Tempat Wisata di Jogja merupakan salah satu category di tugu wisata yang akan memberikan informasi mengenai tempat wisata di jogja yang baru dan paling banyak dicari oleh para netizens.

Pantai Paling Eksotis di Jogja

31 Pantai Paling Eksotis di Jogja TUGUWISATA.COM – Tahukah Anda selain wisata sejarah dan budaya, Yogyakarta memiliki 31 pantai paling eksotis di jogja yang bakal membuat liburanmu menjadi sangat istimewa. Pantai-pantai itu bertebaran sepanjang Bantul hingga Gunungkidul, dari mulai pantai berpasir putih hingga pemandangan tebing karang memesona mata. Apa saja pantai-pantai itu, inilah daftarnya:

1. Pantai Nglambor, Gunungkidul

Pantai Nglambor Gunungkidul ~ Pantai Paling Eksotis di Jogja

Instagram @jogja.istimewa

Inilah pantai dengan sejuta keindahan. Kamu bisa langsung bertegur sapa dengan ikan warna-warni di pantai ini. Ya, di salahsatu pantai paling eksotis di Jogja ini kamu bisa snorkling dengan menyewa alatnya di sana. Terletak di Purwodadi, Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta, kamu bakal mendapatkan panorama pantai super keren karena pantai ini memiliki tebing-tebing karang nan indah. Uniknya Nglambor juga memiliki kolam air tawar karena ada mata air dari celah bebataun di pinggir pantainya. Kamu bisa menuju tempat ini melalui Jalan Wonosari, Bukit Patuk, Kota Wonosari ke arah Pantai Siung, TPR Pantai Siung, sekitar dua kilometer dari TPR berbelok kanan dan kamu bakal menemukan petunjuk sampai ke pantai ini.

Lihat juga: Tempat Wisata Keluarga Paling Mengesankan di Jogja

Meski indah tapi pantai ini tak akan memasang tiket mahal. Kamu hanya perlu mengeluarkan Rp. 5.000, untuk biaya retribusi dan biaa parkir Rp. 2.000 untuk motor. Untuk harga tiket parkir Rp. 5000.

2. Pantai Kesirat

Pantai Paling Eksotis di Jogja ~ Pantai Kesirat

Instagram @ayodolan

Bak surga tersembunyi, ini adalah salahsatu pantai paling eksotis di Jogja dengan pemandangan menakjubkan. Tidak ada pasir putih di sini. Kamu juga tak bisa menyentuh buih-buih ombak karena pantai ini dikepung Peninsula alias tebing tegak nan tinggi. Tapi kamu bisa menikmati suara deburan ombak dan memandang laut lepas Samudera Hindia di depan mata. Ini adalah surga pemancing di  Gunungkidul. Tapi ingat, Kesirat adalah pantai yang disakralkan warga setempat, jadi jangan membuang sampah sembarangan, jangan memotong dahan pohon dan berbagai sikap buruk lainnya.

Untuk bisa sampai ke sana kamu bisa melalui jalan Imogiri Barat – Jalan Siluk – ada pohon beringin besar belok kanan menuju Pantai Gesing – Pasar Pendem belok kanan – pertigaan ambil kanan 200-anmeter lalu ambil kiri. Selamat datang di Pantai Kesirat. Kau hanya harus membayar Rp. 5.000 saja untuk masuk ke sini dan parkir motor Rp. 2.000 dan parkir mobil Rp. 5.000.

3. Pantai Jogan

Pantai Jogan ~ Pantai Paling Eksotis di Jogja

Instagram @ayodolan

Air terjun tepat dibibir pantai, itulah kemolekan utama pantai ini. Meski hanya deras pada musim penghujan tapi kamu tetap bisa menikmati percikannya meski kemarau tiba. Di bawahnya ombak bergulung-gulung dengan suara khasnya. Deburan ombak dan terjunan air di salahsatu pantai paling eksotis di Jogja ini berpadu menjadi irama alami berpadu dengan tebing karang dan menjelma menjadi surga kecil bagi para pecinta keindahan alam.

Tempat indah ini berada di sebelah barat Pantai Siung dan kamu hanya perlu merogoh kocek Rp. 5.000 saja untuk masuk ke sana.

4. Pantai Sadranan

Pantai Sadranan ~ Pantai Paling Eksotis di Jogja

Instagram @pantaisadranan

Berada di Dusun Pulegundes II, Desa Sidoharjo, Tepus, Gunungkidul, inilah salah satu pantai paling eksotis di Jogja dan favorit wisatawan dari berbagai daerah. Disebut Sadranan karena pantai ini tempat upacara adat tahunan Nyadran. Pasir putih yang menghampar bakal menjai pemandangan indah di sana. Tak hanya itu, kamu juga bisa snorkling emnikmati bebatuan karang dengan ikan warna-warni di dalamnya. Terumbu karang di pantai eksotis ini bakal membiusmu saking indahnya. Tapi jangan menginjaknya ya.

5. Pantai Drini

Pasir putih bakal menyambutmu begitu tiba di sana. Sebuah pulau karang dengan tetumbuhan lebat di atasnya berada tepat di depan hamparan pantai indah ini. Uniknya, kamu bisa menikimati hangatnya air laut dengan mandi-mandi di sana. Tak perlu kawatir ombak karena pulau ini melindungi salahsatu pantai paling eksotis di Jogja ini dan menciptakan kolam raksasa di belakangnya. Di kolam itulah setiap orang bisa merasakan belaian air laut tanpa kawatir tenggelam karena tak cukup dalam di sana. Berderet-deret gubuk cantik tempat menikmati aneka makanan dan minuman ada di pinggiran pantai ini. Si cantik ini memasang harga Rp. 10 ribu bagi wisatawan ingin menikmati indahnya.

6. Pantai Pok Tunggal

Terletak di Tepus, Gunungkidul, Poktunggal adalah pantai yang layak disebut pantai berpotensi luar biasa. Hamparan pasir putih dengan ombak biru dalam sebuah hamparan membentuk cekungan. Ombak biru bisa kamu sentuh dengan leluasa di sini. Kamu juga bakal dimanjakan tebing karang menjulang menunggu para penakluknya. Pantai Poktunggal sangat layak menjadi pantai bertaraf internasional bahkan. Kamu bisa mendatangi pantai ini dengan menempuh jalan yang sama dengan beberapa pantai lain seperti Pantai Siung tadi..

7. Pantai Ngongap

Tebing karang dengan ombak besar yang menghantam keras adalah kekhasan pantai ini dan menjadikannya sebgaai salahsatu pantai paling eksotis di Jogja. Keindahan tebing karang dan ombak pantai ini bahkan sudah terkuak sejak ratusan tahun lalu (1856) seorang penjelajah Jerman lalu ketika seorang Franz Wilhelm Junghuhn sudah mencatatkan pantai ini pada bukunya. Di sini kamu bakal mendapatkan foto-foto yang luar biasa.

Untuk menemukan tempat ini kamu harus melalui Jalan Wonosari menuju Pantai Sadeng, sampai di Pasar Rongkop Girisubo ambil jalan lurus offroad ke Ngongap dan sampailah Anda di sana.

8. Pantai Baru, Bantul

Siapa bilang pantai selalu panas memanggang, buktikan pantai yang satu ini. Namanya Pantai Baru, inilah pantai yang memiliki hutan cemara nan rindang hanya beberapa meter dari lidah air yang membasahi pasirnya. Terletak di salahsatu titik Jalur Lintas Selatan, Pantai Baru menjadi salahsatu pantai paling eksotis di Jogja saat ini. Rindangnya pepohonan dengan hamparan tanah berpasir di pinggirannya membuat pantai ini segera menjadi salahsatu tempat banyak organisasi dan komunitas anak muda berkemah, outbound dan sebagainya. Kamu hanya perlu membayar parkir saja untuk masuk ke tempat ini.

9. Pantai Ngobaran, Gunungkidul

Berpasir putih dengan tebing karang menjulang di sisi kanan kiri membuat pantai ini bak gerbang mistis raksasa. Pantainya berpasir putih dan anggota keluarga Anda bisa bermain-main di pinggir pantai ini. Salahsatu pantai paling eksotis di Jogja ini bukan hanya menyajikan keindahan pantai saja melainkan juga budaya. Inilah pantai yang di pinggirannya terdapat pura dan masjid dalam posisi berhadapan, sangat indah suasananya. Terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, tempat ini hanya beberapa ratus meter saja dari Pantai Ngrenehan.

10. Pantai Glagah, Kulonprogo

Berada daerah Kulonprogo, Glagah adalah salahstau pantai eksotis di Jogja yang wajib kamu kunjungi. Pasirnya hitam dengan ombak yang masih bisa diperlakukan untuk berbasah-basah. Namun meski cukup landai tapi musti hati-hati karena pantai ini langsung berhadapan dengan Samudera Hindia. Asyiknya, di pinggiran pantai ini ada laguna dan kamu bisa berperahu ria di sana. Di dekat pantai ini kamu bisa mendapatkan suasana dermaga yang cukup menarik untuk menjadi obyek foto. Tak sulit menuju Pantai Glagah karena hanya beberapa ratus meter dari jalur selatan selatan Jogja.

11. Pantai Parangtritis, Bantul

Tak sulit memahami kenapa Parantritis disebut salahsatu pantai paling eksotis di Jogja. Pantainya landai sehingga siapapun bisa merasakan ombaknya. Sunset di pantai ini juga begitu indah dan sayang untuk dilewatkan. Di pantai ini pula kamu bisa naik bendi ditarik kuda dan hanya beberapa ratus meter kemudian kamu bisa menikmati wisata gumuk pasir. Kamu bisa bermain ski di bukit-bukit pasir ini. ‘

Jangan salah, Parangtritis juga dianggap tempat yang sakral di Jogja, salahsatu titik dalam poros mistis selain Keraton dan Merapi. Maka jangan kaget jika ada banyak tempat menggelar ritual di sepanjang pantai ini.

Menuju Parangtritis tidaklah sulit karena kamu bisa menempuhnya langsung dari jantung kota Jogja melalui Jalan Parangtritis.

12. Pantai Indrayanti, Gunungkidul

Seperti namanya, pantai ini sungguh cantik. Pasir putih bersih menghampar dibatasi bukit karang di bagian timur menyajikan view nan luas memandang eloknya pemandangan laut. Di pantai yang bersih ini kamu bisa mendapatkan banyak tempat makan dan minuman dingin yang bisa kamu nikmati sambil duduk di gubug bawah atap ilalang di sepanjang pinggirannya. Tak sulit makanya menyebut pantai ini sebagai salahsatu pantai paling eksotik di Jogja.

