Soto Lamongan Hijroh: Koya Khas Lamongan Dan Kisah Dibaliknya

www.tuguwisata.com – Kuliner Soto Lamongan yang berada di Jogja juga teetap eksis di lidah para penggemarnya. Soto lamongan yang terkenal dengan kuah koyanya bisa Anda temukan di salah satu soto lamongan bernama Soto Lamongan Hijroh. Jika pada umumnya soto-soto diberi nama sesuai sang pemilik, soto lamongan ini berdasarkan kisah.

Soto Lamongan Hijroh berada di jalan AM. Sangaji Yogyakarta yakni tepatnya berada di depan Hotel Tentrem. Warung soto ini telah dibuka sejak tahun 2006 dan biasa dibuka mulai jam 9 pagi hingga jam 6 sore atau hingga sampai habis,

Untuk menuju ke lokasi bisa dari arah Tugu Jogja lurus ke utara menuju ke Monumen Jogja Kembali. Jika telah menemukan hotel Tentrem di kanan jalan, tengoklah ke kiri diantara kios warung makan. Ada nama besar yang bisa menjadi patokan Anda.

Warung soto lamongan ini terbilang cukup banyak peminatnya karena selalu ramai dan hampir semua kursi penuh setiap harinya. Menu utama di soto ini jelas soto lamongan dengan kuah koyanya. Untuk pemesanannya bisa soto campur, soto nasi terpisah, dan juga adanya penambahan daging ayam, atau juga dengan penambahan kepala ayam atau jeroan.

Soto Lamongan Hijroh Tugu Wisata

Instagram: @jogjataste

Asal Mula Penamaan Soto Lamongan Hijroh

Asal muasal dari penamaan Hijroh sendiri adalah kisah sang pemilik yang hijrah alias berpindah. Maksudnya adalah pada awalnya pemilik mengakui pernah berpenghasilan dari judi. Namun akhirnya beliau ‘hijrah’ dengan mendirikan soto lamongan sebagai penghasilan yang halal.

rasa soto Lamongan ini tidak jauh berbeda sari soto Surabaya. Komposisinya mie soun, irisan kol, telur, potingan daging, dan juga bumbu rempah-rempah khas Jawa Timur. Bedanya adalah soto Lamongan ini lebih terlihat encer dan tidak menggunakan santan. Penggantinya adalah dengan menggunakan bumbu koya khas Lamongan.

Rasanya segar, gurih, dan juga penuh rempah. Potongan daging ayamnya terasa gurih dan rendah lemak karena daging yang digunakan adalah dari ayam kampung. Koya atau poya ditambahkan degan maksud agar cita rasa makanan menjadi lebih gurih. Oleh karena itu warung soto Lamongan ini terbilang salah satu soto yang berada di Jogja dan favorit di lidah para penikmatnya. Harganya juga cukup murah dan sebanding dengan cita rasa yang diberikan di soto Lamongan Hijroh ini.

Bagaimana? Anda tertarik untuk menikmatinya? Jangan sampai terlewatkan jika di Jogja, soto Lamongan ini bisa menjadi referensi sarapan yang recommended! Nah kalau kamu ingin berkeliling jota Jogja juga kulineran bisa nih jalan-jalan bersama kami. Kami menyediakan paket tour Jogja yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan sewa mobil di Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Selamat berlibur. 🙂

Immanuel

About Immanuel

08112635846