tompak view tugu wisata

Harus Mampir Kesini Kalau Ke Kulon Progo: Tompak View!

www.tuguwisata.com – Berlibur ke Yogyakarta lagi dan sedang melakukan pencarian spot yang menarik di Yogyakarta dan sekitarnya? boleh banget kalau kamu yang sedang tidak butuh vitamin sea langsung ke puncak-puncak yang dingin agar bisa syahdu-syahdu gitu. Menikmati sejuknya di pegunungan Mneoreh yang membetang hingga Kulon Progo banyak sekali kawasan menarik yang perlu banget kamu kunjungi lho. ini nih satu lagi kawasan wisata yang berada di Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta yaitu Tompak View. Lokasi obyek siata ini berada di tepian jalan Goa Kiskendo, Desa Giripuro, Kecamatan Girimulyo, Kulon Progo, DI Yogyakarta.

Ramainya wisata alam yang hits dan kekinian ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan khususnya anak muda. Memandang sekujur pemandangan yang berada di kawasan pegunungan Menoreh. Obyek wisata Tompak View ini menjadi kawasan yang berbeda karena lokasinya yang di pinggir jalan. Meski demikian, kawasan ini juga ramai dibuat spot foto selfie dan lainnya.

tompak view tugu wisata

Instagram: @norlelynurulrifki

Lokasi Tompak View Ini Acapkali Dijadikan Lokasi Hunting Sunrise!

Mengunjungi lokasi Tompak View ini disarankan berkunjung di pagi hari gaes. Karena akan ada banyak kabut yang menyelimuti kawasan seperti di Bantul itu ada di Kebun Buah Mangunan, Bantul. Di lokasi ini ada gazebo yang bisa digunakan untuk berduduk santai menikmati pemandangan. Selain itu kamu juga bisa menikmati keindahan bunga yang tersebar di sebagai pemandangan cantik yang memanjakkan mata.

Banyak yang mengatakan kawasan ini serupa dengan The Lodge Maribaya meski tidak begitu tinggi lokasinya. Tiket masuk Tompak View ini tidak ada gaes. Yang ada hanyalah adnaya kotak amal untuk kamu infaq alias menyisihkan uangmu setelah menikmati keindahan yang ada di Tompak View ini.

tompak view tugu wisata

Instagram: @cindyyokta

Fasilitas dan Akses

Fasilitas yang ada di Tompak View ini termasuk sudah cukup lengkap. Seperti adanya area parkir, mushola, kamar mandi dan toilet, rest area, dan juga warung makan.

Bagi kamu yang belum pernah ke arah Goa Kiskendo ini kamu bisa saja langsung mendatangi lokasi pakai google maps yang ada di ponsel pintar kamu ya. Tompak View ini cukup mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi. Selain itu dengan menggunakan kendaraan prbadi kamu juga bisa sekalian berkunjung ke wisata lain yang ada di sekitarnya seperti Goa Kiskendo itu.

Jika berkunjung ke lokasi akan lebih baik kalau kalian turut membawa kamera canggih ya gaes, karena sayang banget kalau ke lokasi kalian tidak foto lho.

Berada di ketinggian berselimut dingin pegunungan apalagi kalau pagi ada kabut-kabut tebal putih gitu pastilah serasa berada di khayangan. Kalau mau berkuunjung ke lokasi bisa juga kamu membawa semacam Hammock itu sih ayunan itu yang lucu banget buat diajakk foto dan menikmati semilir hehehe. Ajak juga psangan atau teman biar ada yang motion hahaha. Kalau kamu sendirian mending jangan deh soalnya lokasinya berada di tepi jurang juga jadi takut-takut kalau kamu malah berubah pikiran karena skripsi ngga selesai-selesai atau juga karena habis putus cinta. Duh duh nggak perlu deh ya… wisata asyik tanpa panic pokoknya! Happy Travelling.

