embung nglanggeran tugu wisata

Kamu Bisa Menikmati Senja, Sunrise, dari Pesona Embung Nglanggeran

www.tuguwisata.com – Embung Nglanggeran menjadi kompleks wisata embung yang cukup tersohor di Yogyakarta. embung ini berada di sebuah bukit. Dulunya hanya perbukitan semata namun peran dari pemerintah dan masyarakat sekitar, alhasil embung buatan ini berhasil diubah menjadi embung yang super eksotis karena berada di atas bukit.

Sebuah embung yang menjadi salah satu tujuan wisata alam di Gunungkidul, embung ini cukup banyak diminati pengunjung karena begitu indah. Embung Nglanggeran ini resmi dibuka menjadi obyek wisata pada tanggal 19 Februari 2013 oleh Sri Sulitan Hamengkubuwono X.

embung nglanggeran tugu wisata

Instagram: @jogjaku

Lokasi Embung Nglanggeran

Embung ini berada di Nglanggeran, Patuk, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. sudah banyak petunjuk arah menuju ke lokasi. Jadi tidak usah bingung untuk menuju ke sana. Rute mudahnya bisa diambil dari Yogyakarta menuju ke Piyungan. Ikuti jalan Jogja-Wonosari, di perempatan Patuk ambil kiri menuju ke Gunung Api Purba Nglanggeran dan Embung Nglanggeran.

Fungsi utama dari embung ini jelas sebagai wadah air yang luar biasa besar untuk mengairi kebun-kebun yang ada di bawah bukit Nglanggeran. Fasilitas yang ada di embung Nglanggeran ini sudah cukup lengkap. Hasil kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat menghasilkan banyaknya fasilitas yang mendukung seperti lahan parkir yang cukup luas, toilet, pendopo, dan juga warung.

Untuk bertandang ke lokasi, pengujung harus menaiki anak tangga mengingat lokasinya yang berada di atas bukit. Sesampainya di lokasi pengunjung akan disuguhkan keindahan yang melekat di kawasan embung Nglanggeran ini. biasanya pengunjung yang ke lokasi biasa memanfaatkan panorama alam ini pada waktu sunset atau matahari tenggelam.

Sembari menikmati romansa sejuk dan langit yang jingga maupun sayup angin, pengunjung dapat duduk di gazebo yang disediakan. Sebagai tetangga dari Gunung Api Purba Nglanggeran, pesona di Embung Nglanggeran ini juga sangat recommended sebagai salah satu embung indah di Jogja.

Perpaduan alam yang bisa kapan saja kamu datangi di Embung Nglanggeran

Dalam kurun waktu beberapa tahun ini, embung Nglanggeran cukup menjadi primadona para petualang. Tak sekedar menikmati dan menenangkan diri, embung Nglanggeran ini menjadi alternative wisata untuk spot foto bagus di Jogja. Banyaknya foto yang beredar di sosial media menjadikan embung ini terlihat begitu menawan dan wajib dikunjungi.

embung nglanggeran tugu wisata

Instagram: alza07

Obyek wisata Embung Nglanggeran ini bisa dinikmati pengunjung dengan membayar tiket masuk atau retribusi sebesar Rp. 7.000. biaya tersebut sudah termasuk biaya paket asuransi dan parkir kendaraan. Sangat murah untuk dapat berwisata di Embung Nglanggeran ini.

Adapun beberapa saran ketika berkunjung ke lokasi dan menginginkan spot yang cukup bagus harus kalian perhatikan pertama adalah cuaca. Cuaca yang bagus pasti mendukung perjalananmu. Karena kalau mendung, gambar yang dihasilkan dari embung juga kurang menarik. Kedua adalah waktu. Waktu terbaik untuk berkunjung pastinya bisa pagi maupun sore hari. Lebih banyak memburu embung ini pada waktu sore hari karena sunset di embung Nglanggeran ini cukup bagus. Kemudian kalian juga harus memperhatikan kendaraan. Pastikan kendaraan dalam kondisi prima. Karena medan di Gunungkidul bisa naik, turun, berkelok, dan kadangkala terjal.

Berminat berkunjung ke Embung Nglanggeran? Siapkan fisik prima, dan perbekalan yang cukup. Sselanjutnya kalian juga bisa berkunjung wisata terdekat seperti Air Terjun Kedung Kandang atau ke Bukit Bintang. Sembari menikmati dinginnya malam, Bukit Bintang menjadi kawasan alternative wisata malam di Jogja.  Anda tertarik tour di Jogja dan sekitarnya namun tidak ingin ribet? Kami menyediakan paket tour Jogja yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Mulai dari sewa Avanza Jogja hingga sewa Alphard Jogja. Selamat berlibur. 🙂

Immanuel

About Immanuel

× 08112635846