Mie Penthil: Salah Satu Mie Khas Bantul Ini Legend Juga!

MIE PENTHIL: SALAH SATU MIE KHAS BANTUL INI LEGEND JUGA!

www.tuguwisata.com – Kehadiran kuliner tradisional menjadi salah satu potensi sajian makanan leluhur yang telah menjadi topangan banyak keistimewaan di kota Yogyakarta selain pada kesenian maupun budaya. Jumlah makanan tradisional ini bisa terbilang tidak terhitung jumlahnya karena banyak sekali dijajakan di setiap daerah di Jogja dengan khas kuliner daerahnya masing-masing. Salah satunya yakni Mie Penthil dari Bantul.

Mie Penthil ini merupakan makanan khas dari Bantul yang mana penamaannya serupa dengan karet atau pentil. Bentuknya yang panjang dan juga memiliki rasa gurih juga sedikit kenyal, mie pentil ini biasnya berwarna kuning atau putih. Penyajiannya dengan sambal dan juga brambang goreng. Mie ini juga hanya bisa ditemukan di pasar-pasar tradisional terlebih di wilayah Bantul.

Proses pembuatan mie Penthik ini dapat dikatakan cukup unik yakni mulanya merebus pati aci yang merupakan bahan dasar dari mie Penthil. Kemudian dibumbui, selanjutnya barulah diinjak seperti diuleni dengan kaki agar mendapat pati aci yang kalis.

Mie Penthil Bantul

Instagram: @hermawan_wardoyo

Makanan Khas Dari Pundhong Bantul

Mie Penthil yang telah diklaim menjadi makanan khas Bantul khususnya di daerah Pundong. Mungkin bag kebanyakan orang akan menyerengitkan dahi karena prosesnya mungkin menjijikan. Namun para pembuatnya juga memperhatikan kebersihan yakni dengan melapisi plastic saat menginjak. Maksud dengan menginjak adalah untuk kekenyalan mie yang sangat ditentukan dari proses penginjakan ini.

Selesai diinjak-injak selanjutnya pati tersebut ini dimasukkan ke mesin giling untuk mendapat bentuk mie yang diinginkan. Kemudian mie dicuci dengan air bersih. Barulah kemudian diberikan bumbu. Barulah mie Penthil bisa dinikmati sebagai kuliner khas Bantul.

Mie Penthil Jogja Tugu WIsata

Instagram: @warungkitajogja

Anda tertarik untuk mencicipi kuliner khas Bantul yang tidak kalah menarik dari mie-mie lain yang dijual dipasaran? Jika Anda berkesempatan ke Bantul tengoklah warung-warung berjajar menjajakan mie Penthil ini. selain itu, ada beberapa makanan khas Bantul lainnya yang juga wajib dicoba seperti Mie Lethek, Geplak, Mangut Lele, Sate Klathak, Gudeg Manggar, Mie Des, Peyek Tumpuk, Kue Adrem, dan masih banyak yang lainnya. Selamat mencoba!

Mau mencicipi makanan khas ini? Kami juga menyediakan jasa sewa mobil Jogja juga paket tour Jogja yang bisa membantu Anda agar liburan tidak ribet. Ayo hubungi kami 🙂

Immanuel

About Immanuel

08112635846