tompak view tugu wisata

Instagram: @avysimin

Anda tertarik tour di Jogja dan sekitarnya namun tidak ingin ribet? Kami menyediakan paket wisata Jogja / paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja / sewa mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Selamat berlibur. 🙂

suaka margasatwa sermo tugu wisata

Suaka Margasatwa Sermo Ini Lokasi Belajar Flora Fauna Langsung Dari Sumbernya

www.tuguwisata.com – Belajar teori tanpa praktek mungkin menjadi angan belaka. Dengan melihat buku atau internet mungin sudah cukup tahu, sekedar tahu, namun itu saja kurang lho ya. Mungkin belajar langsung dengan alam bisa menjadi suatu pembelajaran alternative dengan adanya interaksi langsung bersama segala habitat yang ada disekelilingnya. Di Yogyakarta mungkin sudah kenal dengan adanya Gembira Loka Zoo, dan adalagi nih di Kulon Progo namanya Suaka Margasatwa Sermo.

suaka margasatwa sermo tugu wisata

Instagram: @waf_fiq

Suaka Margasatwa Sermo merupakan suatu kawasan tempat tinggal para satwa yang cukup dijadikan lokasi pembelajaran langsung.

Terletak di sekitar 26 km dari Yogayakarta. Secara administrative lokasi Suaka Margasatwa Sermo ini berada di tiga desa yakni Desa Hargowilis dan Desa Hargorejo. Lokasinya berada di kecamatan Kokap. Serta di desa Karangasri yang masuk ke dalam wilayah kecamatan Pengasih, Kulon Progo, Yogyakarta.

Luas area Suaka Margasatwa Sermo ini adalah 181 ha, yang maa terletak pada ketinggian beragam seperti 70 meter di atas permukaan laut sampai pada ketinggian 100 meter di atas permukaan laut.

Suaka Margasatwa ini ruapnya menjadi penopang sumber air di waduk sermo. Mulanya Suaka Margasatwa iniadalah hutan yang fungsinya sebagai hutan produksi yang telah dikelola Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. juga sebagai pelaksana ada di bawah Dinas Kehutanan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Selanjutnya hutan ini memang difungsikan sebagai hutan lindung hingga sekarang.

suaka margasatwa sermo tugu wisata

Instagram: @handono_dr

Ekosistem di kawasan hutan ini adalah ekosistem di pegunungan rendah yang mana tanamannya merupakan hasil reboisasi oleh pemerintah.

Aneka ragam hayati flora yang bersifat homogeny, sementara itu satwa lain berada di kawasan plat sunda. Udara yang lembab khas pegunungan akan menyapa seketika pengunjung memasuki area ini. beragam pepohonan yang ditanam di kawasan ini antara lain ada pinus, jati, akasia, kayu putih, dan lainnya yang mana terbagi dari petak-petak yang disesuaikn dengan jenis masing-masing pohon. Hal ini dibuat untuk pengunjung khususnya plajar atau mahasiswa bisa melakukan penelitian dengan mudah.

Keindahan di kawasan Suaka Margasatwa ini memang terlihat indah kala pagi dan sore. Yang mana sinar mentari menyinari dan memasuki area pepohonan. Bagi para pengamat dan peneliti atau juga fotografer pecinta satwa, kawsan ini sangat cocok digunakan untuk beraktivitas mengamati beragam margasatwa yang ada di kawasan ini.

Satwa yang dapat kamu temukan di kawasan ini antara lain yaitu bondol Jawa, Kapodang hitam, cucak Kutilang, Punai Gading, Tekukur, dan beragam jenis satwa lain yang bisa kamu amati langsung di alam. Menjadi suatu keasyikan tersendiri bisa mengamati keindahan suatu alam yang lengkap dengan penghuninya yang beragam dan cantik-cantik.

suaka margasatwa sermo tugu wisata

Instagram: @rikhasya

Di area sekitar kawasan Suaka Margasatwa ini pastilah adanya waduk yang ada camping groundnya.

Oleh karena itu kalau kamu ingin sekaligus nge-camp di area waduk Sermo boleh banget lho ya. Kawasan Suaka Margsatwa Waduk Sermo dan sekitarnya ini juga telah dilengkapi dengan adanya beragam fasilitas yang mendukung. Tiket masuk ke Suaka Margasatwa Waduk Sermo ini gratis lho gaes. Jadi kalau main ke kawasan Waduk Sermo ini jangan sungkan untuk bisa mampir ke kawasan Margasatwa.

