Situs Candi Bubrah Ini Nasibnya Sama Dengan Situs Keblak

www.tuguwisata.com – Lagi-lagi adalah situs peninggalan dari zaman terdahulu yang keadaannya membuat miris. Berserakan, tidak beraturan, dan tidak terurus di Jogja. Yogyakarta memang menjadi wilayah dengan peninggalan situs mungkin bisa dikatakan paling banyak mengingat kepercayaan yang dianut pada zaman dahulu bekas kerajaan Mataram Kuno adalah Hindu dan Buddha. Oleh sebab itu tidak heran jika ditilik, tanah Jogja ini memiliki banyak sekali situs seperti candi, tempat ibadah para umat Hindu dan Buddha. Salah satunya adalah situs candi Bubrah.

Situs Candi Bubrah, begitu penyebutan sebuah peninggalan sejarah yang ada di Dusun Candi Barong, Desa Madurejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. menyusuri jejak sejarah sebuah peninggalan dari aktivitas manusia pada masa lampau bisa dilihat melalui adanya berbagai temuan seperti di situs candi Bubrah.

Image result for situs singo barong atau candi bubrah

Sumber: http: //yacob-ivan.blogspot.co.id

Candi Bubrah juga dikenal sebagai situs Singo Barong

Wilayah kecamatan Prambanan memang terbukti menyimpan banyaknya situs purbakala. Meski satu area, situs yang berada di wilayah ini tidak semegah candi Prambanan, yang mana telah menajdi ikon wisata sejarah kota Jogja.

Situs candi Bubrah ini mirip nasibnya dengan situs Keblak yang lokasinya tidak begitu jauh dari wilayah ini. Bebatuan candi-candi tersebut atau artefaknya ini terlihat berserakan.

Akses menuju ke lokasi dari kota Yogyakarta bisa melalui pertigaan lampu merah kea rah piyungan dan ratu Boko (Jl. Prambanan-Piyungan). Selanjutnya ikuti arah ke candi Ijo – perempatan belok kiri – situs candi Keblak – lurus ada kandang sapi – tracking ke kebun – situs candi Bubrah.

Keberadaaan situs candi ini masih belum juga diketahui keagamaan yang dianut baik Hindu atau Buddha. Pasalnya kondisi batu di situs candi Keblak ini hanyalah beruoa  batu yang tersebar. Beberapa diantaranya masih terlihat relief atau ukiran-ukirannya. Yang mengenaskan adalah batu ini tersebar bahkan di dekat kandang ataupun pekarangan rumah warga.

Penduduk menyebut situs ini sebagai candi Barong karena konon pernah ditemukan hiasan kala yang disebut sebagai barong.

Di lokasi juga terdapat arca, pernah digali oleh warga namun akhirnya dikubur kembali. Berserakan, rusak, dan tidak teratur, adalah sebab penyebutan situs tersebut bernama situs candi Bubrah.

Anda tertarik tour di Jogja dan sekitarnya namun tidak ingin ribet? Kami menyediakan paket wisata Jogja / paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja / sewa mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Selamat berlibur. 🙂

Immanuel

About Immanuel

08112635846