13. Pantai Krakal, Gunungkidul

Berpasir putih, pantai ini berhiaskan bebatuan karang di pinggirannya. Kamu harus hati-hati menginjak karang di sini karena tajam. Tetapi percayalah, meski berkarang tapi pemandangan pantai ini bakal membuatmu takjub. Airnya biru jernih dengan ikan-ikan kecil menyusupi celah-celahnya. Ombaknya besar dan pada musim tertentu bisa digunakan untuk surfing. Butuh sekitar dua jam ditempuh dari pusat kota Jogja.

14. Pantai Siung, Gunungkidul

Pantai ini kondang karena memiliki tebing-tebing berbatu

Yang sangat menantang bagi para pemanjat tebing. Tak tanggung-tanggung, terdapat 250 jalur panjat tebing di pantai ini. Belum lagi pemandangan pantainya yang berpasir putih dengan bebatuan karang di speanjang pinggirannya. Sudah jelas ini adalah salahsatu pantai paling eksotik di Jogja.

15. Pantai Baron, Gunungkidul

Bearada dekat Pantai Krakal, Baron memiliki pesona tersendiri. Ada laguna air tawar sehingga kami bisa mandi di kolam air tawar itu di pinggiran pantai ini, aneh kan. Kamu juga bisa mendaki tebing di sebelah kirinya dan menikmati pemandangan laut lepas luar biasa. Salahsatu pantai paling eksotis di Jogja ini juga memiliki bangunan mercu suar setinggi 40 meter bercat putih. Tak diragukan lagi, ini adalah tempat berfoto yang luar biasa. Ini adalah salahsatu pantai yang masuk daftar kunjungan Paket Wisata Jogja Sehari yang disuguhkan www. Tuguwisata.com sehingga Anda hanya butuh untuk kontak kami untuk mengunjunginya.

16. Pantai Ngrenehan, Gunungkidul

Terletak di Desa Kanigoro, Saptosari, Gunungkidul pantai ini adalah kampung nelayan. Tapi uniknya, pantai ini tersembunyi di sebuah celah bukit karang membentuk gerbang membentuk teluk kecil yang membuat pantainya mirip kolam renang alami. Anda bisa berenang dengan tenang di sini.

17. Pantai Sadeng, Gunungkidul

Berada di Desa Girisubo, Gunungkidul, ini adalah dermaga bagi nelayan di sana. Air di dermaga pantai ini begitu jernih sehinga kamu bisa melihat bebatuan di dasarnya. Pantai Sadengn adalah salahsatu pantai yang alamnya memiliki proses geologi yang sangat unik yang masih bisa kamu telusuri hingga sampai sekarang karena berada dekat dengan hulu Bengawan Solo yang terkenal itu.

18. Pantai Depok, Bantul

Ini adalah pantai dengan deretan tempat makan ikan laut yang sangat nyaman bagi wisatawan. Makan di sini kamu bisa memilih menumu sendiri bahkan kamu bisa belanja ikan sendiri di TPI yang ada di sana lalu menyerahkannya ke warung makan untuk menjadi sajian makan siangmu. Menunggu beberapa puluh menit maka meja makanmu bakal siap sedia.

19. Pantai Sepanjang, Gunungkidul

Disebut-sebut sebagai pantai yang mirip dengan Kuta Bali. Kamu juga bisa loh berjemur dengan santainya di pantai ini. Pasirnya putih menghampar dengan pemandangan yang jauh lebih asri di sepanjang pingirannya. Ombaknya biru berkilauan dan kamu bisa menikmati cita rasa kuliner lokal di rumah makan di sepanjang pinggirannya. Pantai cantik ini memang sangat layak disebut salahsatu pantai paling eksotik di Jogja.

20. Pantai Wediombo, Gunungkidul

Menyerupai Teluk, pantai ini sangat layak disebut salahsatu pantai paling eksotis di Jogja karena begitu indahnya. Ombaknya menghantam bebatuan karang sepanjang pantai dan kamu bisa menemukan kolam jernih dari celah bebatuan di sana. Meski ombaknya cukup besar tapi kamu bisa mandi di kolam-kolam itu dengan leluasa. Pemandangan sunset jangan tanya, Wediombo adalah pilihan tempat yang sempurna untuk diabadikan.

21. Pantai Sundak, Gunungkidul

Elok memesona pantai ini. Pasir putih menghampar landai sepanjang pantai, dengan ombak yang tidak akan membuatmu basah-kuyup karena tak sampai ke pinggirannya. Kamu bisa duduk sambil menikmati pemandangan biru laut di sana. Pantai ini cocok untuk kunjungan keluarga Anda.

22. Pantai Parangkusumo, Bantul

Berada dekat Parangtritis, pantai ini salahsatu tempat yang diyakini memiliki kaitan yang kuat dengan dunia mistis Yogyakarta. Terdapat tempat untuk menjalankan ritual kepercayaan warga sekitar Jogja di pantai ini.

23. Pantai Samas

Berada di sebelah barat Parangtritis, pantai ini sudah ramai sejak lama. Salahsatu destinasi wisata pantai di Jogja ini menyajikan pantai yang landai dengan banyak warung makan di sepanjang pinggirannya. Kamu bisa menikmati aneka masakan laut di sini. Jarak tempuhnya juga taklama dari kota Jogja, sekitar 30 menit saja.

24.  Pantai Kuwaru, Bantul

Berada di Desa Poncosari, Srandakan, Bantul, pantai ini segera menjadi magnit karena ditumbuhi rerimbunan pohon di sepanjang pinggiran pantai sehingga menjadi tempat yang sejuk meski berada di pantai. Beragam kegiatan komunitas banyak digelar di sini karena relatif dekat dengan kota Yogyakarta dan gampang ditempuh.

25. Pantai Congot 

Sebelah Pantai Glagah, Kulonprogo. Membentang sepanjang 4 kilometer pantai ini memiliki pemandangan luas sepanjang pantai. Pantai ini juga gampang dicapai karena hanya beberapa ratus meter di pinggir jalur lintas selatan-selatan yang kini menjadi salahsatu jalur ramai di Jogja.

26. Pantai Trisik

Salahsatu pantai di Kulonprogo, terletak di Banaran, sekitar 30 kilometer dario kota Yogyakarta. Menjadi salahsatu destinasi yang kian ramai karena gampang ditempuh dan kondisi jalan yang gampang dilewati. Trisik adalah salahsatu wisata idola keluarga bagi warga Yogyakarta.

27. Pantai Kukup 

Terletak di Kemadang, Gunungkidul, pantai ini termasuk daftar atas dalam peta kunjungan wisatawan Jogja karena keindahannya. Kukup memiliki bebeatuan karang di pinggi pantai dengan pemandangan bebatuan karang menakjubkan di kiri kanan pantai.

28. Pantai Watu Kodok

Berada di Gunungkidul, pantai ini masih sangat alami. Keindahannya berpusat pada bebatuan karang raksasa menyembul dari perut bumi dan menjadi pulau-pulau karang

Di sepanjang pantai ini. Pasirnya putih dan kamu bisa menjangkau ombak secara langsung di pantai ini. Pinggirannya dihiasi tebing karang yang memisahkan pantai ini dengan pantai eksotik lainnya. Pantai Sanglen

29. Pantai Sanglen, Gunungkidul

Berada dekat dengan Pantai Watu Kodok, Sanglen jauh lebih alami lagi di banding Watu Kodok.Pohon pandan menghiasi sepanjang pinggiran pantai juga cemara. Belum banyak wisatawan mengunjuungi tempat ini. Sangat direkomendasikan bagi para pecinta pantai sekaing jernihnya air laut di tempat ini. Pantai Timang

30. Pantai Timang, Gunungkidul

Terletak di Pedukuhan Danggolo, Purwodadi, Gunungkidul, pantai berbatu-batu kareng inni termasyhur karena memiliki jembatan udara antara tebing karang di pinggir pantai ke pulau batu karang membuat pantai ini kondang dimana-mana. Jembatan itu dibuat untuk para penambang sarang walet yang menjadi mata pencaharian di wilayah itu.

31. Pantai Slili, Gunungkidul

Berada di antara pantai Baron dan Sadranan, pantai ini hanya memiliki tak sampai 100 meter tetapi memiliki kemandangan menakjubkan berkat kekayaan lautnya. Inilah p[antai kecil yang kau bisa memuaskan diri untuk bermain ombak pantai dengan lebih aman.

Itulah 31 pantai paling eksotik di Yogyakarta. Sebagian besar pantai ini masih sangat alami dengan jumlah pengunjung yang belum terlalu banyak. Kendala jarak tempuh, kondisi jalan adalah beberapa alasan yang membuat belum seluruhnya pantai-pantai ini menjadi destinasi unggulan.

Tetapi jangan kawatir, kalau kamu pingin sampai ke sana sekaligus menikmati berbagai atraksi wisata yang lain, Anda hanya tinggal menghubungi Tuguwisata.com. Tugu wisata adalah perusahaan tour dan travel yang menawarkan beragam paket wisata jogja yang menjadikan deretan pantai ini sebagai salahsatu pilihannya. Kamu juga bisa merancang tempat-tempat mana saja yang pingin kamu kunjungi di seluruh Jogja ini, Tuguwisata akan mewujudkannya buatmu.**

 

Tempat Wisata Keluarga Paling Mengesankan di Jogja

30 Tempat Wisata Keluarga Paling Mengesankan di Jogja ~ TUGUWISATA.COM – Yogyakarta tak hanya kondang dengan Malioboro-nya, kota ini juga memiliki banyak sekali Tempat Wisata Keluarga Paling Mengesankan di Jogja yang akan membuat liburan keluarga Anda menjadi momen yang tak akan pernah bisa dilupa. Berbagai tempat ini memberi banyak inspirasi dan menyimpan banyak pesan pendidikan untuk anak-anak Anda. Apa sajakah tempat-tempat itu, simak deretannya di bawah ini:

1. Malioboro

Tempat Wisata Paling Hits di Dekat Malioboro

Instagram @watonjogja

Adalah magnit wisata terkuat di kota ini. Berjalan-jalan bersama keluarga di sepanjang jalan Malioboro akan memberikan Anda pengalaman baru yang tak gampang ditemukan di tempat lain. Belanja berbagai suvenir di sepanjag jalan ini. Jangan lupa, ini adalah pusatnya fashion paling kekinian di Jogja. Anda bisa memborong beragam item fashion murah di sini.

2. Keraton Yogyakarta

Tempat Wisata Keluarga Paling Mengesankan di Jogja

Instagram @afeeantidesire

Tak jauh dari Malioboro, inilah pusat kebudayaan masyarakat Jogja, Keraton. Menelusuri kehidupan masa lalu keluarga raja diraja Mataram yang termayshur. Ada beragam pengetahuan edukatif di dalam tour ini mulai dari kisah kepahlawanan raja hingga model pakaian masa lalu dan berbagai upacara adat keraton. Sudah pasti, ini adalah satu dari 30 Tempat Wisata Keluarga Paling Mengesankan di Jogja. Kunjungan ke Keraton Jogja juga menjadi salahstau menu dalam paket wisata Jogja suguhan Tuguwisata.

