situs sokoliman tugu wisata

Situs Sokoliman Gunungkidul Terpanggil Untuk Dilirik, Napak Tilas Zaman Batu Besar

www.tuguwisata.com – Ada lagi sebuah situs bersejarah yang berada di Kabupaten Gunungkidul DI Yogyakarta. Kali ini situs bersejarah yang ada bukan sebuah candi namun sebuah batu besar zaman Batu Tua. Sebuah artefak kuno yang sangat dipercaya sebagai bukti peninggalan dari era Megalitikum. Juga menjadi sebuah keyakinan bahwa Gunungkidul merupakan salah satu kawasan tempat tinggal manusia purba. Salah satu situs sejarah purbakala terbesar yang ada di Gunungkidul yang datang dari era Megalitikum ini adalah di kawasan Situs Sokoliman.

situs sokoliman tugu wisata

Instagram: @erwan_heri

Situs Sokoliman berasal dari sebuah dusun yang berada di Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul

Awal mula nama Sokoliman sendiri berasal dari ditemukannya beberapa bebatuan besar yang berada di salah satu lahan pertanian. Kata liman sendiri berasal dari kata lima alias angka lima. Lima yang dimasuk adalah lima buah soko yang berbentuk batu besar. Batu batu ini rupanya telah ditemukan oleh arkeolog di masa pemerintahan Belanda bernama JL Moens tahun 1934.

Beberapa temuan situs artefak berikutnya adalah beberapa kubur batu yang ditandai dengan bebatuan lonjong dan lempeng batu yang serupa dengan nisan.

Tak jauh dari lokasi kubur batu, terdapat batu batu yang di susun serupa dengan jajaran baru yang dianggap sebagai jalan ke altar. Jajaran bebatuan ini berserakan namun pada waktu ditemukan dalam bentuk menyerupai batu bata besar dengan bentuknya yang masih kasar.

Sementara itu di sekitar lokasi juga ditemukan beberapa batu yang menyerupai menhir atau meja besar yang dianggap sebagai altar. Menhir inilah yang kerap disebut Sokoliman.

situs sokoliman tugu wisata

Instagram: @y_sembiring

Di sekitar lokasi juga terdapat sebuah gua purbakala dengan bentuk yang unik. Seperti bebatuan raksasa yang disusun dengan bentuk sedemikian rupa menjadi rumah pada masa lampau.

Dekat dengan situs goa di Sokoliman ini adalah situs sumur gede yang menandakkan bahwa pada zaman dahulu ada aktivitas manusia. Sumur menjadi symbol kebutuhan dasar manusia seperti minum dan juga bercocok tanam sederhana.

Hingga kini situs bersejarah di kawasan Sokoliman tengah menjadi sebuah destinasi dari kunjungan para pakar arkeolog dunia untuk dilakukan adanya riset. Terlebih dekat dengan situs ini terdapat sebuah situs Gondang dan situs Gunung Bang. Keduanya ini juga menjadi salah satu pusat bukti temuan sejarah purbakala di Gunungkidul. Kabarnya lagi dari hasil riset telah ditemukan adnaya beberapa temuan baru berupa perabotan rumah tangga seperti tembikar dan gagang pedang.

Ada banyak sejarah yang ada di sekitar kita yang rupanya terpanggil ingin dilirik. Mungkin ada baiknya memang jika kita sebagai generasi terkini tidak sekedar menikmati wisata kekinian namun juga perlu melirik daya tarik lain yang nasibnya mulai terbengkalai dan sering dilupakan. Selain situs ini, di Gunungkidul juga masih banyak situs lain yang perlu diperhatikan. meski mungkin seonggok batu, namun bagaimanpun ia tetap menjadi sejarah perjalanan nasib bangsa.

Nah bagaimana? Tertaik untuk napak tilas sejarah mengenai zaman Batu Besar alias Megalitikum di Gunungkidul ini? Meski bukan arkeolog kamu juga bisa belajar sejarah di Gunngkidul ini gaes khususnya di dusun Sokoliman tentang sebuah situs besa, Situs Sokoliman. 

Anda tertarik tour di Jogja dan sekitarnya namun tidak ingin ribet? Kami menyediakan paket wisata Jogja / paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja / sewa mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Selamat berlibur. 🙂

Immanuel

About Immanuel

08112635846