pantai kuwaru wisata anak di jogja

17 Wisata Anak di Jogja Menarik Yang Patut Anda Kunjungi Bersama Keluarga!

www.tuguwisata.com – Jika Anda liburan ke Yogyakarta dan mengajak anak-anak untuk bermain di tempat wisata di Jogja, bisa deh kunjungi wisata anak yang ada di Yogyakarta. Ada apa saja sih wisata anak yang ada di Jogja? Berikut adalah 17 wisata anak di Jogja yang bisa dijadikan referensi berlibur bersama buah hati.

  1. MUSEUM DIRGANTARA

wisata anak di Jogja

Instagram: @mampirdolan

Mempunyai pengamalan seru di muesum TNI AU ini wajib dicoba bagi semua wisatawan khususnya anak-anak. Di museum ini pengunjung bisa mengamati ragam pesawat baik dari pesawat yang digunakan saat peperangan Kemerdekaan RI. Bahkan pengunjung bisa mencoba langsung berada di pesawat milik TNI AU ini. Nah menarik kan apalagi anak-anak yang bercita-cita menjadi pilot, visualisasinya langsung dengan mempraktekan mengemudi pesawat!

Museum ini berada di kompleks Landasan Udara Adisucipto, Jl. Kolonel Sugiono, Bantul. DIY. Tiket masuk ke museum Dirgantara ini ditarik dengan harga Rp. 4.000.Harga yang sangat murah untuk bisa menikmati serta mengamati 36 koleksi pesawat di museum ini. Wah menarik yah! Untuk jam kunjungnya bisa mulai dari jam 8 pagi hingga jam 3 sore.

  1. TAMAN PINTAR

taman pintar jogja

Instagram: @alfatihmuhammad1378

Taman dengan wahana edukasi ini selalu marak dikunjungi wisatawan. Banyaknya wahana anak yang menarik menjadikan anak bisa bereksplorasi tentang ilmu yang didapat dari sekitar. Misalnya saja Dinding Berdendang dan Pipa Bercerita, dari sini anak bisa belajar tentang gelombang suara. Dan tak cukup dari itu, masih banyak wahana menarik lainnya yang wajib dicoba anak-anak deh. Tentu sebagai orang tua harus tetap mengawasi anak-anak dalam bermain ya!

Lokasi Taman Pintar berada di Jalan Panembahan Senopati No. 1-3. Gampang banget dan dekat kok dari Malioboro. Nah sekalian deh jalan-jalan ke Taman Pintar usai dari sini bisa belanja di Malioboro hehehe. Tiket masuknya senilai Rp. 10.000 untuk anak-anak, dan untuk dewasa dikenai tarif sejumlah Rp. 18.000. Bisa cus deh ya ke Taman Pintar dari jam 08.30 – 16.00 setiap hari Selasa hingga Minggu

  1. SINDU KUSUMA EDUPARK

sindu kusuma edupark

Instagram: skedupark

Ini dia salah satu taman edukasi yang baru. Melompat di Panggon Lunjak yakni gabungan trampolin dan sling shot. Nah kalau sudah pat lompat-lompat, si kecil pasti seneng banget deh. Di museum ini pengunjung bisa menjelajah dengan mengendarai mobil kuno atau juga naik kereta api, tut tut tuttt.. seru kan? Nah belum ke SKE kalau belum mencoba Bianglalanya yang menjadi ikon di foto-foto yang tersebar di media sosial yah!

Nah tertarik pasti nih. Langsung aja datang ke Sindu Kusuma Edupark setiap Senin, Rabu-Jumat dari jam 15.00 – 22.00 dan juga pada hari Sabtu dan Minggu dari jam 10.00 hingga 22.00. untuk tiket masuknya dihargai senilai Rp. 50.000 (15K untuk tket dan 35K untuk deposit di setiap wahana). Ya tiap wahana memang harus bayar sendiri-sendiri sih. Tapi nggak nyesel kok!

  1. PERPUSTAKAAN GRAHATAMA PUSTAKA

    wisata anak di jogja

    Instagram: @grhatamapustaka

Budaya membaca memang harus diterapkan sejak dini ya.. hasilnya dari membaca kita bisa bertambah ilmu dan wawasan. Boleh nih kalau anak-anak bisa diajak ke Grahatama Pustaka Yogyakarta. Perpustakaan terbesar di Jogja ini selain konsepnya yang menyenangkan dan bersih lingkungannya, juga difasilitasi adanya bioskop 6D. Di bioskop ini sih memang tidak menayangkan film-film terbaru, tapi tidak kalah seru loh bisa menonton film perjuangan dan kisah-kisahnya saat kemerdekaan. Nah ingat pesan Soekarno kan? Jangan Sesekali Melupakan Sejarah.

