Besengek Tempe Benguk: Makanan Khas Kulon Progo Yang Melegenda

www.tuguwisata.com – Menjumpai makanan khas daerah di Jogja terbilang seperti merasakan kembali aktivitas zaman dahulu. di Kulon Progo misalnya, adalah makanan khas yang menjadi mascot kota bagian barat Jogja. Kota ini mempunyai beberapa makanan khas yang telah turun temurun seperti salah satunya Besengek Tempe Benguk.

Jika tempe pada umumnya menggunakan kedelai, oleh masyarakat Kulon Progo tempe ini diolah dari bahan Benguk. Sekilas makanan ini mungkin mirip dengan tempe Bacem khas Sleman. Namun jelas berbeda dari bahan dasar pembuatannya.

Nama botani dari Benguk ini adalah Mucuna Pruriens yakni sejenis kacang kara yag tumbuh merambat dan masuk dalam keluarga Buncis juga Kapri. Butirannya lebih besar dari kacang kedelai. Tanaman ini tidak begitu banyak membutuhkan air. Oleh karena itu tanaman ini bisa tumbuh di berbagai tempat. Di pedesaan tanaman ini tumbuh sebagai selingan atau tanaman yang mengisi kekosongan tanah yang nyaris tak tergarap. Tidak mengherankan apapbial jenis tanman ini juga bisa ditemukan di pinggiran sungai, pematang, di lereng-lereng pegunungan yang kondisi tanah yang relative minim tingkat kesuburannya.

Biji Benguk ini ukurannya sekitar sebesar kelereng dengan bentuk lonjong dan sedikit pipih. Biji Benguk ini berwarna abu-abu hingga kehitaman. Dalam satu kulit polong Benguk ini umumnya berisi 3 higga 5 biji Benguk. Biji-biji tersebutlah yang kemudian diolah menjadi tempe Benguk dengan cara pengolahan seperti pembuatan tempe kedelai.

Besengek Tempe Benguk Tugu Wisata

Instagram: @mampirmakan

Informasi Gizi

Kandungan gizi yang ada di tempe ini juga tidak kalah degan tempe kedelai. Kehadiran benguk juga diharapkan dapat menjadi pengganti atau alternatif kedelai yang kian melambung. Kacang benguk ini memang memiliki kandungan protein yang leih rendah dibandingkan kedelai. Akan tetapi karbohidratnya dua kali lipat. Selain itu, benguk juga memiliki gizi yang cukup tinggi. 100g biji benguk ini mengandung 55g karbohidrat, 130 mg kalsium, 200 mg fosfor, 2 mg besi, 70 SI Vitamin A, 0,3 Vitamin B1, dan 15 g air.

Asal usul tempe Benguk tidak lepas dari letak geografis Kulon Progo yang berada di pinggiran kota yakni sejauh 17 km dari kota Jogja. Adalah Wates yang merupakan penghasil dari Benguk atau Koro. Bisanya banyak ditemukan di daerah Sentolo. Oleh karena banyaknya biji benguk tersebut kemudian masyarakt mengolahnya menjadi tempe. Mereka juga melihat dari harganya yang jauh lebih murah dan mudah didapat daripada kedelai.

Setelah dibuat menjadi tempe Benguk barulah kemudian masyarakat mengolahnya kembali menjadi Besengek Tempe Benguk yang mana masakan ini hanya dapat dijumpai di Kulon Progo saja.

Nah bagaimana? Anda tertarik untuk menikmati tempe Benguk ini? Jika penasaran dan berkesempatan mengunjungi Kulon Progo maka tidak ada salahnya untuk membeli Besengek Tempe Benguk yang bisa menjadi oalahan pangan khas Kulon Progo. Selamat mencoba. Yuk sekalian ikut paket tour Jogja bersama kami. Nanti kita ke Kulon Progo untuk bisa menikmati cita rasa tempe unik satu ini. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja mulai dari sewa mobil Avanza hingga sewa mobil Alphard.

Immanuel

About Immanuel

08112635846