gumuk sri tinon tugu wisata

Gumuk Sri Tinon Waduk Sermo Ini Jadi Spot Unik View Pegunungan Menoreh!

www.tuguwisata.com – Yogyakarta memang tidak pernah habis untuk edisi jalan-jalan dan spot wisata. Kota Gudeg ini memiliki banyak sudut yang mengesankan untuk lebih dari bercengkerama. Kini semakin banyaknya adjang media sosial yang dijadikan promosi wisata, pemerintah setiap daerah di kota pelajar ini mengedepankan beragam spot kekinian yang Instagramabel. Seperti di Kulon Progo, view perbukitan Menoreh dan sekitarnya dibuat sangat menarik dengan banyak tempat wisata yang mengedankan gardu pandang. Selain itu ada lagi spot yang bisa kamu jadikan foto asyik nih yakni Gumuk Sri Tinon Waduk Sermo. Mungkin banyak belum tahu mengenai lokasi ini, benar?

gumuk sri tinon tugu wisata

Instagram: @gumuksritinon

Pemandangan Sejuk dan Hijau Siap Menghampiri Kamu Yang Ingin Berkunjung Ke Gumuk Sri Tinon

Gumuk Sri Tinon Waduk Sermo, begitulah nama dari sebuah obyek wisata di area Waduk Sermo Kulon Progo Yogyakarta. Salah satu wisata alam yang berada di pinggir Waduk Sermo. Spesial dari Gumuk Sri Tinon ini adalah pengunjung dapat berfoto ria menikmati keindahan taman dan alam sekitar pegunungan Menoreh.

Sejuk dan hijaunya pemandangan bisa kamu nikmati di Gumuk Sri Tinon ini gaes. Kamu yang galau gundah gulana bisa deh mengunjungi obyek wisata satu ini tapi ngga usah menceburkan diri ke waduuk ya nanti masuk berita malah ngga jadi kece deh fotonya. Hahaha

Lokasi Gumuk Sri Tinon ini berada di jalan ingkar Waduk Sermo, Desa Hargowilis, Kokap, Kulon Progo, Yogyakarta. dari Yogyakarta menuju ke loksaai trbilang cukup jauuh yakni 37 km. Lebih baik memang menggunakan kendaraan pribadi menuju ke lokasi karena tidak ada kendaraan umum yang dapat menjangkau. Kalau bisa kebut sih cukup lah 1 jam saja.

gumuk sri tinon tugu wisata

Instagram: @viewkokap

Rute Menuju Gumuk Sri Tinon

Rute menuju ke Gumuk Sri Tinon ini terbilang cukup mudah karena banyak arah menuju ke Waduk Sermo Kulon Progo. Dari Yogyakarta ambil jalan Jogja-Wates hingga ke pertigaan Bank BRI ambil kanan kemudian ke kiri ke Jalan Moch. Dawan, selanjutnya ambil Jl. Wtes-Sermo –Sermo-Kokap – dan samapilah di waduk selanjutnya kamu bisa menuju ke lokasi ykni Gumuk Sri Tinon Waduk Sermo.

Harga tiket masuk Gumuk Sri Tinon Waduk Sermo Kulon Progo ini terbilang cukup murah yaitu Rp. 5.000. Adapun beberapa fasilitas lain yang ada di Gumuk Sri Tinon Waduk Sermo terdapat fasilitas yang sduah lengkap karena selain adanya spot berfoto ria kmu juga bisa menikmati taman. Di sekitar kawasan juga bisa kamu jadikan lokasi camping karena ada camping ground yang langsung menghadap ke waduk. Mirip-mirip seperti camping di Ranukumbolo deh ya :D. selain itu adanya toilet ada juga Aula yang bisa kamu gunakan untuk tempat berkumpul di acara organisasi misalnya.

gumuk sri tinon tugu wisata

Instagram: @gumuksritinon

Dekat dengan Gumuk Sri Tinon ini kamu bisa mengunjungi Jangkang Hill, Kalibiru, dan wisata dengan Gardu Pandang lainnya. Selamat berlibur ke Kulon Progo Yogyakarta gaes! Happy Travelling. Anda tertarik tour di Jogja dan sekitarnya namun tidak ingin ribet? Kami menyediakan paket wisata Jogja / paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja / sewa mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Selamat berlibur. 🙂

grojogan watu jonggol tugu wisata

Menuju Grojogan Watu Jonggol Ini Selayaknya Menempuh Jalan Mendapat Hati Wanita!

