suaka margasatwa sermo tugu wisata

Suaka Margasatwa Sermo Ini Lokasi Belajar Flora Fauna Langsung Dari Sumbernya

www.tuguwisata.com – Belajar teori tanpa praktek mungkin menjadi angan belaka. Dengan melihat buku atau internet mungin sudah cukup tahu, sekedar tahu, namun itu saja kurang lho ya. Mungkin belajar langsung dengan alam bisa menjadi suatu pembelajaran alternative dengan adanya interaksi langsung bersama segala habitat yang ada disekelilingnya. Di Yogyakarta mungkin sudah kenal dengan adanya Gembira Loka Zoo, dan adalagi nih di Kulon Progo namanya Suaka Margasatwa Sermo.

suaka margasatwa sermo tugu wisata

Instagram: @waf_fiq

Suaka Margasatwa Sermo merupakan suatu kawasan tempat tinggal para satwa yang cukup dijadikan lokasi pembelajaran langsung.

Terletak di sekitar 26 km dari Yogayakarta. Secara administrative lokasi Suaka Margasatwa Sermo ini berada di tiga desa yakni Desa Hargowilis dan Desa Hargorejo. Lokasinya berada di kecamatan Kokap. Serta di desa Karangasri yang masuk ke dalam wilayah kecamatan Pengasih, Kulon Progo, Yogyakarta.

Luas area Suaka Margasatwa Sermo ini adalah 181 ha, yang maa terletak pada ketinggian beragam seperti 70 meter di atas permukaan laut sampai pada ketinggian 100 meter di atas permukaan laut.

Suaka Margasatwa ini ruapnya menjadi penopang sumber air di waduk sermo. Mulanya Suaka Margasatwa iniadalah hutan yang fungsinya sebagai hutan produksi yang telah dikelola Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. juga sebagai pelaksana ada di bawah Dinas Kehutanan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Selanjutnya hutan ini memang difungsikan sebagai hutan lindung hingga sekarang.

suaka margasatwa sermo tugu wisata

Instagram: @handono_dr

Ekosistem di kawasan hutan ini adalah ekosistem di pegunungan rendah yang mana tanamannya merupakan hasil reboisasi oleh pemerintah.

Aneka ragam hayati flora yang bersifat homogeny, sementara itu satwa lain berada di kawasan plat sunda. Udara yang lembab khas pegunungan akan menyapa seketika pengunjung memasuki area ini. beragam pepohonan yang ditanam di kawasan ini antara lain ada pinus, jati, akasia, kayu putih, dan lainnya yang mana terbagi dari petak-petak yang disesuaikn dengan jenis masing-masing pohon. Hal ini dibuat untuk pengunjung khususnya plajar atau mahasiswa bisa melakukan penelitian dengan mudah.

Keindahan di kawasan Suaka Margasatwa ini memang terlihat indah kala pagi dan sore. Yang mana sinar mentari menyinari dan memasuki area pepohonan. Bagi para pengamat dan peneliti atau juga fotografer pecinta satwa, kawsan ini sangat cocok digunakan untuk beraktivitas mengamati beragam margasatwa yang ada di kawasan ini.

Satwa yang dapat kamu temukan di kawasan ini antara lain yaitu bondol Jawa, Kapodang hitam, cucak Kutilang, Punai Gading, Tekukur, dan beragam jenis satwa lain yang bisa kamu amati langsung di alam. Menjadi suatu keasyikan tersendiri bisa mengamati keindahan suatu alam yang lengkap dengan penghuninya yang beragam dan cantik-cantik.

suaka margasatwa sermo tugu wisata

Instagram: @rikhasya

Di area sekitar kawasan Suaka Margasatwa ini pastilah adanya waduk yang ada camping groundnya.

Oleh karena itu kalau kamu ingin sekaligus nge-camp di area waduk Sermo boleh banget lho ya. Kawasan Suaka Margsatwa Waduk Sermo dan sekitarnya ini juga telah dilengkapi dengan adanya beragam fasilitas yang mendukung. Tiket masuk ke Suaka Margasatwa Waduk Sermo ini gratis lho gaes. Jadi kalau main ke kawasan Waduk Sermo ini jangan sungkan untuk bisa mampir ke kawasan Margasatwa.

Akses menuju ke lokasi terbilang cukup mudah. Dari kota Yogyakarta kalian bisa menuju ke Jalan Jogja-Wates, Sentolo-Pengasih-Kokap. Sekitar kawasan waduk Sermo ini juga terdapat beeberapa wisata lain yang mendukung. Antara lain adanya Kalibiru, Jangkang Hill, dan adapula Gumuk Sri Tinon Sermo. Happy Traveling ya gaes! Anda tertarik tour di Jogja dan sekitarnya namun tidak ingin ribet? Kami menyediakan paket wisata Jogja / paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja / sewa mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Selamat berlibur. 🙂

 

Immanuel

About Immanuel

× 08112635846