3. Alun Alun Kidul

Tempat Wisata Keluarga Paling Mengesankan di Jogja - Alun-alun Kidul

Instagram @febriteja

Pusat hiburan rakyat Nyayogyakarto Hadiningrat, di sini Anda bisa menjajal ritual Masangin hingga bersepeda keliling Alun alun. Aneka kuliner khas Jogja ada di sekeliling tempat ini. Ingin melihat suasana Jogja, inilah salah satu tempatnya.

4. Benteng Vredeburg

Terletak hanya beberapa puluh meter dari Titik Nol Malioboro, ini adalha musium yang akan bercerita bagaimana para pejuang merebut Jogja dari tangan penjajah Belanda. Sejarinya ini adalah benteng yang digunakan Belanda sebagai markas mereka. Kini, menjadi salahsatu landscape Jogja dan masuk dalam Tempat Wisata Keluarga Paling Mengesankan di Jogja.

5. Beringharjo

Pasar terbesar di tengah kota Jogja ini sekaligus pusat batik dengan harga ramah bagi wisatawan sekaligus pusat kuliner khas Jogja. Anda bisa menikmati jalan-jalan di sini bersama keluarga dan mendapatkan berbagai produk khas Jogja. Soalnya pasar ini juga pusatnya suvenir khas Jogja.

6. Taman Pintar

Terletak beberapa ratus meter dari Malioboro, tempat ini tak pernah sepi dari kunjungan, Taman Pintar adalah wahana permainan anak sekaligus pusat pengetahuan bagi para pelajar. Ada banyak materi pendidikan yang diajarkan tempat ini bagi anak-anak kita. Membuat Taman Pintar menjadi salah satu tempat wajib bagi para ibu membawa anak-anaknya.

7. Tamansari

Bangunan masa lalu berupa kolam pemandian dengan berbagai ruangan tempat para istri raja merawat tubuh dan bergembira menikmati sejuknya air. Tamansari memiliki banyak spot cantik untuk berfoto dan memasukinya bakal merasakan seperti terlempar di masa lalu. Menjadi salahsatu destinasi wisata.

8. Jogja bay Pirate Adventure Waterpark

Ini adalah waterpark dengan atraksi air yang sangat lengkap, besar dan canggih. Ada 19 wahana air yang bakal menghibur keluarga Anda hingga puas. Anak-anak juga bisa mencicipi wahana bertema ‘How to Survive in Tsunami and Earthquake ‘ alias ‘Bagaimana Bertahan Hidup Menghadapi Tsunami dan Gempa Bumi’, jelas ini wahana yang sangat mendidik kita semua.

Menempati area seluas 7,7 hektar membuat tempat wisata yang terletak di dekat Stadion Maguwoharjo, Sleman ini dengan sukses masuk dalam 30 Tempat Wisata Keluarga Paling Mengesankan di Jogja.

9. Desa Wisata Kalibiru

Berkali-kali menyabet gelar Desa Wisata Terbaik, inilah Kalibiru, desa di ketinggian pegunungan di Kulonprogo. Desa ini memiliki panorama menakjubkan berupa Waduk Sermo dengan rimbunan pepohonan mengitarinya. Tak hanya itu, Kalibiru juga memiliki beragam atraksi seperti flying fox dan berbagai atraksi lainnya. Warga desa sangat ramah kepada semua wisatawan yang datang ke kampung mereka. Sangat memenuhi syarat menjadi satu dari 30 Tempat Wisata Keluarga Paling Mengesankan di Jogja.

10. Puncak Kosakora

Sebuah area berbukit dengan pemandangan pantai yang sangat indah di Gunungkidul. Dari pelataran bukit ini Anda bakal menyaksikan ombak berkejaran dengan tebing karang kokoh berdiri di sepanjang pantai. Anda bakal mendapatkan foto yang luar biasa di tempat ini.

11. Museum De Mata

Berada di Komplek XT Square tengah kota Jogja, museum ini menyimpan 100 lebih gambar tiga dimensi yang sangat pintar menipu mata. Anda bisa menciptakan foto yang unik karena lukisan-lukisan di tempat ini bakal seperti hidup dengan kemampuan 3D-nya. Tiket masuknya Rp. 35 ribu saja.

12. Kebun Buah Mangunan

Menikmati hijaunya pepohonan dan berbagai buah, tempat ini memiliki pemandangan membius mata. Terletak di Desa Mangunan, Dlingo, Bantul, hamparan perbukitan sepanjang mata memandang tersaji indah di depan mata Anda. Pagi hari datang ke sini akan membuat Anda bak berdiri di atas pelataran kahyangan saja.

13. Upside Down World Jogja

Ini tempat unik buat selfi terbaik, berupa tempat alias ruangan terbalik yang akan membuat foto selfi Anda menjadi unik dan membingungkan. Tentu saja ini adalah tempat yang akan menyenangkan bagi keluarga karena akan menciptakan kehangatan dan kelucuan di sana. Tempatnya gampang pula didatangi karena berada di tengah kota.

14. Tebing Breksi

Terletak di Dusun Nglengkong, Groyokan, Sambirejo, Prambanan, awalnya hanya sebuah tebing batu. Kehebatan tangan warga lokal menyulapnya menjadi bukit batu dengan pahatan indah aneka bentuk membuat tempat ini menjadi kondang seketika. Breksi memberikan Anda banyak spot foto nan cantik dan termasuk Tempat Wisata Keluarga Paling Mengesankan di Jogja dan tempat wisata yang murah bagi siapa saja.

15. Kebun Buah Sedayu

Sangat cocok dikunjungi pelajar dan mahasiswa karena ini adalah pusatnya beragam buah langka. Terletak di Jalan Wates KM 12 Dusun Sundikidul, Argorejo, Sedayu, Bantul, ada 300 tanaman buah langka di tempat ini. Jelas tempat ini akan memberikan pengetahuan penting bagi anak-anak. Tak heran kalau tempat ini termasuk dalam 30 Tempat Wisata Keluarga Paling Mengesankan di Jogja.

16. Sindu Kusuma Edupark

Dibuka tahun 2014, Sindu Kusuma Edupark adalah taman rekreasi edukatif di tengah kota Jogja. Dengan tiket mauk Rp. 15 ribu pada hari biasa dan Rp. 50 ribu pada week end Anda sekeluarga bisa menjajal berbagai wahana atraktif di dalamnya termasuk bianglala sangat tinggi yang akan menyajikan pemandangan kota Jogja.

17. Desa Kedung Miri

Ini adalah desa khas Jogja dengan segala keasriannya. Di sana ada sungai Oya yang jernih, jembatan gantung eksotik dan memiliki spot foto yang luar biasa. Letaknya di Desa Sriharjo, Imogiri, Bantul. Ini tempat liburan yang unik karena akan memberi pengetahuan bagi anak-anak kita mengenai sitausi asli desa.

18. Pantai Ngandong

Ombak tak terlalu besar di sini, pantai berpasir putih dan landai, sangat indah bagi keluarga Anda bermandi-mandi di sana. Ada beberapa warung makan yang akan mengusir lapar. Ini adalah pantai yang sangat menarik dan layak menjadi satu dari 30 Tempat Wisata Keluarga Paling Mengesankan di Jogja.

19. Pantai Nglambor

Tak perlu ke Lombok atau Bali, Anda juga bisa snorkling di pantai ini. Berpasir putih dengan bukit karang membentuk pulau di pinggiran pantainya, inilah Pantai Nglambor di Gunungkidul. Ombaknya tak terlalu membahayakan dan membiru jernih.

20. Pantai Pok Tunggal

Tak berlebihan menyebut pantai ini sebagai pantai berkelas internasional karena kecantikannya. Pasir putih, landai dan bukit batu memanjang di pinggirannya membuatnya seperti sebuah tanjung tersembunyi. Pantai Po Tunggal hanya butuh beberapa bulan untuk bertengger menjadi destinasi wisata utama di Jogja.

21. Citra Grand Mutiara Waterpark

Mengambil tema Trasure Adventures, waterpark satu ini akan menciptakan kegembiraan bagi anak-anak. Aneka wahana permainan air dijamin akan menciptakan hari yang ceria bagi keluarga Anda. Tempatnya di Perumahan Citra Grand Mutiara, Diamond Hill, Jalan Wates, KM 9, Sleman.

22. Galaxi Water Park

Aneka wahana air ada di tempat ini. Sangat cocok menghibur anak-anak dan menghabiskan waktu bersama mereka. Terletak di Jalan Wonosari KM 6 Kalangan, Baturetno, Banguntapan, Bantul.

23. Gunung Api Nglanggeran

Gugusan batu raksasa berusia jutaan tahun. Terletak di Desa Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta, tempat ini memenangi kompetisi Desa Wisata Terbaik se-Asia Tenggara. Memiliki pemandangan menakjubkan, Nglanggeran adalah juga tempat yang sangat sarat nilai pendidikan mengenai bebatuan, ilmu bumi dan kehidupan khas pedesaan. Ada beragam obyek wisata di desa ini seperti Flying Fox, Embung alias danau buatan dan Omah Cokelat.

24. Ecopark Jatisari, Muntuk

Terletak di Dusun Seropan, Muntuk, Dlingo, tempat ini memiliki pemandangan mengagumkan ngarai dan lembah dengan sungai Oya membelah perbukitan di bawahnya. Pemandangan saawah, goa, sungai dan habitat burung yang hidup di salahsatu rerimbunan hutan di tempat ini sangat cantik dinikmati. Seluruh tempat ini dibiarkan alami sehingga memberi pemahaman bagi anak-anak betapa indahnya semesta ini jika dirawat dengan baik.

25. Hutan Pinus Mangunan

Hanya perlu membayar Rp. 2000 rupiah untuk menikmati indahnya hutan pinus di tempat ini. Desau suara daun pinus tergesek karena angin, beragam jenis pohon dan rimbunnya dedaunan membuat temat ini begitu teduh dan sejuk. Hutan Pinus Mangunan adalah salahsatu tempat favorit liburan keluarga. Tempat ini termasuk dalam salah satu obyek yang masuk Paket Wisata Jogja 1 Hari di Tuguwisata.

26. Goa Pindul

Goal pindul ~ Tempat Wisata Gunungkidul

Instagram @goa.pindul

Beraroma petualangan, Anda bisa menikmati percikan air dengan duduk di atas ban memasuki sungai bawah tanah dan menyusuri goa yang alami. Goa Pindul adalah salahsatu destinasi urutan atas pada peta wisata di Jogja dan menjadi salahsatu tempat yang masuk dalam Paket Wisata Jogja 1 Hari Tugu wisata. Anda tinggal munghubungi Tuuwisata.com untuk mendapatkan beragam paket wisata dan memasukkan tempat ini sebagai salah satu destinasinya.

