Air Terjun Seloprojo Atau Air Terjun Sumuran Magelang Ini Asyik Banget!

INDAHNYA AIR TERJUN SELOPROJO ATAU AIR TERJUN SUMURAN MAGELANG

www.tuguwisata.com – Adalah air terjun yang bernama Air Terjun Seloprojo di kabupaten Magelang. Air terjun ini memiliki nama lain air terjun Sumuran. Sebuah air terjun yang berada di pemukiman desa dan lereng Gunung Telomoyo.

Air Terjun Seloprojo Magelang Tugu Wisata

Instagram: @snainipratiwi54

Lokasi

Kondisi air terjun ini masih amat sangat alami namun hanya karena belum banyak wisatawan yang mengetahui air terjun ini sehingga air terjun ini belum banyak dikunjungi. Lokasi air terjun ini berada di desa Seloprojo, kecamatan Ngablak, kabupaten Magelang, Jawa Tengah. ketinggian air terjun ini sekitar 30 meter. Sebuah air terjun yang cukup tinggi bukan? Alirannya berasal dari Gunung Telomoyo, jadi tidak heran lagi jika airnya sangat jernih dan sejuk.

Masih minimnya papan petunjuk mengakibatkan pengunjung kesulitan untuk bertandang ke lokasi. Namun jangan malu untuk bertanya kepada warga setempat perihal lokasi air terjun ini karena sekalinya menanyakan air terjun Sumuran Seloprojo, penduduk malah bisa menujukkan air terjun lain yang ada di dekatnya seperi Air Terjun Kali Pancur serta Air Terjun Sekar Langit.

Air Terjun Seloprojo Magelang Tugu Wisata

Instagram: @indrha_bi

Memasuki kawasan desa Seloprojo, pengunjung akan melihat gapura dengan tulisan Air Terjun Seloprojo. Melewati jalanan yang tidak begitu baik kondisinya lalu dilanjutkan dengan jalan setapak yang hanya dapat dilewati oleh kendaraan roda dua.

Ada Dua Buah Air Terjun

Kawasan wisata air terjun Seloprojo ini memiliki dua  buah air terjun yang masing-masing bernama Air Terjun Sumuran dan Air Terjun Senthong. Akan tetapi banyak anggapan bahwa air terjun Seloprojo adalah air terjun Sumuran sehingga tidak begitu mengetahui lokasi air terjun Senthong yang disebabkan sulitnya akses menuju ke lokasi.

Ujung dari jalan setapak tersebut akan memperlihatkan pos retribusi Air Terjun Seloprojo. Kendaraannya dapat diparkir di area sbeelah pos retribusi yang mana hanya mampu menampung sekitar 30 kendaraan. Maklum kawasannya masih dalam tahap pengembangan.

Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan menyusur jalan setapak dengan jalur tracking yang cukup sempit dan rute panjang. Adapula jalan dilalui cukup licin yang basah karena terkena air. Jika datang di pagi hari, pengunjung akan sekaligus melihat penduduk mencari rumput untuk pakan ternak atau mengurus sawah.

Air Terjun Seloprojo Magelang Tugu Wisata

Instagram: @nur_afandii08

Suasana Di Air Terjun Seloprojo

Suasana yang sunyi sepi ini menjadi seolah berkunjung ke hidden paradise di balik pegunungan. Lokasinya yang sulit diakses kemungkinan menjadi alasan sepinya lokasi. Padahal air terjun ini memiliki keunikan-keunikan. Pertama adalah adanya dua buah kolam yang digunakan untuk menampung aliran dan kedlamannya sekitar satu meter. Kolam ini sengaja dibenung untuk pengunjung agar bisa mandi di aliran air terjunnya langsung.

Kemudian ada tiga buah patung kepala burung yang berada di ujung kolam. Setiap patungnya diberi lobang aliran di bagian paruh dan mulutnya mirip dengan batuan candi. Namun patung tersebut hanyalah replica untuk menambah daya tarik wisata.

Air Terjun Seloprojo Magelang Tugu Wisata

Instagram: @immaniars

Adapun fasilitas yang ada di air terjun ini antara lain gazebo yang dibangun di samping kolam dan air terjun Seloprojo sebagai lokasi beristirahat pengunjung. Akan tetapi kondisinya sudah tidak sebaik pada mulanya. Selain itu, ada dua buah kamar mandi yang lokasinya tidak begitu jauh dari air terjun Sumuran ini akan tetapi sudah tidak digunakan.

Sangat disayangkan karena keindahan air terjun ini dan suasananya yang menenangkan tidak begitu maksimal namu mungkin pernah maksimal pada zamannya. Dan dekat dengan lokasi air terjun Sumuran adalah air terjun Senthong yang lokasinya cukup sulit karena harus melewati hutan. Selain itu, di lokasi ini ada sebuah camping ground yang dpat dimanfaatkan untuk kegiatan outbond.

Air Terjun Seloprojo Magelang Tugu Wisata

Instagram: @potopoloss

Air terjun Sumurna ini memang sangat potensial untuk wisata alam. Adapun saran untuk berkunjung ke lokasi sebaiknya membawa perbekalan karena di lokasi tidak ada penjual makanan dan minuman. Selamat berkunjung dan happy traveling.

 

Immanuel

About Immanuel

× 08112635846