candi gunung sari tugu wisata

Candi Gunung Sari Ini Benarkah Sesepuh Candi Tanah Jawa Di Atas Perbukitan?

www.tuguwisata.com – Ada berapa banyak ya situs seperti adanya candi dan berbagai situs bersejarah lain yanga da di tanah Jawa ini? rasanya jawabannya ratusan. Pasalnya kembali menilik sejarah perabadan masa kerajaan Mataram Kuno, candi-candi menjadi tempat peribadatan agama Hindu dan Buddha. Salah satu diantaranya adalah Candi Gunung Sari.

Candi Gunung Sari berada di puncak sebuah bukit di Desa Ngasem. Kelurahan Gulon, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Candi Gunungsari adalah candi Hindu Siwa. Berada di puncak bukit Sari atau Gunung Sari menjadi keunikan tersendiri untuk candi ini. Lokasinya berdekatan dengan Candi Gunung Wukir yang mana di candi tersebut terdapat Prasasti Canggal. Meski belum begitu banyak informasi mengenai candi Gunung Sari namun menurut perkiraan usia candi Gunung Sari ini lebih tua daripada Candi Gunung Wukir.

candi gunung sari tugu wisata

Instagram: @laraslaxmana

Awal mulanya, konon Pulau Jawa adalah pusat kebudayaan dan peradaban yang paling berkembang di Indonesia. Bukti-bukti otentiknya dari penemuan peninggalan bersejarah termasuk candi yang ada di dataran Jawa ini.

Candi ini memang tidak begitu terkenal seperti candi Borobudur dan juga candi Prambanan, oleh karena itu pengunjungnyapun jarang. Tapi bagi para pecinta traveling sejati, yang masih sepi pengunjung inilah yang bakal dicari.

Candi Gunungsari adalah candi peninggalan abad ke 6 sampai abad ke-8. Secara otomatis diduga candi ini berusia lebih jauh daripada candi Borobudur atau juga candi Prambanan. Oleh karena itu akan sangat disayangkan jika bertandang ke Magelang tidak menengok sesepuh candi dari berbagai candi yang tersebar ini yakni Candi Gunungsari. Menurut cerita awal mula ditemuaknnya adalah bagian ketidaksengajaan penduduk pada tahun 1996 dan tahu 1980.

Keasrian sekitar candi ini membuat daya tarik tersendiri. Sesampainya di candi Gunungsari kalian akan melihat pemandangan dari atas ketinggian. Batu-batu di candi Gunungsari ini merupakan hasil dari dari temuan di berbagai lokasi selain yang ada di puncak bukit. Ada pula batu yang ditemukan di jalan menuju ke puncak. Dari strukturnya di duga kuat gerbang utama candi masih terpedndam tanah.

Batuan candi Gunung Sari juga nampak unik. Ada dalam bentu silinder dengan ujung setengah lingkaran yang mana bagian dalamnya berongga dan juga memiliki lubang.

Menurut cerita yang ada lubang tersebut untuk menyimpan abu jenazah. Di candi ini juga terdapat sebuah yoni berukuran bsar tanpa lingga yang berada di tengah kompleks candi Gunungsari Magelang.

Wah candi tua ini akan menjadi sebuah destinasi wisata yang menarik apabila bisa dijadikan kunjungan wisata sejarah sendiri agar tidak terbengkalai. Sebagai warga negara yang baik bisa dong berkunjung ke situs ini agar tetap lestari dan menjadi sebuah wawasan yang berkembang. Have a nice holiday! Tidak ada salahnya jika bertandang ke Candi yang berada di atas bukit ini gaes.

Anda tertarik tour di Jogja dan sekitarnya namun tidak ingin ribet? Kami menyediakan paket wisata Jogja / paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja / sewa mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Selamat berlibur. 🙂

Immanuel

About Immanuel

08112635846