27. Lava Tour Merapi

Wisata Alam di Jogja ~ Lava Tour Merapi

Instagram @ifa_ciprut

Duduk di atas jeep terbuka berkeliling area bekas tersiram abu Merapi yang meletus beberapa tahun lalu. Anda sekeluarga bisa melihat dahsyatnya amukan alam Gunung Merapi dengan melihat situs-situs di sini. Lava Tour Merapi adalah salah satu dari 30 tempat wisata keluarga paling mengesankan di Jogja karena nilai sejarah letusan Merapi itu.

28. Green Village Gedangsari, Gunungkidul

Terletak di Dusun Guyangan Lor, Mertelu, perbatasanantara Kabupaten Gunungkidul dan Klaten, Jawa Tengah. Inilah desa yang memiliki Flying Fox terpanjang di Asia Tenggara. Menjajalnya bakal membuat Anda merasa seperti melayang di angkasa. Selain itu ada beragam pesona di tempat ini termasuk wisata kuliner. Bakal menjadi tempat menarti bagi Anda melewatkan akhir pekan bersama keluarga.

29. Desa Wisata Nglinggo

Kebun teh ini memiliki elok dengan hawa sejuk menyegarkan badan. Terletak di Nglinggo, Pagerharjo, Samigaluh, Kulonprogo ini memiliki air terjun dan beberapa gardu pandang yang menyajikan pemandangan hijau kebun berbalut kabut di atanya. Ada rumah makan yang menjamin Anda tak perlu kelaparan. Anda juga bisa mendaki tanjakan di sini menggunakan jeep.

30. Taman Pelangi

Lautan cahaya lampion warna-warni bak pesta bakal Anda rayakan di tempat ini. Berlokasi di Komplek Wisata Monumen Jogja Kembali yang gampang dicapai dari tengah kota, inilah tempat menghabiskan malam yang indah di Jogja bersama keluarga.

Itulah 30 tempat wisata keluarga paling berkesan di Yogyakarta. Pertanyaannya, bagaimana bisa sampai ke tempat-tempat itu? Tak usah kawatir, Anda tinggal menghubungi Tuguwisata.com karena perusahaan ini memiliki paket-paket wisata yang akan mengantar Anda ke sana. Anda juga bisa menyusun daftar tempat yang Anda ingin kunjungi dan Tuguwisata akan mewujudkannya. Asyik, bukan. Jadi, kenapa tidak?

Wisata Air Terjun di Jogja

31 Wisata Air Terjun di Jogja Ini Instagramabel, Instragamer Wajib Kesini ~ Libur sudah di penghujung mata. Saatnya Anda menapaki kaki mengunjungi banyaknya wisata alam menarik sebagai obat pelipur gundah gulana. Berikut ini ada 31 Wisata Air Terjun di Jogja dan Magelang yang bisa Anda datangi sebagai tujuan berlibur ke wisata alam seru. Spotnya Instagramabel!

Berikut daftar lengkap 31 Wisata Air Terjun di Jogja yang Instagrammable

  1. Air Terjun Luweng Sampang

Wisata Air Terjun di Jogja ini wajib untuk anda bersama dengan kekasih tercinta. Air Terjun Luweng Sampang menjadi air terjun unik dengan karakter air terjun diantara bebatuan karst eksotis. Cerukan yang terbentuk dari terjunnya air inilah yang disebut sebagai Luweng.

  1. Air Terjun Seloprojo / Air Terjun Sumuran

Kondisi air terjun Seloprojo masih amat sangat alami. Tetapi hanya karena belum banyak wisatawan yang mengetahui air terjun ini, jadi belum banyak dikunjungi.

  1. Air Terjun Kedung Ingas

Air terjun Kedung Ingas Lendah lokasinya berada jauh dari kebisingan. Inilah yang justru diburu oleh para pencari spot tersembunyi. Jadi belum ramai dikunjungi oleh orang banyak. Ada baiknya kunjung ke air terjun kedung Ingas ini bukan musim liburan sehingga bisa puas berendam serta menenangkan diri.

  1. Air Terjun Kedung Kandang
Air Terjun Kedung Kandang ~ Wisata Air Terjun di Jogja

Instagram @ayodolan

Wisata Air Terjun di Jogja selanjutnya Berada di persawahan penduduk, Air Terjun Kedung Kandang menjadi salah satu pemandangan nan apik. Air terjun ini membelah persawahan penduduk dan terdiri dari 6 tingkatan sebuah air terjun. Lokasinya cukup tersembunyi, jadi Anda perlu ekstra tenaga untuk susur jalan dan pematang sawah.

Baca juga: Pantai Paling Eksotis di Jogja

  1. Air Terjun Sekar Langit

Air terjun Sekar Langit ini berlokasi di balik perbukitan lereng yang memiliki debit air cukup deras. Dan air terjun ini tidak pernah surut walau musim kemarau. Sementara itu, seperti biasa bahwa di tanah Jawa, lokasi-lokasi yang ada telah dikaitkan dengan mitos atau legenda yang cukup hits. Seperti di air terjun ini yang konon ada legenda Jaka Tarub. Nah bagi sobat yang mencari informasi Wisata Air Terjun di Jogja wajib deh mngunjungi objek wisata yang satu ini.

  1. Air Terjun Grojokan Lepo

Sebuah air terjun dengan nama lain air terjun Ledok Pokoh ini adalah salah satu dari sekian banyak wisata air terjun yang ada di Jogja khususnya di daerah Bantul. Air terjun yang dibuka dari awal tahun 2013 ini semakin menarik wisatawan untuk dikunjungi. Biasanya air terjun cantik ini ramai dikunjungi pada akhir pekan. Menariknya dari air terjun Grojogan Lepo ini masih cukup alami serta mempunyai tingkatan alias berundak.

  1. Air Terjun Grojokan Pucung

Air terjun Pucung atau yang lebih dikenal dengan Grojokan Pucung ini memang masih asing daripada dengan curug Banyunibo dan Air Terjun Seribu Batu. Namun eloknya grojokan pucung bisa Anda tilik sendiri.

  1. Air Terjun Grojokan Sewu

Air Terjun Grojokan Sewu merupakan air terjun dengan beberapa tingkatan dengan sudut 90 derajat ini mirip dengan perosotan. Air terjun di tingkat paling atas terdapat sebuah kedung, biasanya para pengunjung memanfaatkannya untuk mandi. Pastinya, air pegunungan ini terbukti sangat segar. Namun Anda juga harus tetap waspada.  Air di kedung ini cukup dalam lho! Dibalik itu semua, ada panorama yang amat mengasyikan jika Anda singgah air terun Grojokan Sewu ini.

  1. Air Terjun Parang Endog

Bernama Air Terjun Parangendog, juga dikenal dengan Air Terjun Dadakan berada di timur pantai Parangtritis. Air terjun ini lalu menjadi air terjun yang banyak dikunjungi saat musim hujan. Air terjun ini merupakan air terjun musiman. Dan berasal dari aliran sungai ini semakin deras. Jika musim hujan dan jatuhnya air memang sangat dekat dengan pantai, sehingga air terjun Parangendog ini jadi wisata dadakan di kala musim hujan.

  1. Air Terjun Kedung Tolok

Air terjun Kedung Tolok mengucur dari tebing dengan ketinggian sekitar 15 meter. Kemiringan tebing alirannya sekitar 60 derajat. Tipenya melebar dan disesuaikan kontur aliran sungai. Lalu di atas air terjun utama ada aliran kecil bertingkat yang tidak kalah menarik.

  1. Air Terjun Seribu Batu Imogiri

Air Terjun Seribu Batu Imogiri merupakan kawasan wisata yang belum lama dibuka dan menjadi kawasan wisata oleh masyarakat sekitar. Banyak wsiatawan menduga air terjun ini dekat Makan Raja-Raja Mataram Imogiri. Potensi wisata air terjun Seribu Batu cukup menarik. Pengembangan wisata curug Seribu Batu Imogiri menjadi kawasan wisata baru di kawasan desa wisata Wukirsari yang mana desa ini terkenal dengan sentra kerajinan batik khas Imogiri.

  1. Air Terjun Talang Purba

Air Terjun Talang Purba merupakan air terjun yang berada di kawasan wisata baru yang ada di perbukitan Patuk, Gunungkidul. Masuk di area Desa Wisata Nglanggeran. Air terjun ini berada dekat dengan air terjun Kedung Kandang dan menarik para wisatawan.

  1. Air Terjun Kembang Soka

Air Terjun Kembang Soka dikenal dengan Curug Mbang Soka. Berada di Padukuhan Kelir, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta. Air terjun kembang soka ini pada mulanya adalah aliran air sungai biasa, derasnya ketika musim hujan. Seiring berkembangnya pemikiran, air tejun ini dikembangkan oleh masyarakat usai mengetahui potensi alamnya yang cukup menarik.

  1. Air Terjun Goa Kebon

Air terjun Goa Kebun terkenal unik bak tirai putih. Pasalnya dibagian tengahnya ada lubang pintu masuk ke dalam goa. Selain itu, lokasinya berada di tengah hutan dengan rerimbunan bermacam pohon dan tumbuhan. Sudah kebyaang kan lokasi ini sejuk dan rimbun.

  1. Air Terjun Sri Gethuk

Air terjun Sri Gethuk adalah air terjun di dusun Menggoran, Blaberan, Playen, Gunungkidul. Akses ke air terjun ini juga mudah. Banyak papan arah menuju ke air terjun ini. Setibanya di lokasi, pengunjung segeranya mendengar percikan air mengalir dari tebing tinggi kira-kira 50 meter. Air tiga sumber ini mengalir menjadi terkenal dari indah alamnya yang masih asri. Aiir terjun ini juga berhadapan dan mengalir langsung ke sungai Oya. Sungai Oya juga dikenal sangat jernih dan tidak akan pernah surut. Begitupun dengan air terjun Sri Gethuk. Sangat unik. Air terjun ini tidak pernah kering walaupun meski musim kemarau.

Lihat juga: Tempat wisata keluarga paling mengesankan di jogja

  1. Air Terjun / Curug Delimas

Air terjun Delimas Girimulyo ini telah dijadikan alternative wisata mengasyikan. Air terjunnya ada tiga air terjun. Pemandangan alam di air terjun ini juga amat menarik layaknya air terjun lain di Magelang. Tetapi setiap tempat wisata pasti memiliki karakter tersendiri walau memiliki kemiripan.

  1. Curug Silawe

Curug Silawe ini didapat dengan ketinggian sekitar 50 meter. Air terjun ini cukup tinggi.  Tidak jauh dari Curug Silawe adalah Curug Sigong yang tingginya juga mencapai 40 meter. Adapun sejarah penamaan Silawe ini adalah adanya sarang laba-laba kala pembukaan area air terjun pegunungan, selanjutnya menjadi kawasan wisata.

