curug siluwok tugu wisata

Curug Siluwok Biru Air Jatuh Dibalik Biru Air Perbukitan Menoreh

www.tuguwisata.com – Jogja memang sangat terkenal dengan ragam wisata yang sangat mengasyikan. Tidak melulu Malioboro dan juga jajaran pantainya lho gaes. Ada di balik perbukitan Menoreh, sebuah kawasan wisata alam yang sangat rekomended buat kamu yang hobi ‘blusukan’. Kalau ngobrolin soal pegunungan Menoreh kamu juga bisa menilik banyaknya kawasan destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Misalnya air terjun.

Air terjun di Kulon Progo memang selalu mengesankan. Kalau Air Terjun Kembang Soka, Air Terjun Kedung Pedut tidaklah asing di telinga kalian lalu bagaimana dengan Air Terjun Siluwok Kulon Progo?

curug siluwok

Instagram: @marwan_donovan

Curug Siluwok ini memang menarik karena begitu asyik dikunjungi bagi para pendekar pecinta Backpacker. Tersembunyi dan belum banyak yang menjamah.

Lokasi Cuurg Siluwok ini berada di Desa Keweron, Kecamatan Samigaluh, Yogyakarta. Curug Siluwok adalah curug yang memiliki akses cukup licin dan masih agak susah. Yah perjuangan mendapatkan seorang gadis impian juga begitu kan? Harus banyak perjuangan demi mendapatkan segala keindahan dan kemolekannya. 😀

curug siluwok

Instagram: @dolansamigaluh

Air terjun yang mengalir meluncur ke bawah ini menyebabkan adanya kedung yang asyik untuk berenang. Adalah tingginya sekitar dada orang dewasa. Air terjun ini memiliki karakter yang unik dariapda air terjun lainnya. Warna air terjun yang jatuh ini berwarna biru jernih saat cuacanya cerah. Akan tetapi saat hujan deras, air yang menerjunkan diri ini berubah warna menjadi kecoklatan.

Lokasi curug Siluwok ini tidak begitu jauh dari air terjun Sidoharjo. Pada akhir-akhir ini keberadaan air terjun Siluwok menjadi banyak perbincangan di media sosial karena menjadi hits. Pastinya tidak akan ada kekecewaan setelah bertandang ke air terjun atau Curug Siluwok ini.

Air Terjun Siluwok cukup tinggi dan alirannya tidak begitu deras

Tinggi air terjun ini sekitar 20 meter. Aliran airnya memang tidak begitu deras dan juga ada kolam atau kedung di bawahnya yang bisa dimanfaatkan untuk berendam, berenang, atau sekedar main air. Adalah beberapa batu besar pula dan tebing yang dijadikan lokasi untuk loncat-loncat indah menuju ke kolam.

Harus yang punya nyali ya gaes, “nek wani aja wedi-wedi, nek wedi aja wani-wani” istilahnya yang berarti kalau berani jangan takut-takut, kalau takut jangan berani-berani. Kalau yang nyebur sih ngga bakal nyesel juga airnya dingin dan alam masih sejuk. Bikin betah pokoknya. Selain itu perlu cukup kewaspadaan karena kolam yang cukup dalam dan berada di aliran langsung.

Perjuangan menuju ke lokasi memang haru dilalui dnegan jalan setapak yang licin, membelah hutan, dan harus ekstra sabar. Kalau mau ke lokasi pastikan kamu memakai sandal yang benar ya gaes dan juga jas hujan jaga-jaga agar bisa sergap ketika hujan. Di lokasi juga tidak ada tempat berteduh.

Menjelang keeksisan curug, para waga secara swadaya turut membangun sarana dan prasarana yang dilakukan secara bertahap. Oleh karena itu ‘haram’ bagi kalian yang tidak bertanggung jawab meninggalkan sampah serta tidak menjaga keharmonisan alam di sekitar curug.

curug siluwok tugu wisata

Instagram: @siswantobudi787

Kalau sudah membantu membuat eksis curug Siluwok ini berarti sama artinya dengan memabntu membuat kawasan wisata di Indonesia semakin dikenal dunia. Happy Travelling gaes. setelah dari curug Siluwok kamu bisa mampir ke curug lain yang ada di sekitarnya adalah Taman Sungai Mudal, Air Terjun Sidoharjo, Air Terjun Grojogan Sewu, dan masih banyak yang lainnya. Siapkan fisik prima dan selamat nge-trip. 🙂

Anda tertarik tour di Jogja dan sekitarnya namun tidak ingin ribet? Kami menyediakan paket wisata Jogja / paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja / sewa mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Selamat berlibur. 🙂

Immanuel

About Immanuel

08112635846