curug setawing kulon progo

Jejakkan Kakimu di Curug Setawing, Satu Dari Air Terjun Bertingkat di Kulon Progo!

www.tuguwisata.com – Bumi membungkus segala keindahan alam yang ada di dunia ini sebagai hadiah yang hebat untuk manusia. Khususnya bagi para pecinta alam. Dari gunung, pantai, dan semua obat mata yang berasal dari alam ini memang selalu menarik. Seperti halnya air terjun. Air yang menjatuhkan diri dari atas ketinggian juga menjadi sebuah kesejukan dan pemandangan apik dari lukisan tangan Tuhan. Salah satu keindahan air terjun tersebut adalah air terjun Setawing atau Curug Setawing.

curug setawing kulon progo

IG: @oddzhaheho

Curug Setawing adalah salah satu curug di balik pegunungan Menoreh Kulon Progo Yogyakarta. Tepatnya berada di Desa Jatimulyo. Salah satu daerah di Yogyakarta ini memang memiliki pesona alam yang cantik yang menjadi pilihan destinasi wisata alam di selebah barat kota Yogyakarta.

Keindahan curug Setawing semakin menarik ketika di musim hujan. Debit air yang mengisi air terjun akan semakin deras dan menjadi keindahan yang memikat hati para traveler.

Ketinggian Curug Sitawing ini sekitar 18-20 meter. Deras air yang jatuh juga melebar. Guna memudahkan wisatawan menjejaki curug cantik di Kulon Progo ini, pihak pengelola telah membangun tangga. Adapula tempat duduk dan gazebo yang semakin mendukung guna menikmati keindahan wisata alam di curug ini.

curug setawing kulon progo

IG: @marwan_donovan

Sejuknya udara pegunungan, alam yang segar berpadu hijau daun dan pepohonan serta deras air yang membentuk menjadi suatu keindahan tersendiri dan daya tarik di Curug Setawing. Uniknya lagi air terjun berbentuk bertingkat. Ada sejarah dari pemberian nama Se-Tawing. Se berarti satu, Tawing berarti tebing.

Akses menuju ke lokasi terbilang mudah yakni dari arah Yogyakarta menuju ke jalan Godean dan lurus ke arah barat sampai ke Pasar Jonggrangan.

Sudah banyak petunjuk arah menuju ke lokasi, oleh karena itu sudah bukan menjadi hal sulit lagi untuk mengunjungi Curug Setawing Kulon Progo di sepanjang jalan Godean.

Kulon Progo tentu tidak hanya memiliki curug Setawing saja, namun juga beberapa curug lain yang menjadi eksis di kalangan anak muda seperti Air Terjun Kedung Pedut, Taman Banyu Mudal, dan juga goa-goa yang menarik dari Pegunungan Menoreh seperti Goa Seplawan dan Goa Kiskendo. Goa-goa tersebut ikut menjadi destinasi menarik di Kulon Progo dan menjadi alternative wisata.

curug setawing kulon progo

IG: @tentangjogja

Keindahan air terjun yang menarik seperti Curug Setawing semoga tetap lestari seiring dnegan adnaya pengelolaan dan kunjungan dari wisatawan. Himbauan untuk tetap menjaga kebersihan itu harus ya gaes. Jangan kita kotori keindahan menjadi kekotoran. Salam Dolaners!

Anda tertarik tour di Jogja dan sekitarnya namun tidak ingin ribet? Kami menyediakan paket wisata Jogja / paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja / sewa mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Selamat berlibur. 🙂

Immanuel

About Immanuel

08112635846