  1. Curug Banyunibo

Curug Banyunibo merupakan air terjun yang berada di Dusun Kabrukan, Sendangsari, Pajangan, Bantul.  Jikalau Anda pernah ke desa wisata Krebet, untuk menemukan lokasi air terjun Banyunibo tidak jauh dari jangakauan. Lokasi mungkin terbilang cukup jauh dari kota Yogyakarta. Indah dan tenangnya wisata alam ini ditunggu oleh para pendekar dari kegalauan antara otak campur perasaan. 😀

  1. Curug Randusari

Air terjun Randusari adalah air terjun tunggal yang mempunyai ketinggin sekitar 15 meter. Tipe jatuhannya melebar. Air terjun ini juga disebut juga sebagai air terjun kembar. Pasalnya air terjun Randusari membentuk dua jatuhan yang telah disekat oleh batu. Di dinding ini juga ada guratan endapan kapur menyangkut dari aliran sungai sebelah atas. Aliran air terjun inipun bermuara ke sungai Oyo. Keberadaan sungai ini lokasinya tidak begitu jauh dari air terjun.

  1. Curug Pulosari

Curug Pulosari merupakan air terjun/curug dari aliran air sungai alami di kawasan perbukitan. Grojogannya memang terbilang kecil. Tapi karena ada di tengah perbukitan, Landscape air terjun terkesan eksotis serta menarik untuk dikunjungi.

  1. Curug Sedhuwagang

Aura tenang yang diburu oleh para wisatawan alam menjadikan tempat wisata ini mulai banyak diganderungi. Curug Sedhuwagang berbalutan keramah tamahan penduduk. Curug ini secara langsung dikelola secara swadaya oleh HIPATESA (Himpunan Pemuda Pemdui Teganing Satu) yang mana tidak lain adalah warga sekitar dari Curug Sedhuwagang.

  1. Curug Glimpang DKK

Curug Glimpang sendiri terbilang unik. Kata Glimpang atinya tumpah karena miring. Mungkin penamaan curug ini diberikan karena curug ini tidak berada di tebing yang lurus seperti curug pada umumnya. Untuk berkunjung ke lokasi juga tidak begitu sulit. Aksesnya sudah banyak pengeloaan dari warga setempat seperti anak tangga.

  1. Curug Grojokan Watu Jonggol

Air terjun Watu Jonggol atau Grojogan Watu Jonggol ini berada di Dusun Nglinggo, Nglinggo Barat, Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta. Jika Anda di Desa Wisata Nglinggo Anda tidak akan kesulitan menemukan air terjun ini. Juga meski berada di desa dan dekat penampungan, air terjun Grojogan Watu Jonggol ini cukup culit aksesnya. Harus ada sedikit perjuangan sampai ke lokasi. Pokoknya selayaknya mendapatkan hati para wanita deh gaes.

  1. Curug Kalimiri

Curug Kalimiri adalah curug di aliran tebing dan bongkahan bebatuan yang tidak begitu tinggi di kabupaten Kulon Progo. Namanya adalah Curug Kalimiri. Curug Kalimiri adalah curug yang mempunyai daya tarik air terjun dan masih satu area dengan Wisata Alam Air Terjun Kembang Soka.

  1. Curug Indah Tegalrejo / Curug Bayat

Berkaitan dengan blusukan, Jogja memiliki banyak wisata tersembunyi dan wajib dikunjungi. Seperti misalnya Curug Indah Tegalrejo. Curug Indah Tegalrejo juga dibilang Curug Bayat. Lokasinya berada di perbatasan Gunungkidul dan Klaten tepatnya di desa Tegalrejo, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.

  1. Curug Gedhe

Curug Gedhe adalah curug yang dikelilingi oleh tebing bebatuan cukup tinggi. Selain itu, ada pepohonan dan semak belukar, menjadikan area air terjun ini sangat eksotis gaes! Jenis batu yang ada Curug Gedhe ini hampir sama dengan air terjun Gembyong. Kemungkinan di kedua curug ini berada di satu lokasi. Apakah Anda pernah kesini?

  1. Curug Tuwondo

Grojogan Tuwondo atau air terjun Tuwondo menjadi air terjun atau curug kawasan wisata baru di daerah Piyungan, Bantul. Kawasan air terjun ini masih di tahapan pegembangan obyek wisata berbasis pedesaan. Kunjungan ke air terjun Tuwondo ini juga lebih asyik ketika musim hujan gaes. Airnya akn jatuh lebih deras. Berbeda kabarnya jika Anda berkunjung pada saat musim kemarau. Hampir tidak ada air mengalir!

  1. Curug Cibiru

Berada di tengah hutan, tak salah jika banyak burung-burung dan pepohonan yang rindang menyejukkan pikiran. Dari area parkir, ada sekitar 15 menit suara gmercik air memanggil-manggil untuk segera diapeli. Perpaduan air, suara burung, angin yang masuk di celah pohonnya, semuanya menjadi asyik dan timbul aroma baru dan harmonisasi yang damai.

  1. Curug Siluwok

Air terjun yang mengalir meluncur ke bawah ini menyebabkan adanya kedung yang asyik untuk berenang. Adalah tingginya sekitar dada orang dewasa. Air terjun ini memiliki karakter yang unik dariapda air terjun lainnya. Warna air terjun yang jatuh ini berwarna biru jernih saat cuacanya cerah. Akan tetapi saat hujan deras, air yang menerjunkan diri ini berubah warna menjadi kecoklatan.

  1. Curug Sigembor

Air terjun Sigembor atau curug Sigembor berada di balik rerimbunan pepohonan pegunungan Menoreh. Keberadaan curug Sigembor ini berada di tepi jalan raya penghubung antara Goa Kiskendo dan juga Waduk Sermo. Atau lebih tepat lagi berada di pertigaan menuju ke Taman Sungai Mudal setelah Goa Kiskendo. Bagi pengunjung dari luar Jogja bisa jadi kesulitan menemukan lokasi karena papan petunjuk kawasan ini sangat kecil dan bisa kelewatan karena pohon yang rimbun.

  1. Curug Setawing

Sebuah curug atau air terjun dari kabupaten Kulon Progo ini memiliki ketinggian sekitar 18-20 meter. Derasnya air yang jatuh juga melebar. Untuk memudahkan wisatawan menjejaki air terjun cantik di Kulon Progo ini, pihak pengelola telah membangun tangga. Adapula tempat duduk serta gazebo yang semakin mendukung untuk menikmati indahnya wisata alam di air terjun ini.

Demikian 31 Wisata Air Terjun di Jogja Magelang Instagramabel. Jika Anda memiliki referensi lain bisa tambahkan di kolom komentar 🙂

Bagi sobat yang hendak menikmati liburan namun masih kebingungan dalam menyusun rencana liburan mau kemana boleh loh menggunakan jasa paket wisata jogja bersama tugu wisata. Ada berbagai macam pilihan paket wisata jogja yang wajib untuk anda kunjugi jika berlibur ke jogja. Liburan tenang dan menyenangkan hanya bersama tugu wisata.

Tempat Wisata Paling Hits di Dekat Malioboro

30 Tempat Wisata Paling Hits di Dekat Malioboro Jogja Tugu Wisata – Salah satu keunikan Jogja adalah ada begitu banyak tempat yang memiliki daya tarik tinggi untuk dijadikan obyek wisata. Mulai dari nilai sejarahnya yang patriotik, unik, aneh dan yang pasti, seluruh tempat itu memiliki eksotisme untuk diabadikan dengan kamera. Hasilnya, kota ini bertaburan tempat wisata dengan pengunjung yang tak berhenti mengalir dari hari ke hari.

Keunikan lain Jogja adalah tempat wisatanya yang bertebaran di segala penjuru. Kota ini seperti dilahirkan sebagai kota sejuta pesona. Anda bahkan bisa menikmati puluhan tempat wisata dengan kisahnya masing-masing di sekitar Malioboro. Ya, bahkan di jantung kota, ada beragam tempat yang bisa Anda datangi dengan pesonanya masing-masing. Semuanya memiliki pesona sendiri. Mau tahu 30 Tempat Wisata Paling Hits di Dekat Malioboro, simak laporan ini ya.

Daftar 30 Tempat Wisata Paling Hits di Dekat Malioboro Jogja

  1. Tugu Jogja

Tempat Wisata Paling Hits di Dekat Malioboro yang pertama adalah Tugu Jogja. Siapa sih yang engga tahu tugu jogja ini? Tinggi awalnya 25 meter. Dibangun 1755 oleh Sri Sultan Hamengkubuwono 1, tugu ini lahir sebagai simbol persatuan rakyat Jogja melawan penjajahan Belanda. Disebut sebagai Golong Gilig karena bentuknya yang melingkar dan mengerucut pada pucuknya. Pucuk meruncing adalah simbol Ketuhanan, bahwa kehidupan manusia harus menuju sifat Tuhan.

Tempat Wisata Paling Hits di Dekat Malioboro ~ Tugu jogja

Instagram @cid_daeng_acid

Pada 10 Juni 1867 bangunan ini runtuh akibat gempa bumi yang mengguncang bumi Mataram waktu itu. Tahun 1889 Tugu direnovasi Belanda dan mengalami berbagai perubahan bentuk. Tapi yang jelas, ketinggian tugu yang tadinya 25 meter menjadi hanya 15 meter setelah itu. Tahukah Anda, Tugu juga salahsatu bangunan mistis dalam mitologi Jogja. Tugu adalah titik yang pas dengan pucuk Merapi jika dilihat dari Keraton Jogja. Keraton, Tugu dan Merapi adalah tiga titik mistis itu.

Kini bukan hanya menjadi tempat yang memiliki kekuatan mistis tetapi telah menjadi obyek wisata. Sore dan malam hari, tempat ini ramai dikunjungi wisatawan dari segala penjuru untuk berfoto atau menikmati suasana khas Jogja yang terpancar dari tempat ini. Tata lampu yang apik dan keramaian yang melingkari tugu bakal menjadi latar foto yang luar biasa. Uniknya, meski berada di tengah perempatan nan ramai tetapi Anda tetap bakal bisa berfoto ria atau selfi sepuasnya di sini. Anda bahkan bisa berjalan kaki dari Malioboro menuju Tugu sembari menikmati sore yang romantis kota ini.

  1. Stasiun Tugu

Berada dekat dengan Malioboro, biasanya stasiun besar inilah tempat penjelajahan Anda bakal dimulai. Arsitektur dasarnya khas stasiun jaman penjajahan tetapi sudah mengalami renovasi saking ramainya tempat ini. Maklum, ini adalah stasiun tempat pemberhentian paling besar di Jogja selain Stasiun Lempuyangan.

