Candi Kadisoka Tugu Wisata

Hanya Kakikah Yang Tersisa di Candi Kadisoka? Simak Alasannya

www.tuguwisata.com – Tentang Candi Kadisoka. Rupanya memang benar. Jogja kalau digali mungkin isinya candi semua ya gaes. Kota Gudeg ini memang tidak hanya memiliki namun banyak sekali candi yang tersebar di kawasan Yogyakarta dan sekitarnya. Mengingat sejarah akan kerajaan Mataram Kuno yang pada zamannya banyak menganut agama Hindu dan Buddha. Tentu menjadi suatu hal yang tidak heran jika dikawasan Jogja dan sekitarnya penyebaran candi amat banyak.

Instagram: @yayan068

Selain ada Prambanan yang merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia dan candi Borobudur sebagai candi Buddha terbesar juga, adalah beberapa candi lain yang turut menjadi temapt peribadatan para masyarakat Jawa pada zamannya. Namun tidak semua candi yang ditemukan dalam keadaan utuh. Banyak candi-candi yang ada di Jogja misalnya mengalami banyak kerusakan dan tertimbun tanah. Penimbunan tanah ini juga ada kaitannya dengan meletusnya Gunung Merapi yang pernah terjadi secara besar-besaran dan menutup kawasan Jogja sekitarnya sehingga Kerajaan Mataram Kuno juga turut menghilang.

Candi Kadisoka Dapat Dikatakan Cukup Miris Karena Sudah Tidak Lengkap Lagi

Sebuah candi yang berada di Dusun Kadisoka, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta adalah salah satu candi yang keberadaannya ditemukan masih belum lengkap. Bernama candi Kadisoka, sebuah candi yang tepatnya tidak jauh dari candi Sambisari.

Candi Kadisoka Tugu Wisata

Instagram: @dtinta

Candi ini dipagar dan berbeda dari penjagaan candi lain yang ada di Kalasan seperti candi Sambisari. Sejarah candi Kadisoka ini ditemukan awalnya oleh penambang pasir pada tahun 1990 akhir. Kasusnya sama dengan candi Sambisari yang juga berada di bawah permukaan tanah. Candi Kadisoka ini mengalami kendala pemugaran karena masalah dana, oleh karena itu candi ini hanya sebatas dipagar dan dibangun bilik penjaga pada bulan Desember 2008.

Hingga kini bagian yang paling terlihat dari candi Kadisoka ini adalah bagian timur kaki candi. Mungkin awalnya pihak BP3 Yogyakarta mencoba menggali sisi timur candi untuk menemukan pintu masuk namun juga tidak ditemukan apapun. Luas kaki candi Kadisoka ini cukup kecil. Mungkin Candi Kadisoka ini memliki bentuk seperti candi Gebang.

Ada Dugaan Candi Kadisoka Ini Bekas Sapuan Lahar Dingin

Bagian kaki candi Kadisoka ini tertutup tanah sekitar satu meter. Menurut dugaan candi Kadisoka ini mengalami nasib akibat sapuan lahar dingin yang menutup semua bagian dan hilang terseret arus. Atau ada praduga lain yang memungkinkan batu-batu yang ada diambil oleh tangan tidak bertanggung jawab untuk bahan bangunan. Namun siapa tahu?

Candi Kadisoka Tugu Wisata

Instagram: @prasetiyohadisarono

Tidak ada arca maupun relief. Namun bagi kamu yang suka belajar sejarah dan ingin menilik Candi Kadisoka ini sangat boleh gaes! Bisa jadi membuat aura pemugaran segera dirampungkan dan menjadi wisata seajrah atau situs percandian yang bisa dilirik selain candi Sambisari yang ada didekatnya. Salam Dolaners

Anda tertarik tour di Jogja dan sekitarnya namun tidak ingin ribet? Kami menyediakan paket wisata Jogja / paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja / sewa mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Sewa mobil di Jogja di Tugu Wisata mulai dari sewa Avanza Jogja hingga sewa Alphard Jogja. Selamat berlibur. 🙂

Immanuel

About Immanuel

08112635846