Akses menuju ke lokasi terbilang cukup mudah. Dari kota Yogyakarta kalian bisa menuju ke Jalan Jogja-Wates, Sentolo-Pengasih-Kokap. Sekitar kawasan waduk Sermo ini juga terdapat beeberapa wisata lain yang mendukung. Antara lain adanya Kalibiru, Jangkang Hill, dan adapula Gumuk Sri Tinon Sermo. Happy Traveling ya gaes! Anda tertarik tour di Jogja dan sekitarnya namun tidak ingin ribet? Kami menyediakan paket wisata Jogja / paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja / sewa mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Selamat berlibur. 🙂

 

curug kalimiri tugu wisata

Tahukah Kamu Curug Kalimiri Ini Satu Kawasan Dengan Air Terjun Kembang Soka?

www.tuguwisata.com – Curug Kalimiri. Sebuah air terjun yang berada di Jogja lagi-lagi terus diganderungi masyarakat Jogja maupun pelancong khususnya anak muda yang gemar menjadi Ninja Hatori alias pendekar.

Di sekitar pegunungan Menoreh, banyak sekali air terjun atau curug yang berada di dalam hutan. Tidak semua air terjun dapat ditempuh dengan mudahnya. Masih banyak beberapa yang harus dilakukan dengan banyak perjuangan.

Adalah sebuah curug yang mengaliri tebing dan bongkahan bebatuan yang tidak begitu tinggi di Kulon Progo. Namanya adalah Curug Kalimiri. Curug Kalimiri adalah curug yang mempunyai daya tarik air terjun yang masih berada satu kawasan dengan Wisata Alam Air Terjun Kembang Soka.

curug kalimiri tugu wisata

Instagram: @air_terjun_kembangsoka

Lokasi Curug Kalimiri

Secara administrasi, kawasan ini berada di Dusun Gunung Kelir, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Air terjun ini seringkali dibilang Air Terjun Kembang Soka karena lokasinya yang amat berdekatan. Selain itu, juga tidak ada plang nama Air Terjun Kalimiri.

Selain kurang dikenal, curug ini cukup terbilang terabaikan dan kurang dikenal di wilayah kecamatan Girmulyo. Meski lebih dikenal Kembang Soka, Air Terjun Kalimiri ini lebih tinggi daripada Kembang Soka lho!

Letak air terjun Kalimiri ini berada dekat dengan pertemuan sungai yang mengalir di kedua air terjun itu. Posisi curug Kalimiri ini berada di sebalah kiri dari pertemuan dua sungai. Untuk menuju ke lokasi, pengunjung harus susur sungai di pertemuan dua sungai tersebut. Bebatuan yang ada di sungai cukup licin oleh karena itu perlu adanya kehati-hatian untuk berkunjung ke kawasan.

Debit air terjun di Curug Kalimiri ini terbilang cukup tinggi pada musim penghujan. Namun sedikit berkurang ketika memasuki musim kemarau. Adalah sumber mata air yang menjadi hulu dari air terjun Kalimiri ini meskipun sebenarnya tidak pernah kering sepanjang tahun.

curug kalimiri tugu wisata

Instagram: @anjueka_ss

Hanya saja aliran air dibendung warga dari atas pada saat musim kemarau sehingga alirannya tidak begitu deras.

Mereka membendungnya untuk kebutuhan air bersih bagi warga yang berada di bawah pegunungan. Tidak mengherankan memang apabila musim kemarau keindahannya mulai memudar karena tampak mongering akibat dibendung.

Jadi sangat disarankan bagi pengunjung yang ingin mengunjungi Curug Kalimiri ini saat musim penghujan. Kalau kamu mau kesini boleh banget gan, selagi masih bisa berkunjung di sela waktu bekerja, agan-agan bisa memanfaatkannya sebagai ajang pelepas penat hehehe. Kalau main ke curug ini, mampir juga sekalian ke curug yang diduga tadi ada Air Terjun Kembang Soka, selain itu kalau agan ingin membolang ke suatu tempat menarik lain bisa juga dengan berkunjung ke desa wisata Nglinggo. Di desa wisata tersebut juga ada air terjunnya, namanya adalah air terjun Grojogan Watu Jonggol. Di curug tersebut berbeda pastinya karena airnya lebih tinggi daripada di curug Kalimiri.