Stasiun Tugu

Instagram @hendset1981

Ada banyak hotel dan penginapan dekat Stasiun Tugu karena tempat ini memang berada di tengah kota yang memudahkan Anda menjangkau maanapun daerah Jogja. Malioboro hanya butuh 5 menit jalan kaki dari stasiun ini.

  1. Jalan Malioboro

Siapa tak kenal tempat ini. Inilah legenda hidup yang kian hari kian kuat pamornya. Malioboro adalah ruas jalan yang hidup 24 jam setiap hari. Pagi hingga malam menjadi pusat fashion paling lengkap, deretan toko fashion terkini ada di sepanjang jalan ini. Tak usah kawatir, Anda bisa menemukan harga paling murah hingga tertinggi di sini.

Tempat Wisata Paling Hits di Dekat Malioboro

Instagram @watonjogja

Sepanjang jalan Malioboro juga ratusan kios pernak-pernik suvenir khas Jogja bertebaran sepanjang emperan toko. Tetapi yang paling mengesankan adalah Anda bisa bisa dengan leluasa, nyaman dan gembira duduk-duduk di depan komplek pertokoan sepanjang jalan ini karena sudha tersedia ratusan kursi taman yang bersih dan cantik untuk diduduki.

Ada beragam atraksi seni di sepanjang jalan ini, mulai dari aksi pemusik jalanan memainkan aneka instrumen musikl, sangat atraktif. Juga ada banyak seni instalasi menghiasinya. Inilah ruas jalan selfi paling luar biasa di Yogyakarta. Anda bahkan harus mengantri selfi di beberapa spot di sini, misalnya di bawah plang Jl. Malioboro, saking banyaknya orang pingin berswafoto di sana.

  1. Titik Nol Kilometer

Tempat Wisata Paling Hits di Dekat Malioboro buat nongkrong kawula muda adalah Titik Nol KM Kota Jogja. Inilah surganya nongkrong di Jogja. Namanya Titik Nol Kilometer, berada di sebelah selatan Malioboro. Ini adalah sebuah perempatan besar dengan pelataran yang luas untuk para pejalan kaki dan pelancong yang ingin menikmati suasana khas Jogja. Ada ratusan tempat duduk di area ini, berada di tengah berbagai bangunan unik yang bakal membuat Instagram Anda menjadi penuh foto keren dari sana. Hebatnya, Anda bisa menikmati tongkrongan super keren dan nyaman ini 24 jam sekalipun.

  1. Benteng Vredeburg

Berada di dekat Titik Nol Kilometer, inilah peninggalan benteng Vredeburg, bangunan benteng peninggalan kolonial Belanda.Tembok besar, tebal dan tinggi menjadi penanda bangunan ini. Ada gerbang besar dengan tempat parkir yang cukup luas di depan benteng ini. Ada berbagai obyek menarik di dalamnya yakni museum yang menyimpan berbagai benda bersejarah Yogyakarta.  Anda bisa datang kapan saja karena tempat ini buka setiap hari.

Hebatnya, di halaman benteng ini, di sebelah area parkir terdapat pelataran dengan monumen dan panggung yang biasa dipakai para seniman Jogja memamerkan karya seninya di panggung. Ini adalah tempat banyak komunitas seni mengekspresikan kreativitas mereka bagi khalayak yang sedang melancong ke Jogja.

  1. Kraton Yogyakarta

Anda pasti tahu tempat ini. Bisa ditempuh dalam hitungan menit dari Malioboro inilah pusat budaya Yogyakarta. Apalagi kalau bukan Keraton Yogyakarta yang megah dan kondang itu. Beragam pengetahuan tentang sejarah Jogja bisa Anda petik dari tempat ini sekaligus melihat berbagai atraksi budaya seperti apa saja sih seragam para prajurit lengkap dengan kepangkatannya, berbagai jenis tarian yang masih hidup hingga kini dan tentusaja Pendopo Keraton tempat upacara-upacara penting digelar. Suasana masa lalu kental sekali di tempat ini dan Anda pasti bakal merasa seperti dibawa masuk ke masa yang telah lalu. Eksotik banget dan merupakan Tempat Wisata Paling Hits di Dekat Malioboro yang sangat mudah untuk dituju dari berbagai penjuru.

  1. Taman Sari

Berada dalam Kompleks Keraton Yogyakarta, Tamansari adalah sebuah taman berisi kolam air yang indah dan khas masa lalu. Ini adalah tempat raja menikmati saat-saat indah dengan para selirnya disela memimpin kerajaan. Kolam pemandian ini digunakan para istri dan keluarga inti keraton menikmati sendau-gurau bercipratan air.

Para istri raja juga melakukan beragam ritual untuk menjaga kecantikan di sini. Anda bisa melihat ruangan khusus tempat para istri menggunakan ramuan-ramuan tradisional demi merawat kulit tubuh mereka agar selalu bersinar dan wangi di tempat ini. Berfoto jelas harus Anda lakukan di Tamansari karena tempat ini bakal sangat indah dibalik lensa kamera Anda.

  1. Alun-alun Kidul

Sore dan malam hari adalah waktu terbaik di Alun alun Selatan Yogyakarta. Tempat ini menjadi salahsatu menu wajib wisatawan yang datang ke Jogja. Dikelilingi bangunan kuno keraton Jogja dan tembok keliling nan perkasa, Anda harus menjajal ritual Masangin alias masuk di antara dua beringin. Sembari menutup mata dengan seutas kain Anda harus berjalan selurus-lurusnya memasuki ruang di antara dua pohon beringin di tengah Alun alun. Jika berhasil maka Anda adalah orang yang bakal mendapat banyak keberkahan dalam hidup. Jika tidak berhasil? Sebaiknya Anda mencoba dan mencoba lagi.

Setelah berhasil pada ritual Masangin, Anda bisa keliling Alun alun dengan sepeda hias yang berjalan dengan digowes. Aneka warna cahaya dari lampu becak ini membuat Alun alun Selatan menjadi begitu meriah malam hari. Tak usah kawatir, sekliling Alun alun ini berjajaran bakul makanan dan minuman khas Yogyakarta.

  1. Alun-alun Utara

Alun alun utara yang berada di depan Keraton Yogyakarta lebih diperuntukkan bagi ritual keraton atau acara-acara yang lebih lebih besar dibanding Alun alun selatan. Berbagai festival biasa digelar di sini dan pameran-pameran unik juga dihelat di tempat ini. Jangan kawatir, jadwal acara di Alun alun utara sangat padat sehingga hampir setiap akhir pekan akan selalu ada acara heboh di tanah lapang tengah kota Jogja ini.

Lihat juga: Wisata air terjun jogja

Tetapi meski tak ada acara di Alun alun-pun tempat ini selalu ramai dikunjungi orang. Jajaran tempat makan dan asyiknya duduk-duduk di sekliling Alun alun di kelilingi lalu-lalang orang lewat adalah suasana yang sulit ditemui di tempat manapun.

  1. Pasar Beringharjo

Pingin mendapatkan berbagai pernik khas Jogja dengan harga miring mulai batik aneka corak dengan aneka gaya fashion lainya, inilah tempatnya, Beringharjo. Berbeda dengan pasar di tempat lain, Beringharjo adalah juga pusat fashion di Jogja. Di pasar ini Anda bisa mendapatkan berbagai produk fashion kekinian dengan harga yang sangat ramah dibanding toko fashion di tempat lain.

Asyiknya, Beringharjo adalah juga pusat kuliner khas Jogja. Anda bisa mendapatkan beragam cita rasa makanan buatan tangan-tangan para ibu asli Jogja dengan cita-rasa yang khas yakni manis. Tak perlu pusing mencari tempat ini selain besar dan luas, Beringharjo juga terletak di bagian selatan Malioboro, Anda bisa berpuas belanja setelah mengujungi Keraton Jogja.

  1. Pusat Oleh-oleh

Pelataran jalur Maliboro hingga depan pasar Beringharjo adalah pusat kuliner di Jogja. Aneka jenis makanan ada di sepanjang titik ini mulai dari bakpia hingga nasi pecel. Unikya, Anda hanya perlu duduk saja sembari menikmati lalu-lalang pelancong yang juga sedang menikmati indahnya Malioboro di tempat ini. Soalnya, bakul-bakul makanan ini hanya menggunakan tenda saja dalam berjualan.

Anda juga bis amendatangi ratusan kios oleh-oleh di sekitar tempat ini dengan berjalan kaki. Sebagian besar oleh oleh khas Jogja hanya mematok harga yang murah saja sehingga Anda tak akan menguras isi dompet Anda.

  1. Mal Malioboro

Siapa bilang Jogja hanya punya suguhan berbau tradisional saja. Mal Malioboro adalah pusat fashion dan produk modern. Anda dengan segera bakal mendapatkan tempat ini dengan berjalan kaki saja. Didalamnya Anda bisa dapatkan berbagai itme fashion mulai baju hingga sepatu, mulai kue hingga kopi, mulai makanan asing hingga kopi Sumatera.

Lihat juga: Wisata keluarga jogja

Uniknya, meskipun berbentuk mal, tapi harga beragam barang di tempat ini tidaklah semengerikan yang Anda bayangkan. Anda masih tetap bisa mendapatkan kaus obolong harga di bawah Rp. 50 ribu di mal ini.

  1. Taman Pintar

Berjarak sekitar 200 meter dari Pasar Beringharjo dan 300 meter dari Titik Nol adalah Taman Pintar. Wahana wisata edukatif ini tak pernah sepi dari kunjungan. Umumnya para pelajar dan keluarga yang memiliki Balita. Soalnya, sebagian besar wahana hiburan tempat ini memang dirancang sebagai instrumen pendidikan anak.

Tapi jangan salah, ini adalah juga pusatnya buku di Jogja. Ya, jika Anda pingin memenuhi rak perpustakaan pribadi Anda, inilah tempat mendapatkan aneka buku dengan harga murah. Inilah pusat peradabannya para mahasiswa dan pelajar Jogja untuk mendapatkan buku-buku mereka.

  1. Museum Kereta

Dengan tiket Rp. 5000 saja Anda bakal bisa menikmati sejarah kereta di Museum Kereta di sini. Tapi bukan kereta api melainkan kereta kencana yang digunakan keluarga Keraton Yogyakarta untuk beragam upacara mereka. Masuk dalam komplek Keraton kereta-kereta ini memiliki sejarah yang panjang karena sebagian dibuat dan didatangkan dari negeri Belanda. Sst, setiap tahun kereta-kereta ini dimandikan loh dan dipercaya memiliki kekuatan mistis di dalamnya.

  1. Kampung Bule Sosrowijayan

Kampung bule? Ya, di Jogja ini Anda bisa bertemu banyak bule di Kampung Sosrowijayan namanya. Bule banyak ada di sini karena tempat ini memiliki banyak hotel dengan harga ramah bagi orang-orang luar negeri itu. Bergitu banyaknya bule yang menginap di tempat ini sehingga Sosrowijayan dinobatkan sebagai Kampung Bule.

