Ini Dawet Sambel Ada Juga Taburan Bawang dan Seledrinya Gimana Rasanya?

www.tuguwisata.com – Jika Jogja yang Anda kenal identic degan wedang ronde, wedang uwuh, dan minuman khas lain sampai ke dawet atau juga es campur yang dijajakan di banyak titik di Jogja, maka akan belum lengkap rasanya jika Anda belum menjajal minuman unik yang membuat orang penasaran. Adalah namanya Dawet Sambel Khas Kulon Progo.

Minuman Dawet yang menjadi pelepas dahaga biasanya terkenal dengan rasanya yang segar dan manis. Dawet yang identic dengan adanya cendol dan juga temannya santan dan gula merah. Namun bagaimana jika minuman menyegarkan ini bercampur dengan sambel? Kemudian dawet tersebut berpadu dengan taburan bawang goreng?

dawet sambel tugu wisata

Instagram: @makankeliling

Dawet Sambel Lain Daripada Yang Lain

Minuman dawet lain dari pada yang lain ni ada di Kulon Progo gaes. Lebih tepatnya berada di kawasan wisata Girimulyo. Dawet yang biasanya rasanya manis di tempat ini dicampur sambal dan bawang goreng. Dawet tersebut sering disebut dawet pecel. Rupanya ini menjadi minuman khas dari Menoreh. Akan tetapi keberadaannya sudah hanya segelintir.

Minuman ini masih bisa ditemui di kawasan wisata curug atau grojokan Setawing yang berada di Dusun Jonggrangan, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo. Salah satu penjual yang menjajakan minuman unik nan khas ini adalah Ibu Pariyah. Beliau telah mengenalkan  kembali jajanan pasar masa kecilnya. Bahan dari minuman ini juga tidak lain adalah dawet pecel yang mana cendolnya ditaburi dengan sambal kelapa bubuk dan juga abwang goreng, sebagai tambahannya ditambahi dengan taburan jura irisan seledri, kecambah, serta disajikan dengan gula jawa cair.

Sambel Apasih Yang Digunakan?

Adalagi pelengkapnya yakni sayuran rebus seperti pecel. Sambel yang disajikan memang bukan sambel biasa namun dengan irisan kelapa yang disangrai lalu ditumbuk dengan cabai merah, bawang putih, serta gula pasir dan juga garam. Untuk harganya sendiri sangatlah murah yakni satu porsi kecil yang dibungkus plastic hanya dikenakan harga Rp. 1.500.

Bagaimana? Anda penasaran dan berani mencoba? Jika bertandang ke Kulon Progo khususnya ke curug Setawing bisa nih mampir untuk mencicipi uniknya minuman khas Kulon Progo. Anda tertarik tour di Jogja dan sekitarnya namun tidak ingin ribet? Kami menyediakan paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Mulai dari sewa Avanza Jogja hingga sewa Alphard Jogja. Selamat berlibur. 🙂

Immanuel

About Immanuel

× 08112635846