akar liar kulon progo tugu wisata

Akar Liar Jadi Spot Hits Berikutnya di Kulon Progo Setelah Kalibiru Lho!

www.tuguwisata.com – Bertandang ke area Kulon Progo pastilah kenal dengan wisata alam Waduk Sermo. Kali ini bukan Waduk Sermo yang dibahas lebih lanjut namun adalah sebuah spot foto yang menarik bagi apra pengunjung penggila foto ria. Namanya Akar Liar.

Spot unik di Waduk Sermo yang dikenal dengan Akar Liar ini berada di dusun Sremo Lor, Hargowilis, Kokap, Kulon Progo. Dari Tempat Pemungutan Retribusi mungkin hanya berjarak sekitar 1 km saja. Tidak terlalu jauh dan bisa terlihat dari jalan lebih. Area foto kekinian di waduk Sermo ini terbilang cukup baru alias belum begitu menahun.

akar liar kulon progo

Instagram: @haqo_legowo_

Awal mula dicetuskannya spot foto ini adalah adanya sebuah akar pohon yang tak terurus yang kemudian dimanfaatkan oleh pengelola sebagai latar belakang foto. Akar pohon tersebut disematakan dedaunan plastic berwarna cokelat yang mengesankan pohon tersebut romantis apalagi berada di pinggiran waduk dengan sejuk memandang air dan hijau pegunungan. Selain adanya pohon, adapula sebuah patung unik yang berukuran sekitar setengah badan manusia.

Bila berkunjung ke spot akar liar ini lebih asyik saat sunset gaes!

Karena bias cahaya kuning yang romantis tersebut akan menerpa spot dan menjadikan hasil foto lebih berkesan syahdu romantis gimanaaa gitu. Sayangnya di spot Akar Liar ini tidak cocok untuk penikmat sunrise atau matahari terbit. Pasalnya di lokasi untuk sunrise ini terhalang oleh pohon-pohon yang menjulang tinggi.

Jika wisata lain sudah mulai dikelola oleh Dinas Pariwisataan, Spot Akar Liar ini termasuk dalam pengelolaan warga setempat secara swadaya gaes yang berkisar dari gotong royong 10 orang. Selain adanya spot foto dekat akar ini pengunjung juga bisa foto di spot baru yakni di sebuah cano, tempat duduk di ruang tunggu, dan taman sepanjang jalan.

akar liar kulon progo

Instagram: @areajogja

Tiket masuk Akar liar ini termasuk ke dalam retribusi waduk yanni Rp. 5.000, biaya parkir untuk motor Rp. 2.000 dan untuk kendaraan roda empat hanya Rp. 4.000. Kalau kamu tidak membawa kamera bagus dengan resolusi kamera yang tinggi, kamu bisa menggunakan jasa sewa foto di lokasi dengan membayar Rp. 15.000 untuk tiga foto misalnya. Sudah termasuk foto di dua spot yaitu di akar liar dan di cano. Jika ingin berkunjung ke spot ini lebih baik datangnya awal deh ya supaya antrian foto di spot tidak mengular. Hehehe.

Kreativitas warga di waduk Sermo ini menunjukkan karya yang bisa mendatangkan banyak pengunjung ke waduk.

Akar Liar ini bisa dijadikan spot “mampir” setelah bertandang ke spot yang lebih dahulu hits yakni Kalibiru, Bukit Canting Mas Puncak Dipowono, Jangkang Hill dan lainnya. Nah kalau mau berkunjung ke lokasi sebaiknya jangan sendirian deh gaes. Karena perjalanan dari kota Jogja cukup jauh dan memerlukan teman yang saling menjaga apalagi sewaktu ngantuk. Jangan sampai suatu kejadian tak diinginkan terjadi ya gaes. Happy travelling. 

akar liar kulon progo tugu wisata

Instagram: @areajogja

Anda tertarik tour di Jogja dan sekitarnya namun tidak ingin ribet? Kami menyediakan paket wisata Jogja / paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja / sewa mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Selamat berlibur. 🙂

 

Immanuel

About Immanuel

08112635846