curug bayat curug indah tegalrejo tugu wisata

Curug Indah Tegalrejo Ini Disebut Juga Curug Bayat. Lokasinya Di Timur Jogja Lho!

www.tuguwisata.com – Mengenal Yogyakarta berarti mengenal banyaknya wisata dong ya. Kalau ke Jogja selain daftar kuliah biasanya ya wisata. Nah wisata di Jogja yang kalian tahu apa saja gaes? Jangan hanya Malioboro, Prambanan, dan Pantai Parangtrritis saja lho ya. Kalian wajib tahu juga nih wisata ‘mblusuk’ yang ada di Jogja dan cocok banget bagi kamu yang hobi blusukan atau menjelajah dengan gaya ala Backpacker hehehe.

Berkaitan dengan blusukan, Jogja punya banyak sekali wisata tersembunyi yang wajib di kunjungi. Salah satunya adalah Curug Indah Tegalrejo. Curug Indah Tegalrejo ini juga dibilang Curug Bayat. Air terjun ini berada di perbatasan Gunungkidul dan Klaten tepatnya di desa Tegalrejo, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.

curug indah tegalrejo curug bayat tugu wisata

Instagram: @toni_riyan1

Disebut Sebagai Curug Bayat Ini Sebenarnya Dikarenakan Melewati Jalur Bayat

Alasan penyebutan curug dengan nama Bayat ini adalah karena curug ini lebih mudah dilalui melalui kecamatan Bayat, Klaten. Akses menuju ke lokasi jika ditempuh dari kota Yogyakarta bisa melalui Yogyaakrta – Prambanan – Srowot – Wedi –Bayat dan ditempuh dengan waktu sekitar 1 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan roda dua. Memasuki kawasan wisata air terjun Curug Indah Tegalrejo ini juga tidak dipungut biaya masuk. Wsisatwan hanya dikenakan tarif parkir sejumlah Rp. 2.000.

Dari tempat parkir, pengunjung harus melalui jalan tracking sekitar 15 menit untuk mencapai ke air terjun. Jalan yang dialui memang jalan setapak atau juga bisa dengan susur sungai. Curug dengan banyak variasi ini memiliki ketinggian dengan kolam dibawahnya yang biasa digunakan untuk berbasah-basah, berenang, atau sekedar bermain air.

Banyak wisatwan luar Jogja dan sekitarnya yang belum begitu mengenal curug ini. oleh karena itu pengunjung curug ini kebanyakan masih pengunjung lokkasl dari kecamatan Bayat atau juga Tegalrejo. Kebanyakan dari mereka adalah anak-anak yang bermain air, meloncat dari bebatuan, adajuga pasangan muda, anak sekolah yang kesemuanya ingin melepaskan penat dengan berkunjung ke air terjun.

curug bayat curug indah tegalrejo tugu wisata

Instagram: @kabklaten

Pemandangan Curug Indah Tegalrejo Yang Bertingkat Memang Menarik Apalagi Jika Saat Musim Hujan

Keberadaan curug Indah Tegalrejo ini menarik karena bertingkat. Debit air yang ada di curug ini juga disesuaikan dengan musim. Jika musim penghujan, kalian akan melihat air terjun yang deras, namun jika musim kemarau maka airnya akan turun sedikit.

Curug indah satu ini memang sangat potensial untuk dijadikan sebuah destinasi wisata unggulan di timur Gunungkidul. Air terjun yang menawarkan banyak keindahan dan keseruan ini belum begitu tersohor. Jadi bagi kalian yang ingin menepikan diri dari rutinitas bisa banget kalian kunjungi air terjun Indah Tegalrejo atau Curug Bayat ini gaes.

Curug dengan enam curug sekitar yang memiliki variasi bentuk dan debit air ini adalah unggulan dari Gunungkidul. Meski masih minim fasilitas, curug yang ada kedung atau kolamnya ini sangat rekomended untuk kalian yang ingin berendam atau berenang menyejukkan badan.

curug bayat curug indah tegalrejo tugu wisata

Instagram: @tu_rahoka

Bagaimana? Kalian tertarik? Manfaatkan media sosial yang ada gaes untuk explore semua wisata menarik dan supaya bisa menjadi alternative wisata ketika ke Jogja. Sesekali ke Jogja bagian timur tidak masalah kan? hehehe. Happy traveling.

Anda tertarik tour di Jogja dan sekitarnya namun tidak ingin ribet? Kami menyediakan paket wisata Jogja / paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja / sewa mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Sewa mobil di Jogja di Tugu Wisata mulai dari sewa Avanza Jogja hingga sewa Alphard Jogja. Selamat berlibur. 🙂

Immanuel

About Immanuel

× 08112635846