Sate Kuda Gondolayu: Peningkat Stamina Yang Kenyal Dagingnya

www.tuguwisata.com – Sate Kuda Gondolayu menjadi salah satu warung kuliner yang menyajikan salah satu kuliner ekstrim di Jogja yang melegenda. Memang tidak seperti warung pada umumnya, sate kuda Gondolayu ini menjadikan daging kuda sebagai menu utama.

Warung Sate Kuda Gondolayu yang berada di selatan Jalan Jenderal Sudirman 25 Gondolayu, Jetis, Yogyakarta. Lokasi tepatnya berada di pinggiran kali Code. Warung sate ini telah berdiri sejak 1997. Awalnya yang merintis adalah bu Kainem yang kemudian diteruskan oelh anaknya bernama Bu Sandra Suparti. Dahulu warung ini memang berada di pinggir jalan Gondolayu, namun karena lahannya dijual kemudian dipindah dipinggir Kali Code.

Sate Kuda Gondolayu Tugu Wisata

Instagram: @azisdevis

Beda Dari Sate Pada Umumnya

Cara penyajiannya memang berbeda dari sate pada umumnya. Sate kuda Gondolayu ini bumbunya terpisah. Lalu disajikan kering sehabis dipanggang, barulah kemudian diberi bumbu sambal kecap yang bisa ditambahkan sesuai selera. Sate kuda yang disajikan di warung ini memang tidak alot apalagi keras. dagingnya lembut dan gurih. Rasa asin sebelum dibumbui sambal kecap telah menjadi citarasa tersendiri bagi para pelanggannya.

Sate Kuda Gondolayu Tugu Wisata

Instagram: @anindyawan

Harum rempah-rempah masih sangat terasa, dibalut dnegan tekstur daging lembut, dan membuat pelanggan bisa ketagihan untuk menyantap sate daging kuda ini. Teman sejati untuk menikmati sate kuda ini biasanya disajikan dengan nasi hangat.

Terlebih jika cuaca sedang hujan, menikmati nasi hangat dan sate kuda ini menjadi santapan syahdu terlebih ditemani dengan lampu-lampu rumah di bantaran Kali Code ini sehingga menambah suasanya nyaman di warung.

Jam Buka dan Harga

Dalam satu harinya pemilik warung mengatakan bisa menghabiskan hingga 5kg daging kuda. Daging kuda yang diambil dari wilayah Bantul yakni di daerah Segoroyoso. Warung sate ini akan tutup hingga pukul 10.00 malam. Namun jika pada musim liburan beliau mengatakan bisa tutup hingga jam 12 malam.

Meski terbilang sederhana, namun seorang Bambang Pamungkas pernah berkunjung dan menyantap sate kuda Gondolayu tersebut. Memang, banyak yang mengatakan sate kuda bisa meningkatkan stamina dan juga menyembuhkan penyakit asma. Untuk harga satu porsi sate kuda ini terbilang cukup mahal yakni Rp. 30.000 yang sudah termasuk nasi hangat dan minuman.

Sate Kuda Gondolayu Tugu Wisata

Instagram: @vitakent

Bagaimana dengan Anda? Ingin meningkatkan stamina seperti Bambang Pamungkas? Silahkan kunjungi dan santap segera sate kuda ini ketika Anda berkunjung ke Jogja. Lalu selain sate kuda ada lagi makanan ektrim yang perlu Anda tilik yakni Telur Kodok Goreng, Tongseng Kelelawar, Belalang Goreng, Olahan Ular Kobra, dan masih banyak lagi lainnya.

Ayo liburan ke Jogja bersama kami dengan paket tour Jogja. Selain itu kami juga menyediakan sewa mobil di Jogja mulai dari sewa mobil Avanza hingga sewa mobil Alphard.

Immanuel

About Immanuel

08112635846