  1. Sindu Kusuma Edupark

Tak jauh dari kawasan Malioboro Anda bisa mendapatkan Sindu Kusuma Edupark (SKE). Bercirikan bianglala besar dan tinggi tempat ini segera menyedot wisatawan sejak dibuka 2014 lalu. Ada beragam permainan di tempat ini dan juga mirip museum, Anda bisa melihat dan mendapatkan kisah beragam alat permainan anak dari jaman dahulu kala hingga di jaman modern.

  1. Kampung Cyber

Ini kampung yang Anda bisa mendapatkan akses internet secara mudah, murah dan meriah. Disebut sebagai Cyber Yogyakarta atau Cyber Village RT 36 karena berada di RT itu. Tak sulit untuk menemukannya karena berada dekat dengan Malioboro.

Unik sekali tempat ini karena Anda bakal menemukan banyak komputer di tempat-tempat umum seperti Poskamling dan Anda bisa dengan bebas mengoperasikannya untuk menghubungi teman atau mengirimkan pesan khusus pada orang-orang tercinta. Di tempat ini juga ada beberapa ruas tembok dengan mural-mural cantik yang keren banget untuk berfoto. Alhasil, banyak wisatawan ke sini karena uniknya si Cyber Village ini.

  1. Kebun Binatang Gembira Loka

Salahsatu tempat wisata terbesar di Yogyakarta. Memiliki luas 20 Hektar dengan koleksi satwa lebih dari 100 jenis dan 61 jenis flora di dalamnya, Gembira Loka adalah kebun binatang yang tidak pernah sepi. Beragam atraksi ada di tempat ini mulai dari danau tempat Anda bisa berperahu bahkan perahu boat yang ngebut hingga pusat burung.

Anda juga bakal melihat beberapa jenis satwa yang tak ada di Indonesia hidup di tempat ini seperti Penguin dan berbagai jenis burung berukuran besar. Hebatnya, Anda bisa berfoto dengan hewan-hewan eksotik itu. Kalau tertarik atraksi dengan hewan besar, Anda bisa naik gajah dan keliling area di sana.

  1. Pusat Kerajinan Perak

Namanya Kotagede, sebuah komplek pemukiman padat dengan bangunan-bangunan tua khas Jogja. Ruas jalan yang membelah perkampungan ini sangat mirip dengan perkampungan di Eropa, jalan-jalan kecil dan lingkungan yang bersih dengan warna putih mendominasi warna. Inilah kampung yang selama bertahun-tahun warganya hidup sebagai pengrajin perak.

Tak pelak, Kotagede adalah pusat kerajinan Perak di Yogyakarta. Anda bisa mendapatkan segala jenis aksesori berbahan perak mulai dari kalung, gelang hingga berbagai hiasan rumah yang cantik berkilauan. Berjalan-jalan di kampung ini Anda bisa melihat langsung bagaimana tangan-tangan seniman itu memoles perak menjadi aneka perhiasan cantik memesona.

  1. Masjid Gede Kauman

Berusia khas arsitektur lama, masjid ini berusia 200 tahun lebih. Bangunan dasarnya masih asli dengan lantai yang jauh lebih tinggi dibanding tanah sekitarnya. Inilah masjid paling legendaris di Jogja. Letaknya di sebelah barat Alun alun utara, dekat keraton, Malioboro dan sebagainya membuat masjid gede kauman tak pernah sepi.

Inilah pula masjid yang menjadi simbil gerakan Islam di Jogja tempo doeloe. Memiliki tempat berwudlu yang unik yakni Anda akan menyeberang sebuah kolam kecil sehingga dengan sendirinya kaki Anda bakal bersih sebelum memasuki tempat suci ini. Itu adalah cara yang digunakan di masa lalu agar warga masyarakat yang kala itu sebagian besar tidak memiliki alas kaki bisa memasuh kakinya dengan mudah.

  1. Kandang Menjangan

Adalah bangunan kuno berupa bangunan kotak beberapa lantai. Terletak di sebelah selatan Alun alun selatan, bangunan ini dijadikan tempat prajurit keraton menjadi semacam pos keamanan kala itu. Malam hari tempat ini menjadi tempat berfoto yang eksotik karena lampu-lampu yang menyorotinya. Ada banyak kisah mistis menyelimuti tempat-tempat ini tetapi yang pasti bangunan ini sanga terawat dan indah hingga kini.

  1. Monumen Jogja Kembali

Dibangun sebagai tempat Anda bisa mendapatkan kisah perjuangan warga Jogja mempertahankan tanah adat mereka dari serangan penjajah. Momumen berbentuk kerucut ini memiliki diorama dengan kisah heroik masa perjuangan melawan penjajah dulu. Tak hanya itu, malam hari tempat ini menjadi magnit wisata karena memiliki Taman Pelangi, yakni ratusan lampion yang berpendaran indah. Anda bakal merasa sedang berada di tengah taman lampion warna-warni.

  1. Museum De Mata Trick Eye

Berada di XT Square di tengah kota Yogyakarta, ini adalah museum dengan koleksi patung tokoh-tokoh terkanal. Yang hebat museum ini memiliki lukisan-lukisan tiga dimensi yang membuat gambar-gambar itu seperti hidup. Anda bakal bisa menciptakan gambar foto selfi nan keren di tempat ini.

Ada 200 an foto tiga dimensi yang bisa Anda jadikan obyek foto di tempat ini dengan sebuah foto kecil di dekatnya agar Anda paham bagaimana sebaiknya mengambil gambar. Maklum, gambar tiga dimensi memang mensyaratkan sudut tertentu untuk memandangnya sehingga tercipta gambar yang unik seakan nyata.

  1. Jogja Bay

Terletak di dekat Stadion Maguwoharjo, Depok, Sleman, ini adalah pusat hiburan air terbesar di Jogja. Beragam atraksi air ada di tempat ini. Ini adalah tempat wisata keluarga yang saat ini lagi sangat hits di Jogja. Anda bisa memuaskan diri menikmati beragam arena permainan air yang akan membuat liburan Anda sangat berkesan.

  1. Candi Prambanan

Komplek candi Hindu terbesar di Indonesia. Berupa komplek candi dengan arsitektur tinggi menjulang. Ketenarannya sudah terdengar seantero dunia danmenjadi salahsatu tujuan wisata paling atas di Yogyakarta. Anda bisa mendapatkan beragampengalaman luar biasa dengan datang ke tempat ini karena Prambanan adalah tempat ibadah yang indah dengan berbagai nilai keagamaan yang luhur dan tercermin pada setiap sudut bangunannya.

  1. Candi Boko

Terletak di sebelah selatan Candi Prambanan, ini adalah komplek reruntuhan keraton Boko yang masih bisa menceritakan kehidupan keluarga raja diraja masa lalu. Berbagai situs peninggal;an bangunan keraton bisa Anda lihat di sini termasuk kolam pemandian yang tidak pernah kering selama bertahun-tahun. Padahal komplek ini terletak di atas dataran perbukitan. Candi Boko adalah juga tempat yang indah untuk mendapatkan foto sunset. Tempat ini bakal memberi Anda banyak spot yang keren untuk menghiasi Instagram Anda.

  1. Tebing Breksi

Beraga di dekat Candi Boko, berupa tebing batu yang dipahat dengan beragam ornamen bercita-rasa seni tinggi. Meski belum lama lahir tetapi telah menjadi taman wisata yang tak pernah sepi pengujung. Tebing Breksi juga memiliki panorama mengagumkan untuk menciptakan selfi bagi semua orang yang berkunjung ke sana.

  1. Candi Ijo

Inilah candi tertinggi di Jogja. Berasa di puncak bukit dengan dengan halaman rumput hijau yang indah. Terletak tak jaug dari pusat kota, tempat ini cocok didatangi wisatawan keluarga yang ingin anak-anaknya berlarian di atas lapangan rumput yang luas dan aman. Candi Ijo juga memiliki spot luar biasa untuk berfoto dan termasuk tempat yang murah untk berwisata karena harga tiket masuknya hanya beberapa ribu rupiah saja.

  1. Bukit Bintang

Menikmati Jogja dari ketinggian bisa dilakukan di sini. Anda akan melihat lautan cahaya kota Yogyakarta dari sini. Hebatnya, ada berbagai pilihan kuliner yang bisa Anda nikmati sembari melihat gemerlap cahay akota Jogja malam hari. Meski berada di ketinggian tetapi jarak dari pusat kota tidaklah terlalu jauh ke tempat ini.

  1. Museum Affandi

Berada di pinggir jalan Solo tengah kota. Ini adalah tempat puluhan lukisan Affandi, seniman kondang asli Jogja, menggoreskan kusnya menjadi lukisan-lukisan indah. Affandi adalah salahsatu pelukis Indonesia yang karyanya bernilai ratusan juta. Inilah museum yang akan memberi Anda pengetahuan mendalam mengenai seni rupa Indonesia modern.

Inilah 30 Tempat Wisata Paling Hits di Dekat Malioboro. Tertarik datang ke wisata tersebut? Tak usah khawatir, Tugu Wisata adalah perusahaan Tour and  Travel yang siap mengantar Anda mendatanginya. Kamu bisa mengajak rombongan orang-orang tercinta untuk menikmati tempat-tempat indah ini.

Bersama Tugu Wisata kamu dapat merancang paket wisata-mu sendiri, membuat daftar tempat yang pingin kamu kunjungi dan Tugu Wisata bakal mewujudkannya buatmu dengan harga yang dijamin jauh lebih murah dibanding tempat lain di Jogja ini. Jadi, tunggu apalagi yuk langsung saja booking paket wisata jogja bersama Tugu Wisata. Tersedia berbagai macam paket wisata, seperti paket wisata jogja 1 hari, 2 hari, 3 hari, 4 hari, 5 hari dan honeymoon bersama dengan orang tercinta. Yuk langsung saja kepoin customers service kami segera.

 

Tempat Wisata Gunungkidul yang Wajib Disambangi

30 Tempat Wisata Gunungkidul yang Wajib Disambangi ~ Untuk Anda yang butuh refreshing dan mencari spot seru di Gunungkidul, berikut daftar wisata yang bisa Anda sambangi. Ada 30 tempat wisata Gunungkidul ini mana yang sudah Anda kunjungi?

  1. Tempat Wisata Gunungkidul GUNUNGKIDUL

Susur goa dan susur sungai bisa jadi pilihan Anda untuk wisata Jogja Gunungkidul. Anda bisa menikmati aliran sungai dari cave tubing Kalisuci Gunungkidul dan melihat stalaktit dan salakmit yang ada di goa cantik ini.

tempat wisata gunungkidul ~ Kali Suci

Instagram @kalisucicavetubing

  1. GOA PINDUL

Satu goa yang populer untuk aktivitas susur goa dan susur sungai dalam goa. Goa Pindul menjadi pilihan wisata asyik dan unik untuk jelajah bersama dengan rekan.