Semoga liburanmu menyenangkan. 🙂 Anda tertarik tour di Jogja dan sekitarnya namun tidak ingin ribet? Kami menyediakan paket wisata Jogja / paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja / sewa mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Selamat berlibur. 🙂

grojogan watu jonggol tugu wisata

Menuju Grojogan Watu Jonggol Ini Selayaknya Menempuh Jalan Mendapat Hati Wanita!

www.tuguwisata.com – Pegunungan Menoreh ini memang lengkap dari adanya wisata alam yang selalu mengajak pengunjung untuk segera mikmati kesejukan yanga da di dalamnya. Kalau ke Kulon Progo Yogyakarta, kamu pasti akan terbesit untuk ke Kalibiru dan Waduk Sermo. Tidak hanya itu saja gaes, di Kulon Progo yang sejuk dan damai ini juga tersimpan banyak sekali air terjun yang wajib banget kamu kunjungi. Eitsss bukan lagi Air Terjun Kedung Pedut, Air Terjun Kembang Soka saja. Adalah air terjun lain yang bisa kamu kunjungi saat liburan yaitu Air Terjun Grojogan Watu Jonggol Kulon Progo.

grojogan watu jonggol tugu wisata

Instagram: @agnesnophyta

Setiap air terjun yang ada di lokasi memang berbeda-beda dan mempunyai karakter serta keindahan tersendiri. Seperti air terjun Grojogan Watu Jonggol Kulon Progo. Tinggi air terjun ini berada di ketingian 30-40 meter. Air terjun Watu Jonggol atau Grojogan Watu Jonggol ini berada di Dusun Nglinggo, Nglinggo Barat, Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta. kalau kamu berada di Desa Wisata Nglinggo kamu tidak akan kesulitan menemukan air terjun ini.

Meski berada di desa dan dekat penampungan. Namun air terjun Grojogan Watu Jonggol ini cukup culit aksesnya. Harus ada sedikit perjuangan sampai ke lokasi. Pokoknya selayaknya mendapatkan hati para wanita deh gaes.

grojogan watu jonggol tugu wisata

Instagram: @fadlisck_

Dari lokasi penitipan kendaraan kamu bisa menuju ke spot dengan menuruni anak tangga. Menyisir perkebunan warga. Meski terus turun, ada pegangan yang diberikan pengelola yang menuntun selama perjalanan. Meski lelah, namun sesampainya di grojogan, suasana air terjun yang tenang lagi damai dan juga segar. Karena alam yang memiliki perpaduan air, hijau rerumputan juga pepohonan, semua menjadi daya tarik yang mengasyikan bagi para wisatawan.

Segar air membuat pengunjung ingin tetap berlama-lama di Grojogan Watu Jonggol Kulon Progo. Untuk menilik lokasi ada baiknya jika kalian memperhatikan kondisi kendaraan lho! So, mari sebarkan informasi wisata menarik kepada dunia bahwa Indonesia itu menarik. Anda tertarik tour di Jogja dan sekitarnya namun tidak ingin ribet? Kami menyediakan paket wisata Jogja / paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja / sewa mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Selamat berlibur. 🙂

curug siluwok tugu wisata

Curug Siluwok Biru Air Jatuh Dibalik Biru Air Perbukitan Menoreh

www.tuguwisata.com – Jogja memang sangat terkenal dengan ragam wisata yang sangat mengasyikan. Tidak melulu Malioboro dan juga jajaran pantainya lho gaes. Ada di balik perbukitan Menoreh, sebuah kawasan wisata alam yang sangat rekomended buat kamu yang hobi ‘blusukan’. Kalau ngobrolin soal pegunungan Menoreh kamu juga bisa menilik banyaknya kawasan destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Misalnya air terjun.

