pantai watu lawang gunungkidul

Pantai Watulawang Ini Uniknya Wujud Batu Berbentuk Pintu!

www.tuguwisata.com – Pantai di Gunungkidul, Yogyakarta memang tidak pernah surut dari pembahasan. Selalu ada yang baru dan baru. Baik yang sudah resmi dikelola maupun pantai yang belum lama dikunjungi alias masih perawan. Satu diantara pantai yang berada di Gunungkidul yang bisa dijadikan spot foto dan wisata pantai di Jogja adalah Pantai Watulawang.

Watu artinya batu, dan Lawang adalah pintu. Maka jika digabungkan dalam bahasa Indonesia artinya adalah pantai pintu batu. Ada alasan apa yah nama pantai ini disebut pantai Watulawang?

pantai watu lawang gunungkidul

Instagram: @fandiryan

Pantai Watulawang juga tidak kalah menarik dari pantai yang lebih dahulu eksis.

Barisan pantai yang memadati tepian selatan Gunungkidul memang selalu eksotis. Penawaran yang ada di pantai ini tentu pasir putihnya. Selain itu pantai ini juga berada dibalik bukit. Lokasinya berada di antara dua pantai eksis yakni Pantai Indrayanti di sebelah baratnya dan juga Pantai Pok Tunggal yang berada di timur pantai Watulawang ini.

Rupanya alasan penyebutan Watulawang karena pantai ini terdapt dua goa batu yang digunakan masyarakat sekitar untuk upacara adat sadranan atau juga biasa disebut sebagai upacara Nyadran. Upcara Nyadran adalah upacara adat yang dilaksanakan pada bulan Sya’ban dalam kalender Hijrian atau kalender Islam).

Dan pintu batu tersebut hanya terbuka dan bisa dimasuki oleh orang banyak pada saat upacara nyadran tersebut. Bukan masyarakat Jawa kalau tidak mengenal banyak mitos maupun legenda yang ada dibaliknya.

pantai watu lawang gunungkidul

Instagram: @yogimahendray

Sejarah

Konon, menuurut para sesepuh goa atau warga sekitar menyebutkan, pantai Watulawang ini adalah jejak tilas seorang Prabu Brawijaya VI. Penyebutan Goa Watulawang karena ada batu yang berbentuk seperti pintu yang berada di mulut goa.

Pantai ini dibagi menjadi dua bagian berdasarkan letaknya yakni pada bagian pertama berada di sebelah barat. Di bagian ini area pantai tidak begitu luas. Adapun di bagian kedua yang terletak di timur pantai memliki area yang lebih luas. Biasanya yang sebelah timur ini digunakan sebagai kegiatan olahraga air.

Lokasi pantai Watu Lawang ini berada di Kecamatan Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta. untuk akses menuju ke lokasi bsa ditempuh sejauh 1 jam 45 menit dari kota Yogyakarta dengan kendaraan pribadi. Akses menuju ke pantai Watulawang masih tanah dan bebatuan kapur. Juga jika menggunakan mobil hanya dapat dilewati oleh 1 mobil itu juga sangat pas dengan lebar mobil.

Untuk fasilitasnya, pantai Watulawang sudah memiliki fasilitas yang sangat mendukung yakni adanya kamar mandi, warung makanan dan minuman,, lahan parkir, dan juga temat berteduh.

Menarik dan tertarik mengunjungi pantai Watulawang? Oleh saja. tinggal arahkan kendaraan ke pantai Indrayanti lalu arahkan ke timu, nah 200 meter dari pantai Indrayanti deh si pantai Watulawang yang cantik hehehe.

Anda tertarik tour di Jogja dan sekitarnya namun tidak ingin ribet? Kami menyediakan paket wisata Jogja / paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja / sewa mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Selamat berlibur. 🙂

Immanuel

About Immanuel

× 08112635846