Geplak: Satu Dari Makanan Khas Bantul Yang Wajib Anda Coba

GEPLAK: SATU DARI MAKANAN KHAS BANTUL YANG WAJIB ANDA COBA!

www.tuguwisata.net – Kota Gudeg, sebutan dari Daerah Istimewa Yogyakarta yang sudah melejitkan namanya hingga ke seluruh penjuru dunia. Jogja demikian akrabnnya memang menghadirkan ragam pesona budaya hingga kuliner khas yang menjadikan siapapun rindu untuk kembali ke kota ini lagi. Gudeg yang terkenal dengan khasnya yang manis ternyata tidka seorang diri. Ia ditemani oleh beberapa makanan lain yang manis-manis pula. Sebut saja salah satu makanan manis tersebut adalah Geplak.

Geplak merupakan salah satu dari kuliner atau makanan khas Bantul. Makanan ini termasuk jenis makanan ringan. terbuat dari parutan kelapa dan gula merah juga gula pasir. Geplak ini mempunyai bentuk yang unik juga rasanya yang khas. Sehingga tidak salah ali jika makanan ini sangat digemari oleh masyarakat. Juga banyak wisatawan yang datang dan menjadikan Geplak ini sebagai oleh-oleh. Suatu makanan tradisional yang khas dan sangat terkenal serta telah menjadi salah satu mascot makanan dari kabupaten di selatan kota Jogja.

Geplak Khas Bantul Tugu Wisata

Instagram: @chefjourneys

Ciri Khasnya Warna-Warni

Ciri khas Geplak adalah bentuknya yang bulat dan warnanya yang seperti pelangi berwarna-warni. Selain itu, rasa dari parutan kelapa ini memberikan rasa khas manis dan menjadi cita rasa kuliner khas ini. Dalam proses pembuatannya, pertama daging kelapa direndam ke dalam air kelapa higga minyak terangkat. Selanjutnya daging kelapa tersebut dicuci bersih lalu diparut. Parutan tersebut lalu dimasak sekaligus dengan gula dan juga perwarna makanan. Kemudian didinginkan dan dibentuk bulat setelhh itu barulah proses pengemasan.

Pengemasan Geplak ini biasanya menggunakan β€˜besek’ yang terbuat dari anyaman bamboo. Di dalam satu kemasan besek ini biasanya berisi banyak Geplak warna-warni. Awalnya makanan manis ini hanya memiliki dua warna yakni putih dan coklat. Warna putih biasanya untuk gula pasir atau gula tebu, adapun yang berwarna coklat berasal dari gula jawa.

Menilik perkembangan zaman, para penggiat Geplak ini berinovasi dengan mengkreasikan warna dan juga rasa. Warna Geplak yang mulanya hanya terdiri dari dua macam warna kini berubah menjadi bermacam-macam warna diantaranya merah, kuning, hijau, putih, dan juga coklat. Sementara itu, dari rasa Geplak sendiri yang mulanya hanya rasa gula tebu dan gula jawa kemudian dikembangkan menjadi rasa kacang, jahe, strawberry, durian, dan juga rasa-rasa lainnya.

Geplak Khas Bantul Tugu Wisata

Instagram: @jogjasecret5758

Sudah Tersebar di Sudut Jogja

Makanan khas Bantul ini sudah tidak hanya ditemukan di kawasan Bantul saja. Makanan khas Bantul ini bisa ditemukan di berbagai pusat oleh-oleh di Jogja. Adapula industry rumahan yang biasanya memproduksi makanan ini. Yang menjadi pembeda yakni di ciri khas dan segi rasa juga dari kemasan-kemasannya.

Jika Anda berkunjung ke Jogja atau ke Bantul khususnya, tidak ada salahnya untuk membawa pulang makanan khas ini sebagai oleh-oleh untuk sanak saudara karena khas manisnya bisa menjadi penawar rasa gundah gulana dari penat rutinitas yang menyibukkan.

Selain Geplak, adapula makanan khas lainnya yang bisa Anda temukan di kota Bantul misalnya ada Mangut Lele, Gudeg Manggar, Sate Klathak, Bakmi Penthil, Peyek Tumpuk, Mie Des, Kue Adrem, Bakmi Lethek, dan minuman penghangat badan dan berkhasiat yakni Wedang Uwuh. Tentu selain makanan tersebut masih ada banyak makanann lain yang dapat ditemukan di kawasan Bantul dan sekitarnya gan.

Berwisata ke Jogja namun tidak mencicipi kuliner lokal yang sudah melegenda berasa hanya separuh nyawa yang jalan-jalan. πŸ˜€ nah kalau mau lengkap boleh juga lho ambil paket wisata Jogja murah dari kami. Kami juga menyediakan sewa mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk berkeliling dan mengangkut oleh-oleh khas Jogja. Ayo liburan bersama kami. πŸ™‚

Immanuel

About Immanuel

× 08112635846