Kurang Lengkap Rasanya Kalau Kamu Ke Jogja Belum Nyicip Makanan Khas Bantul Ini!

www.tuguwisata.com – Yogyakarta memang tidak sekedar terkenal dari wisata alamnya saja, namun juga ada wisata budaya dan wisata kuliner yang kerap diburu oleh para wisatawan kala menghabiskan waktu di kota Pelajar ini. Tidak hanya Gudeg, di kabupaten Bantul ada beberapa makanan khas Bantul yang wajib Anda coba ketika berkesempatan mengunjungi kabupaten yang berada di selatan kota Jogja ini.

  1. Sate Klathak Sebagai Makanan Khas Bantul Paling Hits

Jika Anda pernah menonton film AADC 2, kuliner khas Bantul yang satu ini pasti tidak asing lagi. Sate Klatak dengan filosofii bunyi “klatak-klatak” saat dibakar. Kuliner sate yang biasanya dijumpai di daerah Imogiri, Bantul. Sate Klathak ini adalah sate dari potongan daging kambing muda yang dibumbui garam dan dibakar di atas arang. Satu yang menarik adalah tusukannya yang bukan menggunakan bamboo namun dengan jeruji sepeda. Sajiannya lengkap dengan kuah gulai. Mantap jiwa!

Sate Klathak Tugu Wisata

Instagram: @kulinerjogja

  1. Gudeg Manggar

Gudeg Manggar juga bagian dari mascot kabupaten Bantul Yogyakarta. Jika pada umumnya Gudeg dari potongan nangka, gudeg satu ini memiliki bahan baku dari manggar, bunga pohon kelapa yang muda. Gudeg Manggar ini kemudian dimasak dengan potongan ayam kampung dan juga telur ayam. Rasanya sangat khas dan tidak ada duanya di lokasi lain.

Gudeg Manggar Tugu Wisata

Instagram: @masclink_kulineran

  1. Karangan

Sebuah olahan jajanan yang dibuat secara tradisional berbentuk agar-agar. Namun Karangan ini berbeda dari agar-agar pada umumnya. Rasa pada karangan ini sedikit asin ada sedikit amis serta tekstur dari rumput laut di olahan ini sangat terasa. Makanan ini lebih nikmat diisajikan dengan kethak, sambal parutan kelapa dan juga bothok. Untuk menikmatinya makanan biasa ditemukan di pasar-pasar tradisonal di wilayah Kretek, Bantul.

kuliner karangan tugu wisata

Sumber: arsip.tembi.net

 

  1. Bakmi Pentil

Bakmi Pentil adalah makanan khas Bantul khususnya khas daerah Kecamatan Pundong, Bantul. Bahan dasar dari mie Pentil ini adalah pati ketela. Mie ini memiliki keunikan yang berbeda dari mie lainnya. Bentuknya panjang dan ukurannya besar. Mempunyai dua warna khas yaitu kuning dan putih. Dan yang sangat khas adalah rasa kenyalnya sehingga disebut sebagai mie pentil.

Mie Penthil Khas Bantul Tugu Wisata

Instagram: @hermawan_wardoyo

  1. Peyek Tumpuk

Peyek pada umumnya dijumpai dengan bentuk yang pipih, namun di bantul ini ada peyek yang khas dengan bentuknya yang bertumpuk dan tidak beraturan hampir bulat. Kacang tanah yang berada di peyek ini seolah mencari tempat bersama kawannya sehingga makanan tersebut lebih dikenal dengan sebutan Peyek Tumpuk.

peyek tumpuk tugu wisata

Instagram: @mochiql

  1. Kue Geplak

Adalagi makanan yang menjadi mascot kuliner Bantul. Kue Geplak. Sebuah kue yang berasal dari parutan kelapa dan juga gula jawa bisa juga gula pasir. Makanan ini menghasilkan citarasa khas yang manis juga gurih kelapa.

geplak bantul tugu wisata

Instagram: @oetje

  1. Mie Des

Mie Des ini juga makanan unik rekan dari mie Pentil. “Des” merupakan kependekan dari pedes dan merupakan makanan khas Bantul terutama masyarakat Pundong yang terbuat dari pati ketela. Rasa lebih kenyal, juga ukurannya yang lebih besar. Dengan bentuk yang berbeda membuat mue ini dibuat dengan cara diiris tidak digiling seperti bakmi biasanya.

mie des bantul tugu wisata

Instagram: @kulinerjogja

  1. Kue Adrem

Berasal dari kecamatan Sanden Bantul, kue Adrem adalah kue yang terbuat dari tepung beras dan gua jawa. Kemudian kue ini digoreng sehingga rasanya manis, gurih, dan legit.  Kue ini sangat pas sebagai teman dari wedang the panas atau kopi.

kue adrem khas Bantul tugu wisata

Instagram: @iammuhammadasat

  1. Bakmi Lethek

Adalagi bakmi yang telah menjadi kuliner khas Jogja. Namun bakmi satu ini memiliki ciri khas dari bahan bakunya yaitu tepung tapioca. Cara pembuatannya masih tradisional dan khasnya mie ini memiliki warna yang kusam alias “lethek”. Mie ini juga disebut mie bendo. Diambil dari sebuah nama kampung yang biasanya memproduksi mie ini yaitu kampung Bendo, Trimurti, Srandakan, Bantul. Bakminya disajikan dengan digodog atau digoreng dengan temannya telur bebek dan suiran daging ayam kampung.

bakmi lethek tugu wisata

Instagram: @dhianfard_

  1. Wedang Uwuh

Kalau Anda mencari minuman khas Bantul dari kabupaten satu ini adalah wedang uwuh yang tidak begitu banyak ditemui di daerah lain kecuali di Imogiri. Wedah uwuh (sampah) ini merupakan racikan minuman khas yang hangat dan berkhasiat. Uwuhnya bukan sembarangan melainkan adanya rempah seperti daun cengkeh, batang cengkeh, daun pala, daun kayu manis, jahe, secang, gula batu, dan juga gula merah. Dingin-dingin menyeruput wedang uwuh ini sangatlah bermanfaat dan bisa menghangatkan badan.

Wedang Uwuh Tugu Wisata

Instagram: @hendrabaguskaka_

Demikian kuliner khas Bantul yang bisa Anda nikmati ketika berkunjung ke kabupaten di selatan kota Jogja ini. selain makanan khas Bantul, Anda juga bisa menikmati makanan khas Sleman selain Gudeg ketika Anda di Jogja

Ingin ke Jogja tidak ingin ribet? Kami menyediakan paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Mulai dari sewa Avanza Jogja hingga sewa Alphard Jogja. Selamat berlibur. 🙂

Immanuel

About Immanuel

08112635846