Geblek: Makanan Khas #1 Di Kulon Progo Wajib Banget Kamu Coba!

www.tuguwisata.com – Suatu kesempatan yang baik jika pengunjung bertandang ke Yogyakarta bisa menemukan makanan khas yang bisa dicicipi dan belum punah. Karena seiring berkembangnya zaman, ada beberapa makanan tradisional yang mulai tergerus dengan olahan kekinian yang keberadaannya lebih digemari daripada makanan tradisional. Jika menilik Kulon Progo, kalian pasti akan terngiang dengan sebuah kabupaten dengan wisata alam di perbukitan Menoreh. Namun tidak hanya wisata alamnya saja gaes, ada makanan khas Kulon Progo yang sudah legend banget dan patut kamu coba ketika berkunjung ke Kulon Progo. Geblek adalah makanan yang sering dibilang seperti cireng. Persamaannya mungkin ada pada bahan baku yang digunakan. Namun keduanya juga memiliki perbedaan yakni dibentuk dan ukurannya.

geblek kulonprogo tugu wisata

instagram: @geblek_kulonprogo

Angka 8 Menjadi Uniknya Geblek

Apabila cireng yang biasanya diolah dengan beragam rasa seperti rasa pedas atau alinnya, Geblek ini hanya memiliki rasa khas asli dari aci yang digoreng. Uniknya, makanan ini menggunakan bentuk angka delapan.

Mungkin banyak yang beranggapan memakannya suatu hal yang membuat mual. Tapi jangan salah gas, si angka 8 ini mempunyai rasa yang enak dan berbeda dari cireng pada umumnya. Apalagi jika berpasangan dengan tempe benguk, wah suatu perpaduan yang dibilang ‘mantap jiwa’ deh.

Tempe Benguk juga menjadi salah satu makanan khas Kulon Progo yang mana pembuatannya bukan dari biji kedelai melainkan dari biji benguk yang dibungkus dari daun pisang dan pasangan serasinya si geblek  renteng itu.

geblek kulon progo tugu wisata

Instagram: @iaznurmalita

Bisa Kamu Jadikan Oleh-Oleh

Geblek Jogja ini bisa digunakan sebagai salah satu oleh-oleh khas dari Kulon Progo yang bisa kamu sajikan kepada keluarga maupun kerabat. Makanan ini bisia dibawa dari mentahannya untuk kemudian digoreng sendiri di rumah. Ketahanannya cukup lama yakni empat hari meskipun tanpa pengawet.

Jika Anda menilik Kulon Progo tidak begitu sulit untuk menemukan makanan khas dari kabupaten pegunungan Menoreh ini. Banyak di area wisata yang pedagangnya menjajakannya. Adapaun referensi  yang bisa kamu temui karena sudah legend adalah sebagai berikut.

  1. Geblek Mbah Yol. Geblek tradisional ini sudah terkenal sejak dahulu kala gaes. alamatnya berada di kawasan Garang, Tawangsari, Pengasih, Kulon Progo.
  2. GG (Geblek Genduk) Bogowonto. Kalau yang ini sudah beraneka rasa lho. alamatnya berada di Stand Geblek di Pantai Congot dan Pantai Glagah.
  3. Geblek Mbah Tun Tegalsari yang beralamat di Jalan Dekso Plono Km 16 Tegalsari, Ngargoasri, Samigaluh Kulon Progo.
  4. Geblek Sali yang beralamat di Barat Masjid Pasar Bandungan, Wates, Kulon Progo.

Bagaimana? Tertarik untuk mencoba makanan khas Kulon Progo yang satu ini? akan kurang lengkap rasanya jika berkunjung ke Kulon Progo dari menikmati wisata namun belum menikmati kuliner yang ada di dalamnya. Geblek Kulonprogo juga masih ada kawannya yang lain seperti Cethot, Benguk Santen, dan juga lainnya bisa kamu cicipi lho! salam dari bagian barat kota Yogyakarta. 🙂

Anda tertarik tour di Jogja dan sekitarnya juga kulineran namun tidak ingin ribet? Kami menyediakan paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Mulai dari sewa Avanza Jogja hingga sewa Alphard Jogja. Selamat berlibur. 🙂

Immanuel

About Immanuel

× 08112635846