candi pendem tugu wisata

Candi Pendem: Satu Dari Trilogi Candi di Muntilan Dengan Pemandangannya

www.tuguwisata.com – Sejarah mengenai situs percandian selalu menarik untuk dibahas. Bekas dataran kerajaan Mataram Kuno ini rupanya meninggalkan banyak sekali situs bersejarah khususnya tempat beribadah seprti candi. Tak hanya di Yogyakarta, kabupaten Magelang Jawa Tengah pun memiliki candi-candi yang menarik untuk dikenal lebih dalam. Adalah Candi Pendem misalnya.

Candi Pendem Muntilan Magelang pada awalnya ditemukan oleh petani yang mencangkul lahan, kemudian digali oleh seorang Belanda bernama de Plink. Penggaliannya tidak ia lakukan seorang diri namun juga bersama dengan masyarakat. candi ini berada di Dusun Sengi, Kabupaten Magelang, Kecamatan Dukun, Jawa Tengah. Candi Pendem ini merupakan candi Hindu yang berlokasi tidak jauh dari candi Triloginya yakni Candi Lumbung dan Candi Asu. Ketiga candi tersebut juga dikenal dengan sebuatan candi-candi Sengi.

candi pendem tugu wisata

Instagram: @indrawati2309_

Candi Pendem dibangun sekitar abad ke 9 pada masa pemerintahan Kerajaan Mataram Kuno oleh seorang Maharaja Rakai Kayuwangi Dyah Lokapala.

Nama setiap candi yang diberikan memiliki makna. Disebut Candi Pendem karena candi ini berada di tanah yang rendah alias awalnya terpendam. Lokasinya sekitar 150 meter sebelah timbur dari candi Asu dan juga 50 meter selatan Sungai Pabelan. Bangunan candi menghadap ke  arah barat. Denah candi Pendem ini berbentuk bujur sangkar dengan panjang 11,9 meter dan juga lebar 11,9 meter.

Bangunan Candi Pendem yang tersisa ialah kaki dan juga sebagian tubuh candi bagian bawah. Yang dapat Anda temukan dari candi ini adalah hiasa dengan motif sulur gelung yang keluar dari jambangan. Di bagian tengah ikal sulur adalah burung bangau yang membuka sayap. Panil terseut diapit oleh pilaster yang bersebelahan dengan relief Ghana.

Candi Pendem ini memiliki ukuran lebih besar daripada candi Asu. Akan tetapi tidak ada arca, yoni, maupun prasasti yang bisa ditemukan. Menurut perkiraan, candi ini didirikan bebarengan dengan Candi Asu dan Candi Lumbung yang mana letaknya tidak begitu jauh dari Candi Pendem.

candi pendem tugu wisata

Instagram: @

Ada alam yang siap menyapa

Meski candi berada di kompleks pertanian warga, namun candi ini cukup diminati pengunjung. Karena selain mengamati situs ini pengunjung juga menikmati kesegaran alam yang ada di sekeliling candi. Nuansa hijau memang terpukau dan memanjakan mata.

Dan juga walaupun candi ini berada di lokasi yang cukup sulit dari jangakauan kendaraan namun candi Pendem ini cukup banyak diminati wisatawan domestic maupun mancanegara yang ingin berwisata sejarah. Semua perjuangan penjejakan langkah akan terbayar ketika sudah menamapakan kaki ke kompleks candi. Selain candi ini Anda juga bisa menilik candi Asu dan Candi Lumbung yang ada tidak jauh dari Candi Pendem. Selamat berlibur.

Anda tertarik tour di Jogja dan sekitarnya namun tidak ingin ribet? Kami menyediakan paket wisata Jogja / paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja / sewa mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Selamat berlibur. 🙂

Immanuel

About Immanuel

× 08112635846