candi umbul tugu wisata

Ini Dia Candi Umbul Lokasi Pemandian Air Panas Putera dan Puteri Kerajaan Kala Itu

www.tuguwisata.com – Ketika membicarakan candi yang ada di dataran bekas kerajaan Mataram Kuno pastilah ada bayanga tentang candi yang begitu menarik yang memiliki tinggi dan relief yang bercerita. Namun berbeda dengan Candi Umbul Magelang. Candi Umbul Magelang adalah candi dari situs purbakala pemandian air panas yang berada di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Dibangun sejak zaman dahulu yakni zaman Wangsa Dinasti Syailendra dan hingga kini masih terus dijaga dan bahkan merupakan salah satu tempat wisata favorit keluarga.

Menemukan Candi Umbul ini kalian harus menempuh perjalanan menuju ke Kartoharjo, Kecamatan Grabag, Magelang. Dari arah Yogyakarta kamu bisa menempuh jalan ke pertigaan Desa Krincing menuju Grabag dan selanjutnya ikuti papan petunjuk menuju ke kawasan wisata Candi Umbul Magelang.

candi umbul tugu wisata

Instagram: @adninasbi

Asal Usul Candi Umbul

Awal mula penamaan candi Umbul adalah dari kata “umbul” sendiri yang merupakan sumber mata air yang keluar dari dasar kolam menyembul layaknya gelembung atau juga masyarakat biasa menyebut dengan “mumbul”.

Pemandian ini terbagi menjadi dua lokasi. Pertama adalah bagian atas. Di bagian atas ini adalah kolam air panas yang memiliki kandungan sulfur, sedang di bagian kedua adlaah air dingin. Keseluruhan kola mini dikelilingi dengan batu andesit. Siapa sangka, kolam pemandian ini adalah tempat mandi para putra dan putri bangsawan. Mirip dengan Taman Sari Water Castle yang ada di Yogyakarta bedanya Candi Umbul ini berada di tengah alam yang masih dijaga.

Adapun keunikan dari kolam yang ada adalah sejumlah bebatuan situs yang berjejer rapi di tepi kolam. Adapula berbagai relief binatang dan tumbuhan, ada pula stupa di bagian puncak candi. Keberadaan pondasi yang ada di sudut dasar kolam berperan sebagai tiang penyangga ataupun tiang pelindung. Bebatuan lain ada yang berbentuk lingga datang adalah alas duduk yang memiliki fungsi bersemedi para ksatria. Juga dilihat dari relief dan beberapa petilasan berbentuk lingga dan yoni yang ada di candi Umbul ini membuktikan bahwa candi ini merupakan candi Hindu.

Apabila menilik kembali sejarah perkembangan Kerajaan Mataram Kuno, kemugkinan candi ini dibangun masa Dinasti Sanjaya yang menganut agama Hindu. Yang bisa kamu temukan di kolam ini adalah ada banyak batu umpak dengan bentuk lingga di permukaannya.

Meski kola mini menggandung sulfur namun tidak ada bau sulfur sama sekali lho

candi umbul tugu wisata

Instagram: @wisatajateng

Bagian terunik dari pemandian ini yang tentu berbeda dari pemandian air panas lain pada umumnya. Kandungan belerang yang ada di kawasan candi Umbul ini terbukti bisa menyembuhkan penyakit kulit karena suhu airnya menjadi terapi tulang dan memberikan pelancaran peredaran darah.

Mandi air panas di candi Umbul ini cukup banyak diminati wisatawan juga penduduk setempat. Adanya kehangatan alami dari air panas dan juga sebagai terapi yang menenangkan hanya cukup membayar tiket masuk Candi Umbul Rp. 3.500 per orang bagi dewasa dan 2.500 bagi anak-anak, meskipun sewaktu-waktu dapat berubah. Harga sangat murah dibandingkan ke kolam renang biasa yang ada di perkotaan.

Sebuah destinasi menarik seperti ini sudah kamu coba? Asyik sekali lho! Dari Candi Umbul kamu juga bisa mengunjungi candi lain yang ada di Magelang. Sekali mendayung duua tiga pulau terlampaui kan? Kapan lagi wisata asyik lagi murah begini kan? Ayo wisata tidak melulu ke Plaza atau Ngadem di AC saja lho. Sejukan matamu dan badan serta pikiran di Candi Umbul Magelang gaes!

Anda tertarik tour di Jogja dan sekitarnya namun tidak ingin ribet? Kami menyediakan paket wisata Jogja / paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja / sewa mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Selamat berlibur. 🙂

Immanuel

About Immanuel

08112635846