Belalang Goreng: Cita Rasa Makanan ‘Ekstrim’ Ini Seperti Udang Lho!

www.tuguwisata.com – Satu lagi makanan khas Gunungkidul yang terbilang cukup ekstrim bagi sebagian pengunjung yang belum mengetahui ketenarannya yakni belalang goreng. Belalang yang berterbangan dan menjadi hama yang berkah bagi para produsen pembuatan belalang goreng.

Belalang Goreng menjadi salah satu makanan yang cukup ekstrim karena hanya bisa ditemui di daerah pegunungan karst ini. Rasa belalang yang gurih dan juga renyah ini membuat banyak orang ketagihan.

Jika di lapisan masyarakat lain belalang adalah belalang yang diburu untuk sekedar ditangkap sebagai pakan burung, bagi masyarakat Gunungkidul belalang dimanfaatkan untuk bahan lauk pauk. Karena hewan ini rupanya kaya akan protein. Jika yang pernah merasakan tentu rasa belalang ini mirip dengan rasa udang.

Belalang goreng atau walang goreng tugu wisata

Instagram: @randomkulinerjogja

Bukan Sembarang Belalang

Jenis belalang yang diolah untuk makanan pastinya tidak sembarang belalang. Belalangnya adalah belalang kayu yang hidup di dahan pohon jati dan juga semak-semak yang banyak tumbuh di kawasan Gunungkidul.

Jika Anda berkunjung ke Gunungkidul pasti Anda akan menemukan banyak penjual ang berderet di pinggir jalan menjajakan belalang goreng baik yang sudah dalam kemasan maupun yang telah di sate. Rasa yang ditawarkan dibelalang ini biasanya gurih pedas manis.

Belalang goreng atau walang goreng tugu wisata

Instagram: @jw.liang.de.zun

Bumbu yang digunakan untuk menggoreng belalang ini cukup sederhana karena bisa menggunakan bawang putih, ketumbar, dan garam. Kemudian untuk rasa pedasnya bisa ditambahi cabai. Sebelum digoreng belalang dibersihkan terlebih dahulu dari kotoran yang ada di tubuh belalang.

Selanjutnya belalang digoreng hingga kering. Setelah digoreng barulah ditambah dengan bumbu-bumbu tersebut dan dimasak lagi agar bercampur. Renyahnya bisa diikmati di semua bagian tbuh termasuk kepala dan kakinya.

Belalang goreng atau walang goreng tugu wisata

Instagram: @javafoodie

Harga Belalang Goreng

Banyaknya belalang biasa ditemui pada musim penghujan. Karena apabila di musim kemarau belalang susah dicari karena jumlahnya sedikit. Dalam satu toples kemasan belalang goreng ini biasa dihargai dengan Rp. 20.000 hingga Ro. 30.000.

Olahan belalang ini bisa bertahan hingga satu bulan yang mana sangat cocok digunakan sebagai buah tangan ketika berkunjung ke Gunungkidul ini. selain nikmatnya belalang goreng sebagai camilan, pengunjung juga bisa menikmatinya dengan ditemani nasi sebagai lauk dan juga sambal.

Bagi kalian yang alergi protein tinggi sebaiknya hati-hati memakan makanan khas ini. bagi yang tidak memiliki alergi maka sah-sah saja jika mengonsumsinya dengan nikmat. Selamat mencoba. Nah jika Anda kebetulan wisata dengan paket tour Jogja bersama kami, bisa nih setelah dari Wisata Gunungkidul. Yuk liburan bersama kami. Kami juga menyediakan sewa mobil di Jogja mulai dari sewa mobil Avanza hingga sewa mobil Alphard.

Immanuel

About Immanuel

× 08112635846