curug sedhuwagang tugu wisata

Curug Sedhuwagang: Ada Kisah Kerajaan Mataram Yang Terselimut Dibalik Curug Cantik Ini!

www.tuguwisata.com – Curug Sedhuwagang menjadi salah satu destinasi wisata menarik lainnya yang berada di Kulon Progo, Yogyakarta. Rupanya curug ini adalah curug baru karena baru digarap 25 Desember 2016 lalu, sehingga masih sangat baru. Fresh from the nature. 😀

Memang akses menuju ke lokasi ini cukup ekstrim walaupun sudah beraspal, namun jalan lumayan sempit dan tanjakan yang cukup tinggi. Oleh kkarena itu, siapkan tenaga ekstra untuk bertandang ke curug yang keren banget ini ya gaes. Seperti curug lain yang berada di pegunungan Menoreh, curug Sedhuwagang ini adem, asri, dan tenang sekali.

curug sedhuwagang tugu wisata

Instagram: @exploreindonesiakece

Curug yang cantik ini rupanya terselimut sebuah cerita yang dikemas secara turun temurun.

Dikisahkan menurut pengelola atau penggagas curug, bapak Joko Susilo, konon ada Ki Ageng Mangir Wonoboyo dan Ki Ageng Selo yang memiliki keinginan menjadi senopati di kerajaan Mataram. Mereka berdua sepakat mengadu ayam yang hasilnya setelah diadu kedua ayam tersebut adlaah PUR/ DRAW.

Setelah kejadian tersebut, mereka berdua menamai tempat dengan PURMAN atau lebih diknal oleh masyarakat PROMAN. Berikutnya beliau Ki Ageng Mangir Wonoboyo dan Ki Ageng Selo melanjutkan perjalanan kembali ke kerajaan Mataram. Sebelum itu dalam perjalanan mereka mendengarkan suara-suara gemuruh dan keduanya mencari tahu. Alhasil suara tersebut beradal dari curug dan keduannya memberi anma Sedhuwagang.

curug sedhuwagang tugu wisata

Instagram: @adventure.frog1502

Penampakan curug Sedhuwagang telah ada sejak pitu masuk namun hanya samar

Selanjutnya setelah kalian menyusur kompleks akan ada banyak sekali spot foto ala instagram yang menarik untuk dikunjungi. Dengan background air terjun seperti itu, mirip sekali dengan air terjun Kedung Pedut atau juga Air Terjun Kembang Soka yang berada di Kulon Progo juga.

Ketenangan batin yang diburu oleh para penikmat wisata alam menjadikan spot ini mulai banyak digandrungi para traveler. Obyek wisata yang berkembang dnegan balutan keramah tamahan penduduk ini dikelola langsung secara swadaya oleh HIPATESA (Himpunan Pemuda Pemdui Teganing Satu) yang mana mereka adalah warga sekitar dari Curug Sedhuwagang.

Sedangkan untuk fasilitas yang ada di air terjun ini sudah cukup memadai seperti adanya spot foto yang sangatlah instagramable, ruang ganti, parkir kendaraan yang cukup, dan juga toilet.

Bagi kalian yang ingin berkunjung ke lokasi memang sebaiknya membawa bekal yang cukup. Pasalnya di lokasi ini belum tersedia adanya warung ataupun kios makanan dan minuman.

Airnya yang super seger sangat rekomended untuk menceburkan diri ke dalam airnya. Jika bertadang ke Curug Sedhuwagang ini adalah hal wajib bagi para pengunjung untuk menceburkan diri ke segarnya air di curug ini.

Tiket masuk kawasan air terjun Sedhuwagang ini masih terbilang sukarela. Menuju ke lokasi ini pengunjung bisa menggunakan dua jalur. Yang pertama dari arah Jogja – Wates – Waduk Sermo – Desa Hargotirto/Rumpin/Taman Edukasi/ naik terus dan lokasi berada di kanan jalan. Yang kedua adalah Jogja – Godean – Nanggulan – Gua Kiskendo –Kokap/Gunung Gajah/Waduk Sermo adalah plang petunjuk jalan.

Nah bagi kalian yang ingin segera menikmati keindahan dan juga kesegarannya bisa langsung cus ke lokasi. Setelah dari curug banyak sekali rekomendasi wisata yang menarik lainnya seperti Waduk Sermo, Jangkang Hill, dan beragam destinasi lain di Kulon Progo. Kalau kamu berani mengambil jalur lanjut ke wilayah pantai, kamu juga bisa mengunjungi Pantai Glagah atau Pantai Congot. Anda tertarik tour di Jogja dan sekitarnya namun tidak ingin ribet? Kami menyediakan paket wisata Jogja / paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja / sewa mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Selamat berlibur. 🙂

 

Immanuel

About Immanuel

× 08112635846