Tongseng Bulus Kranggan Ini Makanan Ekstrim Berikutnya di Jogja!

www.tuguwisata.com – Kuliner normal yang lazimnya orang makan mungkin menjadi hal biasa. Namun berkuliner dengan makanan ekstrim yang cukup membuat sedih karena bahan utamanya makanan ini sangat ekstrim yakni bulus. Tongseng Bulus Kranggan menjadi sentra rumah makan yang menyajikan menu cukup ekstrim yakni tongseng bulus.

Tongseng Bulus Tugu Wisata

Instagram: @irfanitya

Khasiat Tongseng Bulus

Berbeda dengan tongseng kambing dan ayam, di rumah makan ini menyediakan tongseng bulus. Tidak serta merta tanpa ada alasan. Rupanya daging bulus dipilih karena memiliki beberapa khasiat untuk mengobati beberapa penyakit. Seperti penyakit sesak nafas, asma, serta sakit gigi.

Kemudian dari tempurungnya sendiri terdapat khasiat yang menarik lainnya yakni dari tempurungnya juga dapat mempercepat sambung tulang. Tangkur bulusnya juga dipercaya dapat meningkatkan keperkasaan lelaki. Adapun minyaknya dipercaya dapat memperhalus kulit.

Di Yogyakarta telah ada beberapa rumah makan yang telah menyajikan tongseng bulus. Salah satunya yang paling terkenal adalah Rumah Makan Mbak Yanti yang berada di jalan Kranggan Kios No.1. Rumah makan sate dan tongseng bulus ini sudah ada sekitar 15 tahun yang lalu.

Sate bulus Tugu Wisata

Instagram: @suplierminyakbulus

Usaha ini rupanya telah turun temurun dari kakeknya. Awalnya sate dan tongseng bulusnya beliau pak Ali yang telah mengenalkan. Mungkin warung tongseng bulus ini tidak seramai warung makan tongseng makanan pada umumnya.

Akan tetapi setiap harinya rumah makan tongseng bulus ini akan didatangi oleh pelanggan sekitar 5 hingga 6 orang. Bumbu yang digunakan untuk tongseng ini hampir sama dengan bumbu yang digunakan pada tongseng lainnya. Namun yang membuat beda adalah rasanya yang agak pedas yang justru dapat mengurangi bau amis dari daging bulus tersebut.

Harga dan Jam Buka

Rasa daging bulusnya sebenarnya terbilang cukup enak namun sedikit amis. Harga satu porsi tongseng bulus ini hanyalah Rp. 12.000. untuk satenya sendiri Rp. 15.000 berisi 5 tusuk. Seringkali ada pembeli yang membeli tangkur bulus. Harga tangkur bulus dibandingkan harga dagingnya memang lebih mahal yakni Rp. 25.000.

Dalam sehari, rumah makan ini bisa menghabiskan satu atau dua ekos bulus. Daging bulus yang dijual didapat dari Pusat Penampungan dan Budidaya Bulus. Rumah makan mbak Yanti ini dibuka sejak jam 10.00 hingga 21.00. Selain itu adapula minyak bulus yang dijual dalam kemasan 15 cc dan 100 cc.

Anda tertarik ingin mencoba yang mana? Tongseng atau sate atau malah tangkur? Yuk kesini liburan bersama kami. Kami menyediakan jasa sewa mobil di Jogja mulai dari sewa mobil Avanza hingga sewa mobil Alphard. Anda bisa manfaatkan ketika berlibur di Jogja atau juga kami menyediakan paket tour Jogja yang bisa dimanfaatkan agar tidak bisa ribut.

Immanuel

About Immanuel

08112635846