watu goyang imogiri bantul tugu wisata

WATU GOYANG: SPOT SUNSET DI IMOGIRI BANTUL INI INSTAGRAMABLE!

www.tuguwisata.com – Jogja selalu istimewa, istimewa negerinya istimewa orangnya. Memang benar istimewa. Kota ini menjadi menarik karena banyaknya wisata kekinian yang mendukung daya tarik wisatawan agar bisa menjadi wisata alternative. Intinya ke Jogja tidak hanya ke situ-situ saja gaes. tengoklah wisata kekinian yang ada di Imogiri seperti Puncak Watu Goyang.

watu goyang imogiri bantul tugu wisata

Instagram: @jelajahijogja

Puncak Watu Goyang merupakan sebuah spot wisata perbukitan yang berada di desa Mangunan, yang mana lokasi tepatnya berada di padukuhan Cempluk, Mangunan, Bantul. Desa Mangunan ini sudah terkenal dari adanya wisata dengan gardu pandang untuk melihat keindahan perbukitan alam daerah Jogja khususnya Bantul, menikmati gugusan kabut yang bertebaran, juga matahari terbit atau tenggelam. Spot yang sudah terkenal dari rekan puncak Watu Goyang tersebut seperti puncak Kebun Buah Mangunan, Bukit Panguk Kediwung, Jurang Tembelan, dan lainnya sampai puncak Becici, dan juga Lintang Sewu.

Wisata alam puncak Watu Goyang ini mulai dikembangkan secara swadaya oleh para masyarakat setempat di tahun 2016. Namun untuk akses jalannya baru bisa dinikmati pengunjung setelah dibantu oleh Pemerintah Daerah dan juga fasilitas pendukung lainnya seperti kawasan tempat parkir, toilet, da juga beberapa gazebo.

Lebih Asyik Saat Sunset Kalau Ingin Wisata di Watu Goyang

Wisata watu Goyang bisa dinikmati sepanjang hari dari pagi hingga malam. Namun sensasi seru di Watu Goyang ini adalah sewaktu matahari tenggelam atau sunset. Pasalnya bukit ini menghadap langsung ke arah barat, mirip dengan bukit Lintang Sewu dan Puncak Becici.

watu goyang imogiri bantul tugu wisata

Instagram: @lorenrenren

Puncak Watu Goyang rupanya dekat dengan jalan raya sehingga tidak begitu sulit untuk ditemukan. Rute paling dekat adalah dari jalan Imogiri Bantul. Arahkan kendaraan langsung ke Kebun Buah Mangunan, selanjutnya ikuti jalan sampai menemukan papan nama resto Bumi Langit. Lokasi puncak Watu Goyang tidak jauh restoran tersebut.

Untuk menuju ke lokasi, memang jalanan sedikit berbatu. Akan tetapi tidak begitu menggoncang badan. Lokasi parkir di kawasan ini adalah tanah luas yang diratakan serta ad abeebrapa anak tangga yang dibuat dengan sengaja untuk memudahkan pengunjung menuju ke puncak.

Kawasan ini tidak memungut biaya retribusi namun tetap dimintai tarif parkir kendaraan. Dari kawasan parkir selanjutnya pengunjung mendaki mealui jalur tracking. Setelah itu, ketika sudah berada di persimpangan ambil arah kiri untuk ke Watu Goyang, dan ke kanan ke arah Watu Lincip.

Dari kawasan ini terlihat adanya gazebo besar yang bisa digunakan oleh pengunjung yang ingin melakukan camping atau malam keakraban bersama anak organisasi lainnya.

Alasan Dinamai Watu Goyang Apa Sih?

Ada nama pasti ada alasannya. Nama watu Goyang menjadi sebuah pertanyaan pengunjung mengapa dinamakan Watu Goyang. Apakah batu yang ada itu bsia bergoyang-goyang? Ternyata alasannya adalah batu yang berdiri tersebut memang bergoyang jika disentuh atau didorong. Namun goyangnya batu tersebut masih aman. Akan tetapi adanya batu besar di kawasan ini selalu dihimbau untuk tidak dinaiki.

Di puncak wisata watu Goyang ini sudah ada obyek menarik untuk selfie atau wefie. Menariknya tempat ini adalah pengunjung bisa melihat kawasan Imogiri, puncak makan raja-raja Mataram, dan terpentinng adalah spot asyik untuk menikmati sunset, menanti sunset, dan berfoto bersama dengan jingganya matahari.

watu goyang imogiri bantul tugu wisata

Instagram: @watugoyang

Sebuah kawasan yang sangat menarik ini memang wajib dilestarikan. Ada baiknya membawa bekal makanan dan minuman untuk bisa lebih bersantai. Selain itu, tidak baiknya jika kalian berkunjung dan meninggalkan sampah sembarang di lokasi ya gaes! so, selamat piknik, buatlah foto seInstagramable mungkin, dan promosikan kepada media bahwa Jogja itu juga menarik untuk dikunjungi. Happy Travelling!

Anda tertarik tour di Jogja dan sekitarnya namun tidak ingin ribet? Kami menyediakan paket wisata Jogja / paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja / sewa mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Sewa mobil di Jogja di Tugu Wisata mulai dari sewa Avanza Jogja hingga sewa Alphard Jogja. Selamat berlibur. 🙂

Immanuel

About Immanuel

08112635846