Datang Ke Jogja Wajib Deh Ke Tugu Jogja, Sebuah Landmark Jogja Lengkap Dengan Filosofinya

www.tuguwisata.com – Kalau kalian menjejaki wisata di Jogja pasti sudah tidak asing lagi dengan ikon-ikon yang ada di kota Istimewa ini bukan? Selain Prambanan, Malioboro, pasti kalian mengenal Tugu Jogja yang berdiri di perempatan itu kan?

Tugu Jogja memang menjadi landmark kota Jogja yang sangat terkenal. Monumen ini berada di perempatan Jalan Pangeran Mangkubumi, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan AM Sangaji, dan juga Jalan Diponegoro. Tugu Jogja ini telah berusia hampir 300 tahun lho. Tugu ini bukan sembarang tugu melainkan ada banyak rekaman sejarah dan makna di kota Yogyakarta.

Tugu Jogja Tugu Pal Putih Tugu Wisata

Instagram: @jogjaku

Kapan Berdirinya Tugu Jogja?

Tugu ini dibangun sekitar setahun setelah berdirinya Kraton Yogyakarta. Awal berdirinya Tugu ini menyatakan Manunggaling Kawul Gusti, semangat persatuan rakyat dan para penguasa untuk melawan penjajah pada masa itu.

Semangat persatuan tersebut disebut dengan golong gilig yang jelas tergambar di bangunan tugu. Tiang yang berbentuk silinder atau gilig, dan puncaknya yang berbentuk bulat atau golong. Oleh karena itu Tugu ini juga disebut sebagai Tugu Golong Gilig.

Tugu tersebut dibangun dengan pada awalnya dengan bentuk tiang silinder yang kemudian mengerucut ke atas. Bagian dasarnya berupa pagar yang melingkar. Sementara itu d bagian puncaknya berbentuk bulat. Dan untuk ketinggian bangunan Tugu itu sendiri awalnya hanya mencapai 25 meter.

Akan tetapi pada tanggal 10 Juni 1867 gempa yang menguncang kota Gudeg ini membuat bangunan Tugu tersebut runtuh. bisa diartika bahwa saat runtuh tugu tersebut masih dalam masa transisi sebelum makna persatuannya benar-benar tercermin.

Hingga pada tahun 1889, keadaannya berubah. Saat itu pemerintah Belanda membangun kembali dan merenovasi bangunan Tgu. Tugu yang dibuat berbentuk persegi dengan setiap sisinya dihias dengan semacam prasasti untuk menunjukkan siapa saja yang ikut andil dalam renovasi tersebut.

Bagian puncaknya sudah tidak lagi bulat melainkan kerucut yang runcing. Sementara itu ketinggiannya justru menjadi lebih rendah yakni sekitar 15 meter lebih rendah dari bangunan sebelumnya. Dari hasil renovasi tersebut akhirnya tugu tersebut dinamakan De Witt Paal atau Tugu Pal Putih.

tugu jogja tugu pal pputih tugu wisata

Instagram; @jogjaku

Ada Kisah Balik Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Tugu Jogja

Perombakan bangunan pada saat itu adalah taktik dari Belanda untuk mengikis persatuan antara rakyat dan raja. Akan tetapi semenjak melihat perjuangan rakyat dan raja yang berlangsung sesudah renovasi tersebut, akhirnya upaya Belanda gagal.

Jika Anda ingin berkunjung ke Tugu Yogyakarta sembari menilik filosofisnya adalah bangku yang berada di pojok jalan Mangkubumi. Kawasan Tugu ini juga menjadi kawasan wisata malam gratis bagi para pengunjung.

Menilik Tugu Jogja juga bisa lengkap dengan menyantap angkringan KR yang lokasinya tidak jauh dari kawasan Tugu Pal Putih. Selain angkringan pengunjung juga bisa menikmati Kopi Joss yang menjadi minuman kopi dari arang panas.

Selain sebagai wisata malam, banyak juga yang berfoto dengan background Tugu tersebut. Ada juga yang mengabadikannya sebagai foto Pre-Wedding dengan konsep Kejawen yakni menggunakan lurik serta becak yang menjadi kendaraan tradisional yang masih ada hingga saat ini di kota Jogja. Dari kota Istimewa yang penuh kenangan ini, sudahkah ada keinginan untuk menilik (kembali) kota ini? Anda tertarik wisata di Jogja dan sekitarnya namun tidak ingin ribet? Kami menyediakan paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Mulai dari sewa Avanza Jogja hingga sewa Alphard Jogja. Selamat berlibur. 🙂

 

Immanuel

About Immanuel

08112635846