GUNUNG KUKUSAN: KESEJUKAN MATA MEMANDANG BERBAGAI GUNUNG!

GUNUNG KUKUSAN: KESEJUKAN MATA MEMANDANG BERBAGAI GUNUNG!

www.tuguwisata.com – Kulon Progo yang merupakan kabupaten di pegunungan Menoreh yang terkenal dari indahnya wisata alam berupa daerah perbukitan dan juga wisata alam lain seperti air terjun. Salah satu yang terkenal adalah kebun teh Nglinggo Samigaluh Kulon Progo. Selain Kebun Teh adalah sebuah destinasi yang dekat dari kebun teh yang bisa dikunjungi bernama Gunung Kukusan.

Sebuah gunung bernama Gunung Kukusan sebenarnya masuk ke dalam wilayah Magelang. Gunung ini merupakan salah satu banyaknya wisata bukit yang ada di Jogja yang bisa Anda kunjungi untuk melepas segala penat dan gundah gulana Anda selama bekerja.

Gunung Kukusan

Instagram: @fasius.anggit

Lokasi

Gunung Kukusan ini berada di Dusun Wonokerto, Desa Ngargoretno, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah Gunung ini berbatasan langsung dengan perkebunan teh di Desa Nglinggo oleh karena itu banya yang menyangka gunung ini masuk ke adminitrasi Kulon Progo.

Pesona yang ada di gunung ini terlihat begitu indah. Pasalnya dari gunung ini pengunjung bisa mellihat keindahan dari delapan gunung Jawa yakni puncak Merapi, Merbabu, Telomoyo, Andong, Ungaran, Sumbing, Prau, sampai ke puncak Sindoro. Wow begitu mengagumkan bukan?

Gunung Kukusan ini telah bisa diakses dari Magelang maupun dari Yogyakarta. namun kebanyakan pengunjung lebih memilih melalui rute Yogyakarta-Kulon Progo karena aksesnya yang mudah juga bisa menikmati kwasan wisata Kebun Teh Nglinggo Samigauh Kulon Progo. Selanjutnya barulah pengunjung menuju ke lokasi.

Gunung Kukusan

Instagram: @benediktushan

Nama Gunung yang sama dengan Gunung Kukusan Pemalang ini berjarak sektiar 200 meter dari area parkir. Dari tempat parkir pengunjung bisa melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki. Pesona yang bisa didapat adalah ketika berkunjung saat pagi hari. Selain menghirup udara segar pengunjung bisa juga melihat sunrise yang muncul bersama dengan para gunung yang menjulang tinggi. Selain itu, datang di pagi hari juga bisa membuat Anda nyaman karena cuacanya belum panas tersengat mentari.

Puncak Gunung Kukusan

Gunung Kukusan memiliki dua puncak yang memiliki nama Puncak Dempok dan Puncak Kendeng. Oleh karena itu wisatawan yang datang akan menjumpai dua tapak jalan. Jalan ke kanan adalah menuju ke puncank Kendeng. Semnetara jalan ke kiri yakni menuju ke Puncak Dempok.

Puncak Dempok lokasinya lebih rendah daripada Puncak Kendeng. Oleh karena itu Puncak Dempok lebih disukai daripada Pucak Kendeng karena areanya juga luas dan sangat nyaman untuk bersantai dan berfoto ria.

Gunung Kukusan

Instagram: @annisa_nurwahdani

Akses dan Tiket Masuk

Di puncak Dempok pengunjung juga bisa memanfaatkan tempat duduk yang disediakan oleh pengelola untuk beristirahat. Nah bagi Anda yang ingin menuju ke keduanya baik menuju ke Kebun Teh Nglinggo maupun Gunung Kukusan bisa dengan melalui rute Jogja kemudian ke Jalan Godean menuju ke Kenteng Nanggulan, ambil kanan menuju ke perempatan Dekso, kemudian ambil kiri menuju ke Samigaluh. Sesampainya di Pasar Plono kemudian ikuti jalan menuju ke Kebun Teh Nglinggo, lalu ambil kanan menuju ke Gunung Kukusan.

Gunung Kukusan

Instagram: @timetotravelling

Tiket masuk menuju ke Gunung Kukusan ini adalah Rp. 2.000 per pengunjung juga dnegan membayar biaya parkir sejumlah Rp. 2.000 untuk kendaraan roda dua. Bagaimana? Anda tertarik kan untuk datang ke Gunung Kukusan ini? Kami juga menyediakan paket wisata murah di Jogja yang bisa Anda manfaatkan untuk berkunjung menikmati sunrise. Selain itu, kami juga mempunyai jasa rental mobil murah mulai dari rental mobil Avanza hingga rental mobil Aplhard. Yuk Liburan Bareng.

Immanuel

About Immanuel

× 08112635846