www.tuguwisata.com – Pegunungan Menoreh ini memang lengkap dari adanya wisata alam yang selalu mengajak pengunjung untuk segera mikmati kesejukan yanga da di dalamnya. Kalau ke Kulon Progo Yogyakarta, kamu pasti akan terbesit untuk ke Kalibiru dan Waduk Sermo. Tidak hanya itu saja gaes, di Kulon Progo yang sejuk dan damai ini juga tersimpan banyak sekali air terjun yang wajib banget kamu kunjungi. Eitsss bukan lagi Air Terjun Kedung Pedut, Air Terjun Kembang Soka saja. Adalah air terjun lain yang bisa kamu kunjungi saat liburan yaitu Air Terjun Grojogan Watu Jonggol Kulon Progo.

grojogan watu jonggol tugu wisata

Instagram: @agnesnophyta

Setiap air terjun yang ada di lokasi memang berbeda-beda dan mempunyai karakter serta keindahan tersendiri. Seperti air terjun Grojogan Watu Jonggol Kulon Progo. Tinggi air terjun ini berada di ketingian 30-40 meter. Air terjun Watu Jonggol atau Grojogan Watu Jonggol ini berada di Dusun Nglinggo, Nglinggo Barat, Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta. kalau kamu berada di Desa Wisata Nglinggo kamu tidak akan kesulitan menemukan air terjun ini.

Meski berada di desa dan dekat penampungan. Namun air terjun Grojogan Watu Jonggol ini cukup culit aksesnya. Harus ada sedikit perjuangan sampai ke lokasi. Pokoknya selayaknya mendapatkan hati para wanita deh gaes.

grojogan watu jonggol tugu wisata

Instagram: @fadlisck_

Dari lokasi penitipan kendaraan kamu bisa menuju ke spot dengan menuruni anak tangga. Menyisir perkebunan warga. Meski terus turun, ada pegangan yang diberikan pengelola yang menuntun selama perjalanan. Meski lelah, namun sesampainya di grojogan, suasana air terjun yang tenang lagi damai dan juga segar. Karena alam yang memiliki perpaduan air, hijau rerumputan juga pepohonan, semua menjadi daya tarik yang mengasyikan bagi para wisatawan.

Segar air membuat pengunjung ingin tetap berlama-lama di Grojogan Watu Jonggol Kulon Progo. Untuk menilik lokasi ada baiknya jika kalian memperhatikan kondisi kendaraan lho! So, mari sebarkan informasi wisata menarik kepada dunia bahwa Indonesia itu menarik. Anda tertarik tour di Jogja dan sekitarnya namun tidak ingin ribet? Kami menyediakan paket wisata Jogja / paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja / sewa mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Selamat berlibur. 🙂

Temui Curug Sigembor, Si Air Terjun Di Pinggiran Jalan

www.tuguwisata.com – Pegunungan Menoreh memang menyimpan banyak sekali destinasi wisata alam yang memukau. Seperti air terjun. Deretan air terjun di Kulon Progo khususnya seperti pantai Gunung Kidul yang hanya disekat oleh batu karang. Jika air terjun di Kulon Progo atau dalam bahasa Jawa sering dikenal sebagai curug maka banyaknya curug yang ada di Kulon Progo ini hanyalah disekat oleh pepohonan dan tebing dari satu dusun ke dusun lainnya. Selain air terjun Kembang Soka, Air Terjun Grojokan Sewu, Air Terjun Kedung Pedut, yang lebih dahulu dikenal khalayak, tahukah kamu akan Curug Sigembor? Sebuah Curug yang berada di Dusun Banyunganti, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

curug sigembor tugu wisata

Instagram: @dede_harydi

Curug Sigembor Ini Benar Adanya Di Pinggir Jalan Raya

Curug ini memang berada di balik rimbunnya pepohonan pegunungan Menoreh. Keberadaan curug Sigembor ini berada di tepi jalan raya penghubung antara Goa Kiskendo dan juga Waduk Sermo. Atau lebih tepat lagi berada di pertigaan menuju ke Taman Sungai Mudal setelah Goa Kiskendo. Bagi pengunjung luar Jogja mungkin akan kesulitan menemukan lokasi. Plang petunjuknya sangat kecil dan juga bisa kelewatan karena rimbun pepohonan.