Goal pindul ~ Tempat Wisata Gunungkidul

Instagram @goa.pindul

  1. AIR TERJUN SRI GETHUK

Air Terjun Sri Gethuk adalah air terjun favorit wisatawan di Gunungkidul. Air Terjun ini berhasil memikat hati para pengujung karena keeksotisannya. Juga si sungai Oyo yang bisa dijadikan spot susur sungai dari air terjun ini. Asyik bukan?

Air Terjun Sri Gethuk ~ Tempat Wisata Gunungkidul

Instagram @srigethuk_

  1. GOA JOMBLANG

Goa Jomblang telah menjadi goa unik karena goa ini, pengunjung bisa menikamti aura cahaya masuk dari lubang goa di atasnya.

tempat wisata gunungkidul ~ Goa Jomblang

Instagram @jalanjalandijawa

  1. EMBUNG NGLANGGERAN

Embung yang berada di puncak, Embung Nglanggeran ini menjadi embung unik. Sesaat setelah Anda menikmati hari di Gunung Api Purba, Anda bisa melanjutkan ke Embung Nglanggeran.

  1. WATU PAYUNG

Kabut awan indah di pagi hari, Anda juga bisa menikmati kabut awan indah yang menjelang sore disuguhi sunset sempurna. Di Tempat Wisata Gunungkidul ini pengunjung bisa menjadikan lokasi Watu Payung untuk lokasi makrab.

  1. BUKIT SARANGAN

Bukit Sarangan adalah gugusan bukit yang berada di kawasan pantai Krakal. Bukit ini cukup besar dan tinggi. Disebut sebagai bukit Sarangan kemungkinan karena di dekat pantai ini ada goa yang menghadap ke laut yang digunakan untuk bersarangnya

  1. PANTAI NGLAMBOR

Buat Anda yang menyukai snorkeling, pantai Nglambor bisa menjadi pilihan snorkeling seru! Di pantai ini Anda bak melihat aquarium besar dengan ikan-ikan lucu. Seru aja apa seru banget?

  1. PANTAI INDRAYANTI

Pantai Indrayanti telah menjadi pantai dengan kunjungan paling membludak setiap harinya. Pasalnya, selain aksesnya yang terbilang mudah, pantai Indrayanti juga menjadi pantai dengan keunggulan bibir pantai lebar juga dengan terdapat batu karang yang semakin mempercantik kawasan. Pantai Indrayanti juga disebut sebagai pantai Pulang Syawal. Jadi kalau Anda sebut pantai ini sebagai pantai Pulang Syawal sah sah saja kan?

Lihat juga: Tempat wisata paling hits di jogja

  1. PANTAI SEPANJANG

Dengan bibir pantai yang cukup panjang dan landai, pantai Sepanjang telah menjadi kawasan pantai replika pantai Kuta yang ada di Bali. Pantai ini termasuk pada pantai yang terkelola dengan baik. Sudah ada warung makan yang bisa Anda kunjungi. Selain itu, gazebo-gazebonya bisa dijadikan tempat berteduh dari terik mentari dan bersantai menikmati semilir angin.

  1. PANTAII WEDIOMBO

Pantai Wediomobo termasuk pada pantai yang telah terkelola dengan baik. Sesuai dengan namanya, Pantai Wediombo berarti pasir yang luas. Memang, pantai ini memiliki bibir pantai luas. Lebih serunya lagi, pantai di Gunungkidul ini mempunyai view seru untuk menikmati sunset.

  1. PANTAI DRINI

Sama dengan pantai lain dengan khas pasir putihnya, Pantai Drini ini juga cukup eksotis untuk dinikmati bersama bebatuan karang. Selain itu, pantai Drini juga mempunyai karakter unik yaknni terdapat pulau karang di tengah laut. Cukup seru untuk sekedar menyapa matahari dan menyibakkan kain di bibir pantai. Sementara itu, pantai yang sudah cukup terkelola ini sudah amat mudah untuk dikunjungi bersama keluarga. Akses mudah, fasilitas sudah memadai.

  1. PANTAI NGOBARAN

Kalau Anda pernah menemukan ada pantai dengan ciri patung-patung seperti di Bali, tapi lokasinya ada di Jogja, inilah pantai Ngobaran gaes. Pantai ini unik, dengan ciri tidak pada pasir putihnya melainkan adanya spot foto seru bersama patung-patung dan pura seperti di Bali. Dan di pantai ini pengunjung juga akan mendapati masjid yang langsung menghadap langsung ke pantai. Unik?

  1. PANTAI JOGAN

Tahu nggak sih kalau di Gunungkidul ada pantai unik layaknya McWay Beach California? Namanya pantai Jogan. Pantai Jogan memiliki karakter pantai unik karena ada air terjun yang langsung menumpahkan diri ke pantai! Meski tidak ada pasir putihnya, bertemunya air tawar dan air asin ini menjadi pemandangan eksotis. Apalagi saat musim hujan.

Lihat juga: Wisata air terjun indah di jogja

  1. PANTAI BARON

Pantai Baron ini mungkin dapat dibilang kakek dari semua pantai yang ada di Gunungkidul. Pasir dari pantai Baron tidak begitu putih seperti pantai lainnya. Pantai Baron termasuk pantai yang telah terkelola dengan baik. Dari pintu masuk, pengunjung sudah disambut oleh banyaknya toko-toko yang berjejer. Seperti toko oleh-oleh, toko pernak-pernik, dan lain sebagainya. Ke pantia Baron, pengunjung boleh berenang! Yeay, dan bukan berenang di lautan melainkan berenang di aliran mata air yang mengalir.

  1. PANTAI SADRANAN

Pantai Sadranan ini juga menjadi pantai dengan karakter pantai pasir putih, ombak laut selatan yang menggulung, juga ada pulau karang yang semakin mempercantik kawasan. Di pantai Sadranan Anda bisa menikmati seafood langsung dari para nelayan yang berlayar!

  1. PANTAI KRAKAL

Masih di dekat pantai hits Gununkidul, pantai Krakal telah menjadi pasir putih dan telah terkelola dengan baik. Pantai Krakal ini merupakan pantai dengan

  1. PANTAI TIMANG

Pantai Timang berbeda dengan pantai lainnya. Keunggulan yang di dapat di pantai Timang ini adalah adanya Gondola yang bisa membawamu terbang dari tebing menuju ke pulau karang yang ada di seberangnya. Jangan lupa saat meluncur, Anda harus berfoto!

  1. PANTAI KUKUP

Pantai Kukup telah menjadi pantai unik yang mana Anda bisa menikmati pasir putih dan ombak lautan. Istimewanya, pulau karang yang ada di tengah lautan bisa Anda singgahi hanya dengan melewati jembatan biru sebagai ikon dari pantai Kukup. Asyik?

  1. PANTAI SUNDAK

Berada di sebelah pantai Ngandong, pantai Sundak memiliki sejarah tersendiri. Pantai Sundak berasal dari nama Asu dan Landak. Pantai Sundak mempunyai bibir pantai yang lebar. Pantai ini juga seru untuk mencium mentari, didampingi oleh karang gagah di kanan kirinya.

  1. PANTAI POK TUNGGAL

Tetangga pantai Indrayanti telah menjadi lokasi yang cukup menarik untuk untuk liburan. karakter pantai ini selain pasir putihnya adalah adanya pohon duras seorang diri di kawasan pantai. Pantai yang cukup bersih dan nyaman untuk dijadikan lokasi berlibur.

  1. PANTAI JUNGWOK

Pantai Jungwok adalah pantai tetangga dari pantai Wediombo. Pantai ini masih sepi. Akses menuju ke pantai Jungwok masih minim. Tapi sesampainya di lokasi, Anda akan menikmati indahnya pantai dan pasir putih yang landai. Pantai Jungwok ini asyik digunakan untuk camping. Paginya Anda akan disambut oleh mentari pagi dari ufuk timur. Membias biru laut, menyinggahi setiap detailnya kulit.

  1. PANTAI SEDAHAN

Uniknya pantai Sedahan, pantai ini mempunyai ciri pantai unik, yakni selain adanya pasir putih pantai ini telah dikenal berkat media sosial karena karang besar di depan lautan sana. Seolah dilindungi oleh dua karang, pantai yang menjadi teluk ini asyik untuk berenang. Jangan menjorok ke laut yah! Jalur yang harus ditempuh masih cukup sulit, namun Anda bisa merasa puas usai Anda singgah di pantai ini. lelahmu terbayarkan!

  1. PANTAI NEMPU

Persis di sebelah pantai Wediombo. Pantai Nempu memiliki pasir putih eksotis yang menarik untuk dikunjungi. Asyiknya di pantai Nempu ini Anda bisa bermain air sembari berteduh dan menikmati hidangan dari warung tenda di belakang pantai. Ada es kelapa muda segar yang bisa Anda nikmati bebarengan dengan menikamti semilirnya angina pantai Nempu.

  1. BUKIT KOSAKORA

Bukit Kosakara bisa menjadi pilihan Anda yang ingin jelajah Gunungkidul dengan menikmati alamt dari atas perbukitan.

  1. GREEN VILLAGE

Green Village Gedangsari, merupakan puncak tertinggi Gunungkidul. Yang mana di Green Village ini pengunjung bisa menikmati rasanya flying fox terpanjang di Asia Tenggara.

  1. AIR TERJUN GEDAD

Dekat dengan kawasan Air Terjun Sri Gethuk, Air Terjun Gedad ini tidak kalah cantik. Namun tidak setinggi air terjun Sri Gethuk.

  1. AIR TERJUN LUWENG SAMPANG

Air Terjun Luweng Sampang telah menjadi air terjun seru untuk menceburkan diri di sela canyon yang mengapit aliran.

  1. AIR TERJUN TALANG PURBA

Air terjun yang berada dekat dnegan air terjun Kedung Kandang ini menarik para wisatawan. Lokasi air terjun Talang Purba ini berada di kawasan Gunung Butak, Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta

  1. AIR TERJUN GEDHE

Curug Gedhe Gunungkidul merupakan satu dari banyaknya curug atau air terjun yang menjadi daya tarik wisatawan di Gunungkidul. Apalagi air terjun ini berada di kawasan perbukitan Patuk, Gunungkidul. Sudah pernah berkunjung ke lokasi ini?

Untuk Anda yang memiliki jiwa petualang, kunjungan ke wisata yang masih belum banyak terakses menjadi keseruan tersendiri. Namun ada baiknya untuk Anda yang merasa hal tersebut membuat repot bisa dengan mudah kunjungi wisata-wisata yang aksesnya sudah baik.

1 2 3 6
× 08112635846