Lokasi Perpustakaan Grahatama Pustaka berada di Jalan Janti, Banguntapan, Bantul Yogyakarta. Ituloh sampingnya Jogja Expo Center (JEC) Jam operasinya dari jam 08.00 hingga 22.00 setiap hari Senin-Jumat, dan jam 8 pagi hingga 4 sore untuk hari Sabtu dan Minggu.

  1. TAMAN PELANGI

wisata anak di jogja

Instagram: @tamanpelangijogja

Wah kalau sudah di Jogja dan menyempatkan berwisata malam di Taman Pelangi ini pasti seru banget. Ribuan lampion cantik yang mengelilingi Museum Jogja Kembali (Monjali) ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Kalian bisa selfie atau wefie di lampu-lampu cantik warna-warni ini.

Lokasi Taman Pelangi berada di Jalan Ringroad Utara, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Dibukanya kawasan mulai dari jam 5 sore hingga jam 11 malam. Nah untuk tiket masuk ke Taman Pelangi ditarik sebesar Rp. 10.000 untuk hari Senin-Jumat, sedangkan untuk hari Sabtu dan Minggu dikenakan harga sejumlah Rp. 15.000.

  1. GRAND PURI WATERPARK

wisata anak di jogja

Instagram: grandpuri_waterpark

Jebur-jebur di wahana air siapa sih yang ngga suka? Banyaknya wahana air yang ada di Grand Puri Waterpark ini menjadi kawasan yang menarik bagi pengunjung khususnya anak-anak. Ada water slide dan juga racing slide yang boleh banget dicoba deh. Dan masih banyak lagi yang seru-seru di wahana ini. Lokasinya berada di Jalan Parnagtritis KM 9,5 Sewon, Bantul. Untuk jam bukanya mulai dari jam 10.00 hingaa 18.00 di hari Senin hingga Sabtu, di hari minggu dibuka dari jam 8 pagi hingga 6 sore. Tiket masuk Grand Puri Waterpark adalah Rp. 25.000 untuk hari Senin hingga Jumat. Sedangkan untuk hari Sabtu dan Minggu dikenakan tarif sejumalah Rp. 35.000 (dewasa) dan Rp. 25.000 (anak-anak).

  1. JOGJA BAY ADVENTURE PIRATES

wisata anak di Jogja

Instagram: @jogjabay

Wisata anak di Jogja berikutnya adalah Jogja Bay! 19 wahana air terbesar di Indonesia, Jogja Bay memiliki konsep taman air yang menyenangkan karena berkonsep bajak laut. Selain itu, di Jogja Bay Adventure Pirates ini juga terdapat wahana How to Survive in Tsunami and Earthquake.

Dan masih banyak lagi termauk adanya drama musikal. Seru banget kan? Bisa jadi pilhan wisata anak di Jogja deh!

Lokasinya berad di Jalan Stadion Maguwoharjo, Depok, Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta. Untuk jam dan tiket masuknya di hari biasa adalah 09.00 – 18.00 dengan tiket Rp. 90.000 (Dewasa) dan Rp. 60.000 (anak-anak dan lansia). Adapun di hari Sabtu dan Minggu dibuka pada pukul 08.00 hingga 18.00 dan tiketnya Rp. 100.000 (Dewasa) dan Rp. 75.000 untuk anak-anak dan lansia.

  1. D’MATA AND D’ARCA MUSEUM

wisata anak di jogja

Instagram: @masrori2

Berkunjung ke museum satu ini juga tidak kalah menarik. Museum yang dirancang dengan berbagai tipuan mata menghasilkan foto yang keren dari gamabr 2D dan 3D-nya. Jamin seru banget deh. Selain gambar-gambar 3D, ada juga patung tokoh-tokoh nasional maupun mancanegara yang mirippppp banget dengan aslinya.

