candi gunung wukir tugu wisata

Candi Gunung Wukir Ini Seperti Kuil Untuk Pasangan Yang Ingin Berjodoh! Kok Bisa Gitu Ya?

www.tuguwisata.com – Bergeser ke daratan dekat dengan Yogyakarta yakni Magelang. Magelang juga terkenal memiliki banyak candi yang juga merupakan bekas petilasan dari kerajaan Mataram Kuno. Seperti berdirinya candi Borobudur, candi Mendut, candi Pawon, dan candi lain yang ada. Salah satu candi yang juga menjadi bukti penyebaran tempat ibadah yang ada di Magelang adalah candi Gunung Wukir.

candi gunung wukir tugu wisata

Instagram: @inessiaika

Candi Gunung Wukir ini berada di atas bukit Wukir yang mana akhirnya disebut orang dengan nama Gunung Wukir. Berada tepat di lereng barat Gunung Merapi atau timur laut kota Muntilan. Candi ini dibangun sekitar tahun 732 M masa pemerintahan Raja Sanjaya (654 tahun saka). Untuk menuju ke lokasi kalian harus mempersiapkan fisik yang ekstra bugar karena berada di bukit di belakang dusun penduduk. dan menuju ke lokasi tidak bisa ditempuh dengan kendaraan sehingga wajib melalui jalan kaki.

candi gunung wukir tugu wisata

Instagram: @bunpiau86

Di lokasi candi Gunung Wukir banyak sekali mitos yang tersebar

Yang paling dikenal adalah adanya mitos bersama pasangan yang mana jika seseorang mengajak pasangannya ke candi Gunung Wukir inni maka pastilah mereka berjodoh. Tapi itu mitos, sah saja jika kamu nggak percaya. 😀

Kompleks candi yang saat ini memiliki wujud reruntuhan ini berukuran 50 x 50 meter persegi dan juga terbuat dari jenis batu andesit. Kompleks candi berserjarah ini ditemukan pada tahun 1879. Di lokasi ini terdapat prasasti Canggal. Prasasti Canggal ini dibuat pada tahun 732 Masehi bertuliskan huruf Pallawa dan bahasa Sanskerta.

candi gunung wukir tugu wisata

Instagram: @ogie_v

Prasasti ini memiliki cerita mengenai Raja Sanjaya yang gagah berani untuk menaklukan musuhnya. Kemudian Raja Sanjaya membangun sebuah lingga di atas bukt sebagai tanda kemenangannya. Dan menurut juru kunci candi, candi Gunung Wukir inilah yang menjadi tempat berdirinya lingga. Namun linggapun telah lenyap serta prasasti ini sudah tidak ada lagi karena telah dibawa ke Museum Nasional Jakarta.

Selain adanya prasasti Canggal, di candi Gunung Wukir ini juga ditemukan Yoni dan arca Nandi. Beruntung keduanya masih utuh. Akan tetapi ulah tangan manusia yang berkeinginan mencuri pastilah masih berlangsung. Perlu sekali adanya pelestarian dan keamanan dari benda bersejarah yang ada di Indonesia. Hasil dari masa lalu nyatanya memberikan banyak pelajaran di masa depan tentang kehidupan. 

candi gunung wukir tugu wisata

Instagram: @cak_ayupermata

Anda tertarik tour di Jogja dan sekitarnya namun tidak ingin ribet? Kami menyediakan paket wisata Jogja / paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja / sewa mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Selamat berlibur. 🙂

Immanuel

About Immanuel

08112635846