Sendang Sriningsih: Wisata Religi di Perbukitan Prambanan

SENDANG SRININGSIH: WISATA RELIGI YANG BERADA DI PERBUKITAN KECAMATAN PRAMBANAN

www.tuguwisata.com – Sebuah wisata bernama Sendang Sriningsih menjadi salah satu lokasi sendang yang ada di perbukitan kecamatan Prambanan. Sebuah kecamatan yang telah banyak menyimpan obyek wisata dengan nuansa Hindu Buddha seperti candi. Namun adalah sebuah sendang yang bernuansa religi bagi umat Katolik sebagai lokasi ziarah yang khas berupa Goa Maria.

Sendang Sriningsih menjadi lokasi yang tepat berada di desa Gayamharjo, kecamatan Prambanan, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. rutenya dari Jl. Solo lalu menuju arah candi Prambanan hingga menemukan pom bensin di sebelah kanan jalan selatan dari pabrik susu SGM Kalimosodo. Selanjutnya dari samping  pom tersebut ada jalan kecil beraspal yang kemudian pengunjung bisa mengikuti jalan tersebut hingga menemukan perbukitan hasil dari 6,5 km perjalanan.

Goa Maria Sendang Sriningsih Tugu Wisata

Instagram: @markuskud

Sejarah

Pada mulanya sendang Sriningsih ini bernama Sendang Duren yang pada tahun 1934 adalah seorang pastur yang kemudian ditugaskan di dusun Jali. Selanjutnya berkunjung ke sendang tersebut. Beliau juga disebut sebagai Romo D. Hardjosuwondo, SJ dan kala mengunjungi lokasi tersebut mengalami ketertarikan spiritual. Oleh karena itu dibangunlah tempat ini sebagai temapt berziarah umat katolik dengan mengganti namanya sendang tersebut menjadi Sendang Sriningsih.

Alasan berada di atas bukit juga mengingatkan kesengsaran Yesus saat disalib di bukit Golgota. Prosesnya di tempat ibadah tersebut juga digunakan sebagai lokasi awal mengikuti rute jalan salib. Tempat ini juga dirancang sedemikian rupa dengan tangga menanjak yang juga berisi relief-relief penyaliban Yesus menuju ke Golgota di beberapa pemberhentian atau staci.

Goa Maria Sendang Sriningsih Tugu Wisata

Instagram: @methodius_aditya

Perjalanan Salib

Perjalanan jalan salibnya akan berakhir ketika menjumpai pertigaan kecil yang mana ke arah patung Yesus disalibkan. Lokasi tersebut beranam Bukit Golgota yang menjadi tempat Yesus disalibkan. Dibawahnya salib tersebut adalah sebuah tempat berdoa dan menyalakan lilin. Adapun lokasi sendang pada pertigaan tersebut menuju ke kiri yang terdapat Goa Maria Sendang Sriningsih. Air dari sendnag tersebut dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Bagi yang ingin mengambil airnya bisa dengan langsung membuka kran di sebelah kanan belik (mata air). Goa Maria sendiri berada di sebelah kanan sendang yang sudah berdovasi. Tempatnya sangat nyaman untuk berdoa yang mana udaranya sangat sejuk berada di bawah pohon besar. Disebelah kirinya adalah sebuah salib besar yang tulisan tertier millennium dan juga dengan dilatarbelakangi bukit yang indah.

Goa Maria Sendang Sriningsih Tugu Wisata

Instagram: @irinechristyana

Adalah suatu keunikan yang ada di sendang ini yakni ritual ibadahnya merupakan perpaduan budaya Katolik dan budaya Jawa yakni ketika misa yang dilakukan di hari jumat Kliwon yang menjadi hari keramat bagi masyarakat Jawa. Misa ini juga dilakukan setiap sebanyak 9 kali selama setahun.

Wisata religi juga menjadi salah satu tujuan wisata yang bisa Anda datangi. Apabila Anda belum memiliki kendaraan untuk wisata, kami menyediakan sewa mobil Jogja. Selain itu, kami juga memiliki paket wisata yang bisa Anda manfaatkan agar liburan tidak ribet. 🙂 mari liburan bersama kami.

Immanuel

About Immanuel

08112635846