Lokasinya berada di XT Square, Jalan Veteran No. 150-151 Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Jam operasionalnya dari jam 10 pagi hingga jam 10 malam. Kalau tiket masuknya sendiri:

Senin – Jumat Rp. 25.000 (10.00-15.00)Senin – Jumat Rp. 30.000 (15.00-22.00)Sabtu, Minggu, dan hari Libur (10.00-22.00) Rp. 40.000

  1. KAMPUNG DOMES

wisata anak di jogja

Instagram: @ristapoenya

Kalau kalian ingat tokoh kartun Tinky Winky Dipsy Lala Po apalagi dengan rumahnya, kunjungilah Rumah Domes ini. Kampung Teletubbies ini bisa dijadikan kunjungan bersama anak-anak. Menariknya adalah rumahnya itu lho yang berbentuk seperti rumah Teletubbies. Awalnya dibangun sebagai rumah tahan gempa, namun karena unik ini, kampung Domes menjadi lokasi wisata yang menarik.

Lokasinya berada di dusun Nglapen, desa Sumberharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Tiket masuknya juga murah lho hanay Rp. 3.000.

  1. UPSIDE DOWN WORLD

wisata anak di jogja

Instagram: @bundarara2

Jika museum D’Mata mengandalkan museum trik tiupan mata karena gambar 3D, maka Upside Down World bisa juga Anda pilih karena lokasi di tempat ini sangat menarik. Foto “Jungkir Balik” adalah konsep dari mengunjugi wisata ini. Rumah yang lengkap dengan semua ruang beserta perabotnya bisa Anda pilih sebagai foto yang yang menarik. Untuk tiket masuknya adalah Rp. 80.000 (dewasa) dan Rp. 40.000 (anak-anak). Untuk jam bukanya mulai dari jam 10 pagi hingga jam 7 malam.

  1. DESA WISATA BRAYUT

wisata anak di jogja

Instagram: @desawisatabrayut

Kalau beberapa wisata di atas adalah wisata modern, Anda bisa mengajak ke desa Wisata Brayut nih buat menjelajah alam Brayut dengan menagajrkan kepada si kecil cara bercocok tanam misalnya dan sebagainya. Nisa nih desa wisata Brayut dijadikan lokasi berwisata bersama anak. Untuk tiktnya dimulai dari Rp. 3.000 untuk setiap momen pembelajaran. Jam buka kawasan dimulai dari jam 8 pagi hingga jam 9 malam.

  1. COKLAT MONGGO

wisata anak di jogja

Instagram: @setyo_sugiharto

Kalau ke tempat yang satu ini bisa dijadikan pengalaman menjadi Charlie di kisah Charlie and the Cocholate Factory. Selain melihat cokelat serasa cokelat Belgia bisa juga nih mengikuti kelas khusus yang dapat dijadikan pengalaman sebagai koki di cooking class. Lokasinya berada di Jalan Dlaem KG III/78, Purbayan Kotagede, Yogyakarta. untuk jam operasionalnya dimulai dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore. Dan mengunjungi ke Cokelat Monggo ini tidakk dikenakan biaya sama sekali

13. DESA WISATA KASONGAN

wisata anak di Jogja

Instagram: @ayuditha89

Berkunjung ke wisata nuansa tradisonal bisa juag ke desa Wisata Kasongan. Tidak sekedar melihat-lihat, kalian juga bisa belajar dengan mengikuti cara pembuatan gerabah. Untuk alamatnya berada di Kasongan, Kasihan, Bantul, Yogyakarta. Jam bukanya dimulai dari jam 8 pagi hingga jam 6 malam. Jam operasionalnya dimulai dari jam 8 pagi hingga jam sore. Tiket masuknya adalah Rp. 50.000 untuk maskimal 4 orang di workshop pembuatan gerabah

14. PANTAI KUWARU

pantai kuwaru wisata anak di jogja

Instagram: @danangkanuk123

Bermain pasir mungkin sudah biasa, nah kalau bermain ATV? Asik banget kali yah. Nah beberapa pantai yang ada di Bantul memang menawarkan bermain ATV, salah satunya adalah pantai Kuwaru. Selain menikmati pantai dari pinggiran, menyusur pasir denganATV pasti bisa menjadi asyik. Tiket masuknya dikenakan tarif Rp. 5.000, untuk penyewaan ATV adalah Rp. 25.000 per 15 menit

15.KAMPUNG DOLANAN PANDES

wisata anak di jogja

Instagram: @vivi_yuliastuti

Di lokasi kampung Dolanan Pandes ini bisa Anda ajak si kecil mengenal cara pembuatan mainan tradisional. Para pemilik rumah di kampung ini jjuga tidak segan untuk membantu anak-anak dalam pembuatan mainan tradisional seperti Kitiran, Wayang Kertas, Kapal Othok-Othok, dan juga Gamelan. Wih seru yah! Alamatnya berada di dusun Pandes, Panggungharjo Kecamatan Sewon, Bantul, Yogyakarta.

