Alaminya Air Terjun Grojokan Pucung Dibalik Lereng Pegunungan Seribu! Yakin Ngga Mau Kesini?

www.tuguwisata.com – Berwisata air terjun juga menjadi pilihan wisata para pengunjung yang menyukai kedamaian dari alam. Lantunan bunyi gemercik air terjun dan juga riak-riaknya serta angin yang menembus sela pepohonan seakan mengisyaratkan betapa luar biasa alam yang ada di Indonesia ini. Memilih Yogyakarta sebagai tempat wisata adalah pilhan tepat. Karena di Yogyakarta selain memiliki wisata sejarah juga memiliki banyak wisata alam seperti air terjun. Salah satunya air terjun Grojokan Pucung.

Lokasi Air Terjun Grojokan Pucung ini berada di Kampung Pucung, Seloharjo, Pundong, Bantul. Yang mana lokasinya masih sangat tersembunyi dibalik hutan lereng pegunungan Seribu bagian barat. Sangat alami dan masih sepi.

Air terjun ini mempunyai debit air yang cukup stabil karena tetap mengalir di kedua musim. Aliran yang mengalir adalah sumber mata air yang mana kondisinya sangat jernih dan juga mengalir deras.

Air Terjun Grojokan Pucung

Instagram: @gunawanjir

Mungkin Masih Terdengar Asing Dibanding Rekan Lainnya

Nama air terjun Pucung atau Grojokan Pucung ini memang masih asing dibanding dengan curug Banyunibo, dan Air Terjun Seribu Batu. Akses menuju ke lokais bisa dari jalur Imogiri/Siluk – Parangtritis, kemudian memasuki Desa Seloharjo, Pundong. Selanjutnya menuju ke arah kampung Pucung. Jika belum tahu pengunjung bisa menanyakan langsung ke warga setempat lokasi kampung Pucung.

Jalanan masih sangat sepi dan kondisinya merupakan jalan setapak menanajak dan juga sedikit licin. Kemudian kendaraan bisa dititipkan di rumah warga yang berada di dekat ujung gang. Selanjutnya menyusur jalan setapak yang berada di tengah hutan lebat juga sepi.

Tidak jauh dari lokasi susur jalan, suara gemercik air muai terdengar. Benar saja, lokasi air tersebut berada di dasar jurang yang berada persis di pinggir jalan setapak hingga berakhir ke sebuah aliran bangunan irigasi. Kemudian air terjun Grojokan Pucung berada persis di atasnya. Aliran tersebut dibendung dan dialirkan ke rumah-rumah penduduk melalui saluran irigasi dan pralon-pralon.

Air Terjun Grojokan Pucung Tugu Wisata

Instagram: @gunawanjir

Ada Baiknya Jika Berkunjung Ke Air Terjun Grojokan Pucung Ini Saat Musim Hujan!

Dari jalan, air terjun ini sudah cukup nikmat dinikmati. Lebih asyiknya memang jika berkunjung pada musim hujan agar debet airnya cukup deras dibanding dengan musim kemarau. Kalau kalian ingin lebih mendekat mungkin bisa lebih berhati-hati karena air terjun ini terbilang maish sangat alami dan belum banyak yang menjamah jadi akses untuk menuju ke air terjun langung juga belum melalui tahap pengelolaan.

Yuk yang ingin wisata ke tempat-temapt menarik di Jogja. Kami menyediakan paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Mulai dari sewa Avanza Jogja hingga sewa Alphard Jogja. Selamat berlibur. 🙂

Immanuel

About Immanuel

× 08112635846