Air terjun di Kulon Progo memang selalu mengesankan. Kalau Air Terjun Kembang Soka, Air Terjun Kedung Pedut tidaklah asing di telinga kalian lalu bagaimana dengan Air Terjun Siluwok Kulon Progo?

curug siluwok

Instagram: @marwan_donovan

Curug Siluwok ini memang menarik karena begitu asyik dikunjungi bagi para pendekar pecinta Backpacker. Tersembunyi dan belum banyak yang menjamah.

Lokasi Cuurg Siluwok ini berada di Desa Keweron, Kecamatan Samigaluh, Yogyakarta. Curug Siluwok adalah curug yang memiliki akses cukup licin dan masih agak susah. Yah perjuangan mendapatkan seorang gadis impian juga begitu kan? Harus banyak perjuangan demi mendapatkan segala keindahan dan kemolekannya. 😀

curug siluwok

Instagram: @dolansamigaluh

Air terjun yang mengalir meluncur ke bawah ini menyebabkan adanya kedung yang asyik untuk berenang. Adalah tingginya sekitar dada orang dewasa. Air terjun ini memiliki karakter yang unik dariapda air terjun lainnya. Warna air terjun yang jatuh ini berwarna biru jernih saat cuacanya cerah. Akan tetapi saat hujan deras, air yang menerjunkan diri ini berubah warna menjadi kecoklatan.

Lokasi curug Siluwok ini tidak begitu jauh dari air terjun Sidoharjo. Pada akhir-akhir ini keberadaan air terjun Siluwok menjadi banyak perbincangan di media sosial karena menjadi hits. Pastinya tidak akan ada kekecewaan setelah bertandang ke air terjun atau Curug Siluwok ini.

Air Terjun Siluwok cukup tinggi dan alirannya tidak begitu deras

Tinggi air terjun ini sekitar 20 meter. Aliran airnya memang tidak begitu deras dan juga ada kolam atau kedung di bawahnya yang bisa dimanfaatkan untuk berendam, berenang, atau sekedar main air. Adalah beberapa batu besar pula dan tebing yang dijadikan lokasi untuk loncat-loncat indah menuju ke kolam.

Harus yang punya nyali ya gaes, “nek wani aja wedi-wedi, nek wedi aja wani-wani” istilahnya yang berarti kalau berani jangan takut-takut, kalau takut jangan berani-berani. Kalau yang nyebur sih ngga bakal nyesel juga airnya dingin dan alam masih sejuk. Bikin betah pokoknya. Selain itu perlu cukup kewaspadaan karena kolam yang cukup dalam dan berada di aliran langsung.

Perjuangan menuju ke lokasi memang haru dilalui dnegan jalan setapak yang licin, membelah hutan, dan harus ekstra sabar. Kalau mau ke lokasi pastikan kamu memakai sandal yang benar ya gaes dan juga jas hujan jaga-jaga agar bisa sergap ketika hujan. Di lokasi juga tidak ada tempat berteduh.

Menjelang keeksisan curug, para waga secara swadaya turut membangun sarana dan prasarana yang dilakukan secara bertahap. Oleh karena itu ‘haram’ bagi kalian yang tidak bertanggung jawab meninggalkan sampah serta tidak menjaga keharmonisan alam di sekitar curug.

curug siluwok tugu wisata

Instagram: @siswantobudi787

Kalau sudah membantu membuat eksis curug Siluwok ini berarti sama artinya dengan memabntu membuat kawasan wisata di Indonesia semakin dikenal dunia. Happy Travelling gaes. setelah dari curug Siluwok kamu bisa mampir ke curug lain yang ada di sekitarnya adalah Taman Sungai Mudal, Air Terjun Sidoharjo, Air Terjun Grojogan Sewu, dan masih banyak yang lainnya. Siapkan fisik prima dan selamat nge-trip. 🙂

Anda tertarik tour di Jogja dan sekitarnya namun tidak ingin ribet? Kami menyediakan paket wisata Jogja / paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja / sewa mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Selamat berlibur. 🙂

1 2 3 7
× 08112635846