16. KIDS FUN YOGYAKARTA

wisata anak jogja

Instagram: @ratih.inot

Kids Fun adalah wahana permainan anak dengan lebih dari 20 wahana, muali dari gokart, rafting, bombom ar dan juga flying fox. Di Kids Fun ini juga bisa mengajak si kecil dengan pertunjukan yang edukatif. Nah bisa juga nih beranjak ke Aquasplash bagi yang suka main-main air. Menarik banget! Lokasinya berada di Jalan Wonosari Km 10, Yogyakarta. jam masuknya mulai dari jam 8 pagi hingga jam 10 malam.

17. GEMBIRA LOKA ZOO

wisata anak jogja

Instagram: @christian_yunanto

Wah siapa nih yang tidak suka bermain sambil mengenal aneka satwa? Gembira Loka bisa dijadikan pilihan berlibur anak-anak di Jogja lho. untuk tiket masuk ke Gembira Loka Zoo dari harga Rp. 30.000 di hari biasa maupun akhir pekan. Dibuka dari jam 8 pagi hingga jam setengah 6 sore.

Demikian 17 wisata anak di Jogja yang bisa dijadikan referensi. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi pilihan berlibur si kecil.

Jika Anda Ke Jogja, Wawasan Anak Bertambah Sejak Dini Di Taman Pintar Yogyakarta

www.tuguwisata.com – Taman Pintar Yogyakarta merupakan satu dari beragam dari wisata pendidikan atau wisata anak yang ada di Yogyakarta. Berkunjung ke Yogyakarta akan menjadi lengkap jika ikut berkunjung ke Taman Pintar Yogyakarta. Wisata ini memang menjadi wisata yang cocok untuk keluarga dan anak-anak.

Bangunan di Taman Pintar Yogyakarta ini mengesankan nuansa modern dan tradisional. Taman ini menjadi wahana belajar dan rekreasi yang cukup lengkap bagi anak-anak. Mulai dari anak usia pra sekolah hingga sampai tingkat menengah, Taman Pintar menjadi obyek wisata yang cukup menarik untuk belajar dari wahana-wahana yang berada di obyek ini.

taman pintar yogyakarta tugu wisata

Instagram: @mazinahazz.37_

Dibangun Di Atas Tanah Seluas 12.000 meter persegi Dari Gagasan Walikota Yogyakarta

Berdirinya Taman Pintar merupakan gagasan dari Walikota Yogyakarta yakni Herry Zudianto SE, MM yang kemudian dibangun di atas tanah seluas 12.000 m2. Wisatawan yang berkunjung ke lokasi pasti tidak sabar untuk menjelajah permainan maupun hasil karya teknologi dan wahana edukasi lainnya.

Ide dari Taman Pintar ini terinspirasi dari berdirinya pusat peragaan IPTEK yan berada di Taman mini Indonesia Indah di Jakarta. Kemudian pengembangannya ditiru oleh beberapa daerah lain seperti di DIY dan Jawa Timur. Kemudian juga disusul oleh daerah lain untuk membangun wisata yang berorientasi pada pendidikan anak-anak.

Taman Pintar dibangun pada bulan Mei 2006 kemudian pada 9 Juni 2007 kawasan wisata edukasi ini berhasil diresmikan oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta yakni Sultan Hamengku Buwno X bersama dengan Menteri Riset dan Teknologi, Kusmayanto Kadiman, P.hD dan menteri Pendidikan Nasional Prof. Dr. Bambang Sudibyo, MBA.

taman pintar yogyakarta tugu wisata

Instagram: @vieta2013

Sebuah taman yang memadukan konsep pendidikan dengan permainan media sangat menarik dan merangsang rasa ingin tahu juga kreativitas terhadap IPTEK. Mascot Taman Pintar yang berupa “Burung Hantu Memakai Blangkon” ini mengartikan burung hantu tersebut mempunyai kepekaan tinggi, sanggup merasakan dan juga mempelajari keadaan alam serta lingkungan yang berada di sekitarnya. Adapun Blangkon merupakaan pakaian adat Yogyakarta sebagai penutup kepala laki-laki.