Sebenarnya curug Sigembor ini berbeda dengan curug pada umumnya yang harus dituju dengan jalur tracking karena curu ini berada di pinggir jalan. Memang tidak ada lahan aprkir khusus untuk mengunjungi ke curug ini, sehingga pengunjung bisa menepi dan memarkirkan kendaraannya di pinggir jalan. Mengingat parkir menggunakan bahu jalan maka hanya cukup untuk kendaraan roda dua saja dan sebuah mobil.

curug sigembor tugu wisata

Instagram: @aconk_van_houtten

Meskipun tanpa penjagaan, kawasan sekitar Curug Sigembor ini terbilang cukup aman asal pengunjung bisa mengunci ganda kendaraan sebelum menuju ke Curug Sigembor.

Cara seru dan mungkin menantang bagi para pecinta tantangan adalah perjalanan menuju ke kawasan air terjun utama harus menyususr aliran sungai kecil yang terlihat dari tepi jalan. Tidak begitu jauh hanya sekian meter dari jalan. Cukup ekstrim karena medannya licin dan juga agak curam. Seperti perjuangan menemukan wanita idaman. Ada tantangan yang harus dilalui dengan menguji nyali awal dnegan menaiki tebing yang tingginya tiga meter tanpa banyak pengaman.

Selanjutnya barulah menyusur aliran sungai. Arusnya cukup deras dan juga kontur tanah yan tidak begitu memadat sehingga cukup membuat tantangan baru. Berikutnya pengunjung juga harus bersiap diri mendaki tebing yang dialiri sungai. Tebing tersebut menjadi air terjun mini sebelum ke air terjun utama. Siap menjadi spiderman atau spidergirl deh karena pengunjung harus merangkak dan juga berpijak pada batu yang keras. Nyatanya tidak ada alternative selain melewati aliran sungai karena air terjun ini dikelilingi oleh pohon yang rimbun.

curug sigembor tugu wisata

Instagram: @hartono1743

Curug Sigembor ini adalah curug bertingkat yang apabila debit air cukup deras langsung menuju ke dasar air terjun. Mirip sekali dengan air terjun Setawing.

Meski pengelolaan belum memadai namun curug ini cukup menjadi calon curug primadona karena cantik. Sekelilingnya adalah banyak pepohonann yang memayungi pengunjung agar tetap rindang. Ada beberapa hal yang menjadikan curug Sigembor ini belum begitu cepat berkembang. Karena ruang untuk menikmati air terjun terbatas dan tidak dapat diperlebar karena adnaya jurang tebing. Selain itu Curug Sigembor ini tidak mendapat aliran jika bukan musim hujan.

Tidak ada tiket masuk untuk mengunjungi kawasan ini. wisata gratisan bagi pemburu wisata murah di Jogja bisa nih berkunjung ke Curug Sigembor. Happy Travelling. 🙂 Anda tertarik tour di Jogja dan sekitarnya namun tidak ingin ribet? Kami menyediakan paket wisata Jogja / paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja / sewa mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Selamat berlibur. 🙂

 

air terjun kembang soka

Air Terjun Kembang Soka Ini Banyak Alirannya Serupa Bunga Soka! Mungkin Ini Jawabannya

www.tuguwisata.com – Suatu destinasi wisata di Yogyakarta selain pada pantai, goa, atau wisata sejarah adalah berbasah-basah di air terjun. Curug atau air terjun menjadi suatu tujuan berwisata para wisatawan yang memburu rasa bahagia dari gundah gulana setelah adanya aktivitas semingguan penuh. Biasanya pengunjung memanfaatkan waktu weekend sebagai waktu yang tempat untuk berkunjung. Tetapi sebagian orang memilih untuk berwisata di hari biasa untuk menghidari keramaian.

