MASJID SULTHONI PLOSOKUNING: SATU DARI PATHOK NEGARO YOGYAKARTA

MASJID SULTHONI PLOSOKUNING: SATU DARI PATHOK NEGARO YOGYAKARTA

www.tuguwisata.com – Masjid Sulthoni Plosokuning merupakan sebuah masjid yang berada sekitar 9km ke arah utara dari Kraton Yogyakarta. Alamatnya berada di Jl. Plosokuning Raya No. 99, Desa Minomartani, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Masjid ini merupakan masjid yang berada di atas area seluas 2.500 m2. Tanah tersebut merupakan tanah kasultanan Yogyakarta.

Masjid Sulthoni Plosokuning

Instagram; @pikojogja

Luas Area

Luas bangunan masjid ini sekitar  288 m2. Masjid Pathok Nagoro ini dibangun semenjak berdirinya Masjid Agung Yogyakarta. bentuk dari masjid ini memiliki kemiripan dengan Masjid Agung. Rupanya hal ini merupakan bentuk usaha legitimasi masjid milik Kasultanan Yogyakarta. adapaun eksamaannya adalah di beberapa titik seperti mihrob, kentongan, dan juga beduk.

Masjid Sulthoni Plosokuning yang merupakan salah satu Pathok Nagaro ini mempunyai atap tajuk dan bertumpang 2. Mahkotanya mempunyai kesamaan yang sama-sama dibuat dari tanah liat serta sirap layaknya masjid Agung. Sementara itu, perbedaan yang ada di keduanya menunjuk pada sebuah arti kedudukan bahwa Masjid Pathok Negoro ini memiliki kedudukan lebih rendah daripada masjid Agung.

Karakter Masjid

Yang menjadi ciri khas masjid ini juga terletak dari adanya kolam yang mengelilingi masjid. Kolampun penuh dengan ikan serta pohon sawo kecil dan juga mimbar yang ada di dalam masjid. Bagian gerbang di pintu masuk Masjid Pathok Negoro ini memiliki undakan yang sengaja dibuat guna menunjukkan tiga elemen yakni Iman, Islam, dan Ikhsan. Selanjutnya lima undakan berikutnya merupakan rukun Islam yang ada lima sementara undakan ketiga yang berjumlah enam undakan merujuk pada rukun iman yang berjumlah enam.

Masjid Sulthoni Plosokuning

Instagram: @adgi_heroubipatmono

Sempat Tidak Terurus

Dahulu, masjid ini tidak begitu terurus namun adalah sebuah niat dari Kyai Muthohar yang akhirnya membangun kembali masjid pathok negoro ini. hasilnya pada tahun 1960 masjid ini kembali direnovasi. Masjid yang merupakan peninggalan dari Sultan Hamengkubuwono I berhasil dibangun kembali oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX. Namun sebelum dilakukan adanya renovasi, Kyai Muthohar meminta izin terlebih dahulu untuk merenovasi Masjid Sulthoni Plosokuning kepada Sultan Hemengkubuwono IX.

Wisata religi ke pathok negoro yang berada di tengah wilayah bisa menjadi suatu wisata yang menarik bagi pengunjung khususnya umat muslim. Selain masjid ini, masjid Jami Mlangi juga menjadi masjid pathok negoro berikutnya yang bisa Anda kunjungi.

Kami juga menyediakan pilihan paket wisata Jogja murah. Jika ingin rental mobil, kami juga menyediakan jasa sewa mobil di Jogja mulai dari sewa mobil Avanza hingga sewa mobil Alphard. Yuk liburan bersama kami 🙂

Immanuel

About Immanuel

08112635846