situs gembirowati

Dekat Lho Dengan Parangtritis, Tapi Candi Gembirowati Ini Masuknya Gunungkidul

www.tuguwisata.com – Kembali menilik persitusan yang ada di kota Gudeg, Yogyakarta memang tidak pernah kunjung tuntas. Selain dikenal dengan banyaknya wisata, kota ini juga dikenal dengan adanya situs-situs bersejarah bekas peninggalan kerajaan Mataram seperti yang sudah kita kenal melalui candi Prambanan. Tidak hanya Prambanan gaes, di kota ini banyak sekali candi maupun situs yang bisa dikunjungi. Salah satunya adalah candi atau situs Gembirowati. Tahukah kalian candi Gembirowati? Kalau tahu mungkin tidak akan membuka dan membaca tulisan ini hahaha. 😀 tapi kalian pasti tahu pantai Parangtritis kan? (lhoh apa hubungannya candi Gembirowati dengan pantai Parangtritis?)

Candi Gembirowati ini berada dekat dengan pantai Parangtritis. Tetapi secara administrative berada di Desa Girijati, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Mungkin banyak yang bingung Gunungkidul dimana Parangtritis dimana. Tidak perlu bingung, kan kabupaten Gunungkidul berbatasan langsung dengan kabupaten Bantul. Hanya akses terdekatnya lewat pantai Parangtritis.

Akses menuju ke lokasi dari gerbang kawasan wisata Pantai Parangtritis lurus ikuti jalan kemudian ada tanjakan ke arah Purwosari, Gunungkidul. Dari pertigaan ambil kanan dan kamu akan menemukan papan petunjuk ke Sendang Beji. Untuk menuju ke lokasi harus ditempuh dengan jalan kaki dan kednaraan bisa dititipkan di rumah warga.

Dari sejarahnya, candi Gembirowati ini dibangun pada masa kerajaan Mataram Islam oleh Sultan Hamengkubuwono II pada pemerintahan tahun 1792-1828 Masehi. Banyak sejarawan berpendapat bahwa sebelum dibangun menjadi tempat pesanggrahan, sekitar candi Gembirowati adalah situs warisan Mataram Kuno yang bercorak Hindu yaitu goa Suracala dan Sendang Beji.

Lokasi Candi Gembirowati

Lokasi Candi Gembirowati yang dekat dengan area Pantai Parangtritis memang tidak banyak yang tahu karena memang cukup dimaklumi kawasan pesanggrahan tersebut adalah wilayah elit milik Kraton yang tidak sembarangan orang boleh memasukinya.

candi gembirowati

Instagram; @goten444

Pada tahun 1902, seorang ahli purbakala kebangsaan Belanda bernama F.K.D Bosch mengatakan bahwa arsitektur bangunan, bentuk pilarm dan juga hiasan yang diperkirakan peninggalan ini telah dibangun kira-kira abad ke-16.

Bentuk Candi Gembirowati ini memang lebih kepada teras berundak bukan candi seperti pada umumnya yang telah banyak orang tahu. Akan lebih mirip dengan candi Sukuh yanga da di Surakarta. Jika bisanya candi menghadap ke barat maupun ke timur, candi Gembirowati ini menghadap ke selatan dan cukup berada di ketinggian sehingga cukup memberikan pemandagan yang mengagumkan ke arah laut selatan. Mungkin ada kaitannya dengan pantai Parangtritis maupun hal mistis mengenai Nyi Roro Kidul? Entah siapa yang tahu.

Batu yang digunakan di candi ini bukanlah batu andesit. Pokonya candi Gembirowati ini unik gaes! Batu yang disusun untuk bangunan candi adalah batu gamping yang mana berasal dari terumbu karang laut. Dan di candi Gembirowati ini adalah candi bangunan tunggal yakni tanpa candi perwara (pendamping).

Di sekitar lokasi terdapat sungai dengan air yang jernih. Mungkin mirip kepada air terjun mini. Sungai ini melewati bebatuan. Cukup heran karena Gunungkidul kan daerah yang terkenal susah air, tetapi ini ada air mengalir dengan gemericik. Kemudian adapula kolam yang besar kemungkinan bekas digunakan untuk menampung air.

Di candi Gembirowati ini juga terdapat bagian lain yang belum diungkap.

Sudah pernah ditata namun akhirnya ditutup tanah lagi karena belum ada perencanaan untuk ekskavasi sepenuhnya. Dekat dengan candi Gembirowati adalah sebuah sendang yang bernama sendang Beji. Tidak hanya Pantai Parangtritis saja kan? Hehehe

Anda tertarik tour di Jogja dan sekitarnya namun tidak ingin ribet? Kami menyediakan paket wisata Jogja / paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja / sewa mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Selamat berlibur. 🙂

Immanuel

About Immanuel

08112635846