Apapun, mereka ingin berkunjung untuk mendapatkan suasana alam yang hijau berpadu dengan indahnya air terjun. Air terjun di Yogyakarta terbilang cukup banyak apalagi di Kulon Progo. Kawasan pegunungan Menoreh ini menjadi lokasi destinasi wisata alam favorit para wisatawan terlebih ke air terjun.

air terjun kembang soka

Instagram: @anjueka_ss

Air terjun di Kulon Progo juga cukup banyak gan. Kedung pedut, Air Terjun Grojokan Sewu, Curug Setawing, dan lainnya merupakan bagian dari air terjun yang ada di Kulon Progo, Yogyakarta. Selain itu, adalah air terjun yang cukup menjadi perhatian banyak pengunjung yakni air terjun Kembang Soka.

Air Terjun Kembang Soka Potensial Untuk Wisata Apalagi Untuk Mereka Yang Menyukai Traveling! Real Traveling

Air Terjun Kembang Soka, atau juga dikenal dengan Curug Mbang Soka. Merupakan air terjun yang berada di Padukuhan Kelir, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta. Air terjun kembang soka ini mulanya aliran air sungai biasa yang deras ketika musim hujan. Akan tetapi seiring berkembangnya pemikiran, air tejun ini dikembangkan oleh masyarakat setelah mengetahui potensi alamnya yang cukup menarik.

air terjun kembang soka tugu wisata

Instagram: @jogjaku

Bagi kalian yang ingin berkunjung ke air terjun Kembang Soka ini bisa dengan menuju kea arah Goa Kiskendo. Atau dari perempatan Nanggulan lurus menaiki perbukitan Menoreh. Selanjutnya menuju ke arah Waduk Sermo. Banyak turunan tajam yang diharus dibuat kehati-hatian gaes. setelah memasuki Desa Jatimulyo, berarti sudah mulai mendekati kawasan air terjun yang cantik, Air Terjun Kembang Soka.

Tidak akan sulit menemukan lokasi air terjun Kembang Soka karena sudah banyak terpasang petunjuk atau plang arah menuju ke air terjun Kembang Soka. Sesampainya di kawasan, pengunjung harus dapat memarkir kendaraan di halaman rumah penduduk di dalam perkampungan desa Jatimulyo. Uang parkirnya juga terjangkau yakni dengan Rp. 2.000 saja. Selanjutnya perjalanan dilanjutkan dengan jalur tracking dengan menuruni bukit di jalan setapak.

Jalanan Menuju ke Lokasi Bisa Ditentukan Dari Cuacanya Gaes!

Kalau cuaca sedang baik alias tidak hujan, jalanan bisa dilewati dengan mudah, namun akan beda cerita dengan jalanan setelah hujan. Pastilah becek dan licin. Namun pihak pengelola tidak kehabisan ide. Mereka menyewakan sepatu boot karet kepada pengunjung yang membutuhkan. Yang pasti harganya cukup murah kok yaitu hanya Rp. 3.000 saja.

Menariknya dari air terjun kembang Soka adalah air terjun atau lebih ke grojogan ini berasal dari beberapa aliran sungai dari atas bukit. Di alirannya ini adalah air terjun tunggal setinggi 15 meter, kemudian aliran lainnya membentuk air terjun berundak dan air terjun kembar, oleh karena itu banyak kelopaknya sehingga mungkin ada kaitan dari nama Kembang Soka dengan banyak aliran di air terjun ini.

air terjun kembang soka

Instagram: @juliusadhe

Batu-batu yang berada di kawasan ini berwarna putih kekuningan. Sangat unik menyerupai batu kapur yang ada di Gunungkidul. Ada juga bendungan aliran yang membentuk kolam sehingga asyik sekali untuk menceburkan diri dan berenang di air terjun cantik ini gaes! Kawasan yang baru dibuka pada akhir tahun 2014 ini selalu menambahkan beberapa fasilitas yang memadai guna mendukung kenyamanan pengunjung di air terjun Kembang Soka.

Bagaimana? Tidak kalah menarik dengan air terjun lain yang ada di Kulon Progo kan gaes? siapkan fisik prima kalau kamu melakukan perjalanan dari kota Yogya. Salam Dolaners!

