Mangut Lele Mbah Marto Ini Selain Legend Juga Nikmat!

www.tuguwisata.com – Wisata kuliner di Yogyakarta memang telah menjadi sorotan banyak wisatawan karena terkenal dari banyaknya ragam kuliner baik tradisional maupun kekinian. Kuliner khas Jogja atau kuliner tradisional juga tidak kalah menjadi idola bagi banyak penikmat kuliner karena cita rasanya yang begitu khas seperti Mangut Lele Mbah Marto.

Mangut Lele Mbah Marto Tugu Wisata

Instagram: @suryojdb

Mangut Lele merupakan makanan khas Bantul yang juga menjadi abrisan kuliner nusantara khususnya di Bantul Yogyakarta. Mencicipi mangut lele berarti salah satu langkah untuk tetap melestarikan tradisi kuliner yang telah menjadi warisan.

Dengan rasa yang masih khas pedesaan menjadi rasa yang nikmat kala menyantap makanan yang satu ini. Mangut Lele Mbah Marto Nggeneng adalah kuliner Mangut Lele yang telah terkenal rasa menjadi satu rasa yang menggoyang lidah.

Lokasi dan Akses

Mangut Lele Mbah Marto ini berada di dusun Nengahan, Ngiring-Ngiring, Panggungharjo, Sewon, Bantul. Lokasinya bisa dijangkau dari Kampus Institut Seni Indonesia kemudian lurus menuju ke kantor pos Sewon, kemudian belok kanan hingga masuk sekitar 300 meter kemudian masuk gang kecil dan ambil kiri. Terlihat Mangut Lele Mbah Marto Nggeneng ini telah terkenal dan apabila Anda kesulitan menemukan lokasi Mangut Lele Mbah Marto maka tidak ada salahnya untuk bertanya kepada warga setempat.

Mangut Lele Mbah Marto Tugu Wisata

Instagram: @mangut.lele.jogja

Warung makan sederhana ini memang tidak terlihat seperti warung makan pada umumnya di kota-kota besar. Akan tetapi lebih terlihat sebuah ruma yang berada di pedesaan. Untuk memesan makanan lezat ini Anda bisa langsung menilik ke pawon alias dapur.

Di dapur ini terlihat banyak panic besar yang telah berisi lauk pauk yang siap untuk disantap di atas meja yang terbuat dari bamboo. Sajiannya berupa opor ayam, garang asam, sayur daun papaya, gudeg, krecek, tempe, telur dan ampela, mangut lele dan juga tahu. Makanan-makanan tersebut dimasak di dalam satu tempat yang sama.

Mangut Lele Mbah Marto Tugu Wisata

Instagram: @vixtora

Untuk menyantap Mangut Lele ini ciri khasnya yakni pengunjung bisa langsung mengambil sendiri seperti di rumah. Kalau sudah berada di warung dengan sajian tradisional ini jangan harap untuk bisa diantarkan ke meja pemesan.

Mangut Lele biasanya menjadi ditemani dengan daun papaya dan juga krecek. Apabila dibandingkan dengan tempat lainnya, Mangut Lele menyajikan rasa daging yang lezat, pedas yang memiliki cita rasa khas pedesaan dari aromanya karena dimasak di tungku. Kuah santan yang ada di masakan ini memiliki rasa pedas yang cukup berasa karena menggunakan cabai. Untuk kreceknya sendiri tidak terlalu pedas seperti mangut lele. Dan untuk sayur daun papaya telah menetralisir rasa lemak yang ditimbulkan oleh kuah santan.

Mangut Lele Mbah Marto Tugu Wisata

Instagram: @anantohadi

Jam Buka dan Laporan Menu

Jika sudah selesai makan pengunjung bisa melapor telah memakan menu apa saja dan wajib jujur. Jam buka warung ini mulai pukul 11.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB yang mana Anda harus segera menyerbu sebelum kehabisan.

Mangut Lele Mbah Marto Nggeneng memang menjadi salah satu kuliner yang telah populer menjadi wisata kuliner khas di Jogja khususnya kuliner khas Bantul. Oleh karena itu jika Anda berkunjung ke Jogja wajib rasanya bisa menikmati sajian kuliner Mangut Lele Mbah Marto. Yang mana telah diburu dari belahan masyarakat karena kelezatannya. Pastinya tidak hanya gudeg saja, ada Mangut Lele dan juga beberapa makanan khas lain seperti Sate Klathak, Geplak, dan lainnya.

Anda tertarik untuk berkuliner ria di Bantul Yogyakarta? Segera kunjungi dan selamat berlibur! Bagi Anda yang kesulitan untuk ke lokasi kami menyediakan paket wisata Jogja agar tidak ribet liburannya. Juga kami memiliki sewa mobil Jogja mulai dari sewa mobil Avanza Jogja, sewa mobil Innova, sewa mobil Alphard Jogja, dan lainnya, Hubungi kami dan happy traveling.

Immanuel

About Immanuel

08112635846