Motto Taman Pintar Tergagas Atas 3N Dari Ki Hajar Dewantara

Motto yang digagas di Taman Pintar ini mengambil 3N dari Ki Hajar Dewantara yakni: Niteni (mengingat/memahami), Nirokake (menirukan), dan Nambahi (mengembangkan). Untuk proses pengembangannya mereka mengacu pda konsep 3A yakni Adopt, Adapt, dan Advance.

Taman Pintar berisi materi yang terbagi menurut kelompok usia dan penekanan materi. Keduanya disampaikan dalam bentuk interaksi antara pengunjung dan materi yang disampaikan melalui anjungan pengenalan, anjungan pengenalan ilmu-ilmu dasar, anjungan permain dan anjungan penerapan IPTEK.

taman pintar yogyakarta tugu wisata

Instagram: @amin.nurcholis

Konsep pembelajaran yang digunkaan pada taman ini pada umumnya bertujuan untuk meningkatkan mutu penguasaan materi pendidikan yang diberikan di sekolah yang ditengah menurunnya minat baca dari masyarakat dan anak-anak khususnya.

Melalui model alat peraga, anak-anak tentu lebih tertarik untuk mengembangkan kemampuannya. Oleh karena itu anak-anak akan menyelesaikan bermacam permasalahan dengan pola pikir mereka sendiri. Kemudian orang tua aktif dalam memilih wahana pembelajaran dan permainan yang sesuai usia anak.

Taman pintar dibangun dengan total biaya Rp. 53 Milyar. Bangunan ini berisis dengan enam zona yang terdapat isi materi antara lain Gedung Memorabilia, Gedung Kotak lantai 2, Gedung Oval lantai 2, Gedung Oval lantai 1, Gedung Paud barat dan timur, serta Playground Area.

Zona-zona yang mempunyai beberapa wahana seperti Taman Bermain, Penjelajah Kecil, Titian Penemuan, Petualangan Lingkungan, Jembatan Sains, Titisan Sains, Indonesiaku, Teknologi canggih dan Populer.

Area untuk bermain anak-anak sangatlah luas, seperti di wahana taman bermain anak. Yang mana ruangan ini public bagi pengunjung dan berfungsi sebagai ruang tunggu. Di tempat tersebut anak-anak juga dapat belajar mengenai sains seperti cakram warna, dinding berdendang dan permainan air.

Lokasi Taman Pintar

Lokasi Taman Pintar ini cukup strategis yakni berlokasi di Jalan Panembahan Senopati No. 3, Yogyakarta. tepatnya berada di sebelah timur Benteng Vredeburg dan tidak jauh dari Malioboro. Lokasi ini dahulu dugunakan untuk Shopping Center yang saat ini dipindah sebelah utara Taman Pintar ini yang mana bersebelahan dengan Taman Budaya Yogyakarta.

Untuk harga tiketnya lokasi Playground Area ini gratis, Gedung Barat dan Timur untuk anak usia 2-7 tahun dikenakan tarif Rp. 1.000, Gedung Oval dan Kotak untuk anak usia 5-18 tahun dikenakan biaya Rp. 5.000, dewassa Rp. 10.000 per pengunjung. sementara itu Gedung Memorabilia untuk anak-anak dikenakan Rp. 1.000 dan Dewasa Rp. 2.000.

Fasilitas yang ada di Taman Pintar ini sudah cukup banyak yakni adanya Mushola, Laboratorium, Perpustakaan, Toilet, Ruang Pertunjukan Indoor dan Outdoor, Kiosk Souvenir, Toko Buku dan juga halaman parkir yang memadai.

Tertarik mengajak putra putri Anda ke Taman Pintar? Segera kunjungi jika Anda sedang berada di sekitar Malioboro dan sekitarnya. Happy Traveling. Anda tertarik tour di Jogja dan sekitarnya namun tidak ingin ribet? Kami menyediakan paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Mulai dari sewa Avanza Jogja hingga sewa Alphard Jogja. Selamat berlibur. 🙂

 

× 08112635846