Anda tertarik tour di Jogja dan sekitarnya namun tidak ingin ribet? Kami menyediakan paket wisata Jogja / paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja / sewa mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Sewa mobil di Jogja di Tugu Wisata mulai dari sewa Avanza Jogja hingga sewa Alphard Jogja. Selamat berlibur. 🙂

puncak suroloyo tugu wisata

Puncak Suroloyo: Negeri Khayangan Di Pegunungan Menoreh, Menorehkan Kisah Manisnya

www.tuguwisata.com – Ada lagi kawasan wisata belakangan ini yang sedang diganderungi anak muda di Jogja dan baru saja dikenalkan oleh khalayak. Suatu kawasan yang diburu banget oleh para penggemar traveling. Seperti anak muda yang kebanyakan pengunjungnya adalah mahasiswa kurang piknik. Lebih senangnya ke suatu tempat yang murah, menyenangkan, namun menawarkan keindahan yang menenangkan batiniah khususunya buat para galauers.

Belakangan seperti di Bantul dengan puncak Kebun Buah Mangunan, Bukit Panguk Kediwung, dan lainnya menjadi hits dan kekinian karena berasa negeri di atas awan. Lalu di Kulon Progo, Jogja bagian barat ini terutama di pegunungan Menoreh juga menawarkan hal yang sama. Namanya Puncak Suroloyo.

puncak suroloyo tugu wisata

Instagram: @iwankuswanto18

Sebuah Puncak di Pegunungan Menoreh, Siap Menorehkan Kisah Manis

Sebuah puncak yang berada di pegunungan Menoreh Kulon Progo ini adalah duplikatnya puncak negeri di atas awan ala Kabupaten Bantul. Namun setiap destinasi yang pasti memiliki karakteristik dan keunggulannya masing-masing. Puncak Suroloyo ini adalah suatu pemandangan mengagumkan. Dari putihnya kabut yang membumbung dan menjadi spot memburu sunrise terbaik di Kulon Progo.

Puncak Suroloyo ini menawarkan keindahan dengan memadukan hijau alam pegunungan dengan khas warna mentari dan ditemani oleh gugusan bukit menoreh ditambah view dari beberapa gunung besar yang ada di Jawa seperti Merapi, Merbabu, Sindoro, dan juga Sumbing.

Lokasi tepatnya berada di Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta. kalau kalian ingin bertandang ke lokasi ini pastikan siapkan kendaraan dan fisik yang prima ya gaes karena medan cukup sulit. Bertandang ke puncak Suroloyo kalian berarti bisa betandang ke beberapa spot untuk menikmati aroma pagi dan sunrise indah. Ada beberapa gardu pandang yang bisa kamu pilih untuk menikmati indahnya kawasan di atas pegunungan ini.

puncak suroloyo tugu wisata

Instagram: @gowes_holic

Spot Sunrise dari Puncak Suroloyo Ini Siap-siap Bikin Baper!

Selain itu, jika di pos-pos sudah padat pengunjung, ada beberapa titik lain yang bisa kalian pilih sebagai tempat untuk menikmati sunrise. Namun tetap wasapada karena spot-spot di puncak Suroloyo ini berhadapan langsung dengan jurang. Hehehe.

Menurut pengamatan, Puncak Suroloyo ini menjadi menarik karena merupakan titik pertemuan dari keempat gunung besar yang ada di Jawa yaitu, Gunung Merapi, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, dan juga Gunung Merbabu.

puncak suroloyo tugu wisata

Instagram: @nfladitya

Seketika matahari menampakkan sinarnya, seketika itulah kamera setiap pengunjung memuali menagturkan diri untuk mendapatkan obyek dokumentasi yang bagus. Adalah perpaduan awan, kabut, sinar mentari, hijau pegunungan, dan keempat gunung besar. Pesona ini menjadi suatu kawasan yang amat sangat menarik diburu oleh para wisatawan baik wisatawan dalam negeri maupun luar negeri.

puncak suroloyo tugu wisata

Instagram: @handica_rizwandy

Seolah berada di kayangan. Puncak Suroloyo ini semakin menarik dan menjadi semakin diminiati pengunjung karena lengkapnya keindahan yang bisa dinikmati dalam satu waktu.

Anda tertarik tour di Jogja dan sekitarnya namun tidak ingin ribet? Kami menyediakan paket wisata Jogja / paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja / sewa mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Sewa mobil di Jogja di Tugu Wisata mulai dari sewa Avanza Jogja hingga sewa Alphard Jogja. Selamat berlibur. 🙂

1 2
× 08112635846