Tongseng Kelelawar: Satu Lagi Makanan Ekstrim di Bantul Yogyakarta

www.tuguwisata.com – Sebuah provinsi yang didalamnya telah mendapat segudang warisan budaya dan juga kulinner yang memiliki cita rasa yang unik dan mempunyai khasiat telah berderet dan masih eksis keberadaannya di Daerah Istimewa Yogyakarta. Sebuah provinsi yang membuat siapa saja kangen untuk kembali, di sudutnya telah menjajakan beragam kuliner yang khas dari yang normal hingga yang abnormal. Salah satu makanan yang terbilang cukup tidak normal adalah Tongseng Kelelawar.

Adalagi kuliner khas Jogja yang terbilang cukup ekstrim yakni Tongseng Kelelawar. Kuliner Kelelawar menjadi sajian yang terbilang unik juga ekstrim. Dari namanya saja jelas sudah tertebak dari manakah asal makanan ini. Jelas kelelawar, si hewan yang cukup menyeramkan ini dan pasti sebagian orangnya akan geli melihat si kelewar menjadi siap santap.

Tongseng Kelelawar Tugu Wisata

Instagram: @ianz_clifton

Lokasi Tongseng Kelelawar

Kelelawar yang di tonseng ini adalah makanan yang sudah cukup terkenal di Yogyakarta. Makanan ini dijajakan di Jalan Bantul Km 5,5 Yogyakarta yakni salah satu pemiliknya bernama Romiyati. Tongseng Kelelawar menjadi makanan unik yang dibuka sejak jam 3 sore hingga jam 10 malam.

Bagi masyarakat setempat, makanan unik ini diberi nama tongseng codhot. Memang ada banyak makanan lain yang lebih lazim untuk dijadikan tongseng. Namun pemilik warung mengolahnya menjadi suatu hidangan yang tidak kalah lezat.

Memilih kelelawar tidak sekedar mengambil tanpa alasan. Namun ternyata kelelawar ini adalah hewan yang merusak tanaman penduduk. oleh karena itu hewan ini diburu oleh suami beliau. Oleh karena itu beliau memasak kelelawar ini daripada sekedar membuang. Oleh tangan Romiyati ini kelelawar menjadi tongseng yang mirip diolah seperti hewan lainnya. Dan dari segi rasa, daging kelelawar ini juga sangat berbeda.

Khasiat dan Harga

Rupanya tidak sekedar unik dan menantang adrenalin. Tongseng Kelelawar ini diyakini mempunyai khasiat. Menyantap daging kelelawar ini dibilang dapat menyembuhkan penyakit asma. Akan tetapi bukti ilmiahnya belum sepenuhnya mendukung.

Untuk harganya, satu porsi tongseng kelelawar ini hanya Rp. 7.000. Di warung ini juga terdapat tongseng lain yakni tongseng bajing dan tongseng emprit. Bagaimana? Anda tertarik mencicipi tongseng yang ekstrim ini? silahkan kunjungi Jogja dan mampirlah ke kawasan Bantul Yogyakarta. Selain makanan ini, masih adapula makanan ekstrim lainnya seperti tongseng bulus, sate ular kobra, dan lainnya.

Yuk wisata kuliner di Jogja bersama kami. Kami menyediakan paket wisata Jogja yang menyenangkan. Selain itu, kami juga memiliki sewa mobil Jogja mulai dari sewa mobil Avanza, sewa mobil Innova, hingga sewa mobil Alphard. 😀

Immanuel

About Immanuel

× 08112635846