eksulitan bisa bertanya kepada penduduk.

Sesampainya di kawasan Wisata Alam Kedung Tolok, pengunjung akan menjumpai gubug untuk parkir sepeda motor yang dikelola masyarakt setempat. Fasilitasnya juga sudah mendukung para wisatawan yakni ada kamar mandi, persewaan ban karet, area parkir sepeda motor, dan juga warung penjual makanan dan minuman, pemadam kelaparan para pengunjung.

Kawasan yang masih sangat alami ini adalah satu sumber aliran air dari kawasan Goa Cerme

air terjun kedung tolok tugu wisata

Instagram: @tribunjogja

Air terjun atau juga grojogan Kedung Tolok ini adalah kawasan wisata yang sangat potensial untuk dikujungi sebagai wisata alam. Air terjunnya meluncur dari tebing dengan tinggi sekitar 15 meter dengan kemiringan tebing alirannya sekitar 60 derajat. Tipe air terjun ini melebar disesuaikan kontur aliran sungai. Di atas air terjun utama ada beberapa aliran kecil yang bertingkat yang tidak kalah menarik.

Kondisi air terjunnya bersih dan juga jernih karena berasal dari dalam Goa Cerme. Debitnya cukup deras di musim hujan namun juga mengering kala musim kemarau. Di bawah air terjun yang telah memebntuk kolam kemudian dibuat bendungan dnegan banyak batu untuk bisa digunakan berenang. Jika sudah menjelang sore, kawasan ini banyak dikunjungi anak-anak desa untuk berenang atau juga bermain air. Kawasan wisata murah karena bisa melepas kepenatan setelah lelah bersekolah.

Ada air terjun kecil di atas air terjun Kedung Tolok

Menilik air terjun kecil yang ada di atas air terjun Kedung Tolok biasa disebut dengan Kedung Cumplung, Kedung Gupit, Kedug Dowo, dan Kedung Kempul. Aksesnya untuk menuju ke lokasi bisa melalui jalan setapak mendaki tebing sebelah air terjun Grojokan Kedung Tolok. Kedung-kedung di air terjun mini tersebut juga biasa dimanfaatkan para pengunjung untuk berendam dan berenang-renang. Sangat mengasyikan dan membuat siapapun betah berlama-lama di air terjun atau grojokan Kedung Tolok ini. harapannya semakin populernya kawasan wisata alam semoga tetap lestari dan terjaga keasrian dan kebersihannya.

Anda tertarik tour di Jogja dan sekitarnya namun tidak ingin ribet? Kami menyediakan paket wisata Jogja / paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja / sewa mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Sewa mobil di Jogja di Tugu Wisata mulai dari sewa Avanza Jogja hingga sewa Alphard Jogja. Selamat berlibur. 🙂

Immanuel

About Immanuel

08112635846