Desa Wisata Banjarasri (Dewi Asri) Ini Jadi Desa Wisata Primadona Di Kulon Progo

www.tuguwisata.com – Memiliki keindahan alam yang memukau tidak terbiarkan begitu saja. banyak yang pada akhirnya dijadikan tempat wisata alam yang mengundang banyak keseruan. Jika biasanya wisata alam bertoreh pada air terjun, goa, dan juga pantai, bangaimana jika menjajal wisata alam yang dikemas dalam sebuah desa menjadi desa wisata?

Desa wisata adalah bentuk daripada adanya sbeuah program pengunggulan potensi desa. Di Yogyakarta senidir banyak sekali desa wisata yang setiap tahunnyapun ditilik oleh para wisatawan. Biasanya jika ingin bertandang ke desa wisata lebih seru jika dilakukan secara rombongan.

Desa wisata Banjarari (Dewi Asri) ini misalnya, merupakan salah satu desa wisata yang memiliki keunggulan di banyak titik khususnya penggalian potensi alam. Desa wisata ini berada kira-kira 35 km sebelah barat kota Yogyakarta. Lebih tepatnya berada di Boro, Banjarasri, Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Potensi wisata yang ditawarkan di lokasi ini terbilang cukup beragam. Apa yang bisa kamu lakukan di desa wisata ini?

desa wisata banjarasri

Sumber: http://www.kulonprogo.biz

  • Suasana pedesaan yang masih melekat.

Di desa wisata ini kamu bisa menikmati suasana desa serasa di rumah nenek kalau kamu berasal dari perkotaan. Jauh dari kebisisngan dan lalu lalang kendaraan menjadi nikmat ketenangan sendiri di wilayah desa wisata Banjarasri ini.

  • Wisata religi

Di desa wisata ini kamu juga sekaligus berwisata religi ke Makam Romo JB Prennthaler.

  • Napak tilas Pahlawan Nasional Jenderal AH Nasution
  • Belajar Tenun dengan alat bukan mesin (ATBM)
  • Belajar memacing
  • Bermain lumpur
  • Belajar membuat kerajian
  • Menangkap ikan

Dll.

Selain itu, adapula beberapa kesenian yang mendukung suasana desa seperti seni kethoprak, jathilan, sholawatan, gejlog lesung, dan juga wayang kulit. Adapula kegiatan naik kereta keliling kawasan desa wisata Banjarasri. Selain adanya berbagai kegiatan tersebut adapula outbond yang bisa dilakukan di tempat dengan nama Dolan Ndeso Boro.

desa wisata banjarasri kulon progo

Sumber: http://gettipsmarket.blogspot.co.id

Untuk fasilitas yang ada di desa wisata ini antara lain ada homestay, ruang meeting, ruang pelatiha indoor. Camping area, juga outbond area. Di lokasi ini ada beberapa spot yang sangat bisa dijadikan lokasi foto favorit seperti spot foto di homestay desa wisata Banjarasri ini.

Desa wisata Banjarasri ini juga dikabarkan masuk ke dalam 15 besar Desa Wisata Terbaik yang mewakili Kulon Progo untuk masuk ke Tingkat Nasional sejak September 2012. Ahasil desa wisata Banjarasri ini telah menjadi juara kedua setelah Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmoho, Kabupaten Gunungkidul, dan di posisi ketiga diraih oleh Kelurahan Kauman, Kecamatan Pekalongan Timur, Jaawa Tengah.

Selain mengunjungi desa wisata Banjarasri ini kamu juga bisa berkunjung ke obyek wisata terbaru Kulon Progo yakni ada Puncak Kuda Sembrani dan juga Gardu Pandang Kuang Singa.

Anda tertarik tour di Jogja dan sekitarnya namun tidak ingin ribet? Kami menyediakan paket wisata Jogja / paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja / sewa mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Selamat berlibur. 🙂

Immanuel

About Immanuel

× 08112635846