Situs Goa Sentono: Ceruk Yang Menjadi Kuil Pada Masanya

www.tuguwisata.com – Ragam situs yang berada di Yogyakarta telah menjadi sebuah bukti sejarah peninggalan orang terdahulu. Biasanya situsnya dibuktikan dari adanya candi, atau juga situs lain sepeti batu-batu besar purbakala. Satu lagi situs yang berada di Yogyakarta yang rupanya berada di bawah perbuktian candi Abang. Adalah situs goa Sentono. Situs Goa Sentono berada di desa Jogotirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

situs goa sentono tugu wisata

Instagram: @goten444

Lokasi situs ini berada di bawah bukit yang berdekatan dengan Candi Abang. Situs ini merupakan sebuah goa buatan yang telah dipahat di sebuah batu. Oleh karena itu, goa ini lebih tepat disebut dengan ceruk. Di situs ini terdapat pahatan Trimurti yang berada di antara kedua ceruk. Dihadapannya terpahat lagi sepasang lingga yoni.

Dalam ceruk pertama ini adalah sebuah relief yang sangat mirip dengan meru atau gunung dan juga sebuah Yoni di lantainya. Ceruk kedua atau ceruk tengah ini terdapat relief dewa Siwa dn juga sebuah Lingga Yoni. Di ceruk ketiganya adalah sebuah Lingga Yoni dan dindingnya yang berupa relief Agastya dan Durga.

Situs Goa Sentono ini sangat erat kaitannya dengan adanya pemerintahan Kerajaan Mataram Kuno yang mana penganutnya mayoritas beragama Hindu dan Buddha.

Jika dilihat dari oranmennya yang berda di dalam ceruk maka besar kemungkinannya bahwa pada zaman dahulu masyarakat menggunakan goa ini sebagai temapt pemujaan untuk dewa-dewa umat Hindu atau kuil. Bukti selanjutnya bisa dilihat dari keberadaan Lingga Yoni yang menjadi lambing kesuburan. Kemudian adalah relief dewa Agastya yang merupakan perwujudan dari dewa Siwa dalam bentuk mahaguru. Dan juga adapula dewi Durga yang merupakan dewi kebaikan yang mana istri dari dewa Siwa.

Segala situs yang berada di Jogja khususnya memang bisa menjadi daya tarik wisata sejarah tersendiri bagi wisatawan. Akan lebih baik nih ages kalau kalian ingin berkunjung ke candi Abang bisa mampir sejenak untuk napak tilas masa persembahan zaman Hindu di Yogyakarta khususnya daerah Berbah. Salam Dolaners.

situs goa sentono

Instagram: @adityarevianur

Anda tertarik tour di Jogja dan sekitarnya namun tidak ingin ribet? Kami menyediakan paket wisata Jogja / paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja / sewa mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Selamat berlibur. 🙂

Immanuel

About Immanuel

× 08112635846