candi risan semin gunungkidul

Mungkin Ini Deh Candi Risan Semin Yang Paling Terbentuk di Gunungkidul

www.tuguwisata.com – Jogja, sebuah kota yang kini mulai padat penduduk dan juga wisatanya. Banyak tempat wisata yang unik dan menarik untuk dikunjungi jika berada di kota Jogja. Dari banyaknya wisata yang ada bahkan masih banyak pula destinasi yang tersembunyi atau masih beum bayak diketahui orang. Seperti adanya situs-situ yang terkuak di tanah bekas Kerajaan Mataram Kuno ini. banyak sekali situs yang ditemukan oleh para tim dari dinas purbakala yang mana keberadaannya berbeda-beda. Biasanya justru memprihatinkan karena berserakan. Tetapi adapula yang bentuknya masih bisa diterka tidak begitu berantakan. Salah satu situs tersebut adalah Candi Risan Semin Gunungkidul.

candi risan semin gunungkidul

Sumber: https://jarwadi.me

Gunungkidul, sebuah kabupaten yang lebih dikenal dari cantiknya pantai yang ada memiliki situs purbakala yang menarik seperti halnya beberapa candi di Sleman. Candi Risan Semin berdiri di atas tanah perbukitan karst Gunungkidul yang mulanya terkenal tandus. Tepatnya beradadi desa Candirejo, Semin, Gunungkidul.

Candi Risan Semin merupakan candi terbesar dan memiliki artefak bebatuan yang paling lengkap di Gunungkidul.

Mulanya nama Risan diambil dari singkatan Irisan alias perbatasan antara kerajaan Kasunanan Surakarta dan Kasultanan Yogyakarta. Faktanya, kondisi cand Risan memang tidak seperti candi lainnya. Sayangnya, di candi Risan ini tidak ada papan nama Candi Risan juga tidak ada papan informasi. Meskipun demikian lokasi ini sudah dipagari tetapi tidak ada petugas dari BP3 yang turut menjaga. Sungguh terbiarkan begitu saja.

Ukuran Candi Risan Semin sekitar 13 x 13 meter persegi. Bentuk asli dari candi ini memang sudah tidak terlihat lagi karena kondisinya saat ini hanya berupa bebatuan yang bertumpuk dan tidak tertat. Adapun komponen candi Risan ini yakni makara, ratna, artefak, dan beberapa batu berukir. Namun banyak yang sudah mulai aus dan akan susah untuk diidentifikasi.

Kini, sejarah mengenai candi memang belum diketahui secara pasti. Dugaan kuatnya adalah candi ini berupa candi Buddha karena terlihat adanya stupa. Usia candi Risan Semin Gunungkidul ini diperkirakan bahkan lebih tua dari Candi Prambanan, mungkin sekitar abad ke 3.

candi risan semin tugu wisata

Sumber: http://sutrisnasmg.blogspot.co.id

Di sampingnya, ada sebuah reruntuhan yang mana berbentuk persegi empat.

Yang apabila dilihat dari wujud bangunan dimungkinkan dahulunya dijadikan pondasi pendopo untuk berdoa para biksu.

Gunungkidul yang memang bagian dari masyarakat Jawa kental akan mitos. Mitos yang terkuak di tempat ini yaitu apabila ada burung yang melintasi atas bangunan candi atau reruntuhan batu dipastikan akan jatuh, kemudian apabila ada warga yang menggelar hajatan dan menggunakan salah satu batu candi sebagai tungku, maka konon tidak akan mendidih.

Akan lebih baik jika kita mengenal beragam situs bersejarah tidak hanya dari candi yang telah terkelola. Dari adanya kunjungan-kunjungan wisatawan besar kemungkinan jika candi Risan Semin mampu menjadi candi yang bisa dijadikan obyek wisata tidak tergeletak begitu saja.

Berkunjung ke candi Risan Semin ini tidak dipungut biaya apapun karena candi ini tiak ada penjaga. Bisa saja di kemudian hari akan banyak yang berkunjung dan diberikan pengelolaan yang baik maka akan dikenai tarif. Hehehe.

Anda tertarik tour di Jogja dan sekitarnya namun tidak ingin ribet? Kami menyediakan paket wisata Jogja / paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja / sewa mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Selamat berlibur. 🙂

Immanuel

About Immanuel

08112635846