situs mantup tugu wisata

Situs Mantup Ini Menjadi Spot Pernikahan!

www.tuguwisata.com – Banyaknya situs bersejarah yang ada di Yogyakarta dan sekitarnya tidak lain adalah sejarah dari kerajaan besar di Jawa yaitu Mataram. Sebelum letupan gunung Merapi secara dahsyat menrjang kawasan Jogja dan sekitarnya, kerajaan ini telah dikenal warganya menganut ajaran agama Hindu dan Buddha. Oleh karena itu, keberadaan candi dan situs bersejarah seperti berserakan di setiap sudutnya. salah satunya yaitu situs Mantup.

Situs Mantup Yogyakarta merupakan salah satu situs yang ikut menjadi kelengkapan situs bersejarah yang ada di Yogyakarta. Situs ini berada di kabupaten Bantul. Dahulu, situs ini berfungsi sebagai tempat untuk melangsungkan upacara pernikahan. Hal ini terlihat dari adanya arca Kalyanasundaramurti yang emnggambarkan sepasang lelaki dan perempuan dalam posisi berdampingan dan bergandengan tangan. Gambaran ini merupakan bentuk dari kisah perkawisan Syiwa dan Parwati.

situs mantup tugu wisata

Instagram: @rizki_yuli_w

Situs Mantup Tidak Sengaja Ditemukan

Situs ini ditemukan oleh penduduk pada Juli 1991 yang sedang melakukan penurunan tanah untuk pengairan tahun 1991. Namun belum juga diketahui kapan dibangun, namun menurut perkiran dibangun pada abad ke 9.

Situs Mantup atau candi Mantup terdiri dari tiga buah candi yang berjajar dari utara hingga selatan dan menghadap ke arah barat. Candi pertama berada di paling utara dengan ukuran 1,5 x 1,2 meter dengan tinggi 70 cm yang terbuat dari batu bata. Di dalamnya adalah sebuah lubang dengan bentuk persi dengan ukuran 25 cm x 25 cm.

Candi kedua memiliki ukuran 1,3 cm x 1,3 cm dengan tinggi 50 cm dan terbuat dari batu putih. Candi ketiganya berada paling selatan dengan ukuran 1,8 cm x 1,8 cm dan juga terbuat dari abut putih. Di tengah candi ketiga ini ada sebuah lubang dengan ukuran 80 x 80 cm.

Adanya arca Kalyanasundaramurti dan sumur yang ada pada candi menandakan candi lebih bersifat ke agama Hindu khususnya untuk pemujaan Dewa Siwa. Sayangnya tubuh dan atap candi tidak diketahui bagaimana bentuknya.

situs mantup tugu wisata

Instagram: @goten444

Lokasi dan Akses

Lokasi Situs Mantup terletak di dusun Mantup, Desa Baturetno, Kecamtan Banguntapan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Lebih tepatnya ada di Jlaan Jogja-Wonosari km 7. Untuk menempuh ke situs ini pengunjung harus melewati pematang sawah dan juga bisa bertanya kepada penduduk setempat.

Sebuah lokasi yang bisa dijadikan alternative wisata sejarah ketika menapaki diri ke kota Yogyakarta. Jadi tidak hanya kenal candi Prambanan, Istana Ratu Boko atau juga Candi Plaosan saja ya gaes. Kamu bisa juga singgah dengan berwisata sejarah ke lokasi ini. Semoga semakin bertambah wawasan. Salam.

Anda tertarik tour di Jogja dan sekitarnya namun tidak ingin ribet? Kami menyediakan paket wisata Jogja / paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja / sewa mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Selamat berlibur. 🙂

Immanuel

About Immanuel

08112635846