Air Terjun Kedung Kayang: Si Cantik Dekat Ketep Pass

AIR TERJUN KEDUNG KAYANG: SI CANTIK DEKAT KETEP PASS

www.tuguwisata.com – Tahukah kamu Air Terjun Kedung Kayang Magelang? Air terjun ini berada dekat dengan wisata Ketep Pass. Jika Ketep Pass ini seolah berada di atas maka air terjun Kedung Kayang ini berada di bawah lerengnya.

Main ke daerah Magelang tidak melulu ke candi Borobudur ya gaes. Kamu juga perlu kunjungi wisata alam lainnya yang tidak kalah menarik seperti air tejun Kedung Kayang ini. Air Terjun Kedung Kayang ini jika dilihat memang berada di antara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu yang tepatnya berada di perbatasan Kabupaten Magelang dan Boyolali yaitu desa Wonolelo, kecamatan Swangan, kabupaten Magelang dan juga desa Klakah, kecamatan Seko, Boyolali.

Lokasi

Hanya sekitar 3km dari Ketep Pass kamu bisa menuju ke air terjun Kedung Kayang yang memiliki ketinggian sekitar 40 meter dengan volume airnya yang cukup tinggi. dan lokasi air terjun ini berada di ketinggian 950 mdpl.

Untuk menuju ke lokasi air terjunnya pengunjung harus melalui jalur tracking yangcukup panjang dengan menuruni tangga satu persatu. Kawasan yang telah terkelola ini sudah memiliki akses yang mudah. Sementara kendaraannya dapat diparkir di dekat rumah warga yang memang menjadi kawsan parkir.

Tidak jauh lokasi parkir pengunjung sudah dapat mendengar gemuruh air terjun yang dapat dinikmati dari berbagai sudut. Ada gazebo di atas bukit bagi yang tidak ingin mendekat ke air terjun. Dekat dari kawasan air terjun ini juga sudah dibangun penginapan yang dapat digunakan pengunjung apabila ingin bermalam.

Di sekitar air terjunnya juga telah ada camping ground yang dapat dimanfaatkan untuk mendirikan tenda. Perjalanan sekitar 20 menit dengan melewati ladang penduduk dan menyusur sungai akan terbayar dengan keindahan air terjun Kedung Kayang ini.

Air Terjun Kedung Kayang Tugu Wisata

Instagram: @davidyulliant

Keadaan Air Terjun

Debet airnya sendiri cukup deras namun masih aman jika ingin mandi di dekat air terjun. Alirannya melewati aliran sungai penuh dengan bebatuan. Suasananya yang berada di perbukitan ini menjadikan udaranya semakin rilex dan segar. Jika tidak kuat dingin pasti akan merasakan dengan segera dinginnya udara dari hembusan dan percikan air dari air terjun Kedung Kayang ini.

Adanya bebatuan dari aliran sungainya juga sering dibuat untuk kegiatan outbond kelompok tertentu. Kabarnya lagi ada goa yang berada di belakang air terjun yang mana goanya memiliki lebar 2 meter dan tingginya sekitar 2,5 meter. Namun panjangnya tidak terbatas dan jika ingin menyusur goa harus naik sekitar 1,5 meter di belakang air terjun. Banyak yang menagatakan bahwa goa tersebut pernah digunakan untuk bertapa orang yang berkepentingan untuk memohon petunjuk.

Dari air terjun Kedung Kayang yang juga berbaur dengan keindahan pemandangannya yang hijau luas, juga ladang penduduk yang khas pedesaan membuat siapapun betah untuk berlama-lama berada di kawasan ini.

Sudahkah kamu berkunjung ke air terjun Kedung Kayang? Sempatkan berkunjung ketika kamu berada di Ketep Pass karena dijamin tidak akan menyesal dari keindahaan air terjun ini. Atau kami antar yuk! kami juga menyediakan paket wisata Jogja murah yang bisa Anda manfaatkan. Selain itu, kami juga memiliki jasa sewa mobil Jogja mulai dari sewa mobil Avanza hingga sewa mobil Alphard. Happy Traveling 🙂

Immanuel

About Immanuel

08112635846