Air Terjun Talang Purba Tugu Wisata

AIR TERJUN TALANG PURBA: TETANGGA YANG MASIH TERLUPA

www.tuguwisata.com – Air Terjun Talang Purba adalah sebuah kawasan wisata baru yang ada di perbukitan Patuk Gunungkidul dan masuk di Desa Wisata Nglanggeran. Air terjun yang berada dekat dengan air terjun Kedung Kandang ini menarik para wisatawan.

Lokasi air terjun Talang Purba ini berada di kawasan Gunung Butak, Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Air terjun yang ada ini merupakan aliran dari sungai Bendo yang mana karakter air terjunnya bertingkat.

Jalan menuju air terjun dari lokasi parkir diperlukan perjuangan gaes dan harus tetap berhati-hati. Namun tak perlu khawatir ada papan petunjuk ke lokasi sepanjang jalan. Dan untuk ke lokasi memang sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi seperti motor karena memang hanya bisa dilalui oleh motor.

Air Terjun Talang Purba Tugu Wisata

Instagram: @blusukangunungkidul

Air Terjun Talang Purba Ini Sedikit Sulit Dibedakan Dengan Air Terjun Kedung Kandang

Sesampainya dari jalan cor semen, bersiaplah jalanannya berubah menjadi batu dan tanah. Tahu kan kalau hujan bakal bagaimana? Licin gaes. Nah sesampainya di tikungan dekat rumah warga kamu bisa memarkirkan kendaraanmu di halaman rumah tersebut unutk kemudian lanjutkan perjalanan dengan tracking.

Dari area parkir ini ada dua jalur yakni Air Terjun Kedung Kandang atau Air Terjun Talang Purba. Maka ambilah arah kanan ke Air Terjun Talang Purba. Jika kurang yakin kalian bisa meminta penduduk untuk mengantarkan kalian menuju ke air terjun dengan jalan setapak tersebut.

Menuju ke sisi bawah air terjun ini kamu bisa menuruni bebatuan yang ada di aliran air terjun. Untuk menghindari sesuatu terjadi pilihlah batu-batu yang landai, dan berhati-hati melangkah karena jalanan cukup licin apalagi terkena percikan air. Adalah alternatifnya jika kalian tidak ingin menyusur lewat bebatuan kalian bisa menyusur pematang sawah. Namun akibatnya banyak tanaman warga yang rusak karena ulah pengunjung yang tidak bertanggung jawab alhasil sudah dilarang lagi.

Seperti halnya air terjun Kedung Kandang, air terjun Talang Purba ini juga merupakan air terjun musiman yang deras saat musim penghujan namun kering saat musim kemarau. Aliran air di air terjun Talang Purba ini dibendung oleh warga untuk keperluan irigasi.

Air Terjun Talang Purba Tugu Wisata

Instagram: @omprasetya

Karakter dari air terjun Talang Purba ini adalah bentuknya yang bertingkat atau juga berundak yang mana aliran air terjun di bagian puncaknya terbelah menjadi dua sisi. Air terjun paling atas adalah ari terjun paling tinggi.

Debit air ketika musim penghujan cukup tinggi namun airnya keruh. Adapun beberapa sumber mengatakan bahwa aliran Air Terjun Talang Purba ini berasal dari sekitar Gunung Api Purba.

Di sekitar bebatuan air terjun ada sumber mata air yang digunakan oleh penduduk untuk kebutuhan sehari-hari. Terlebih saat musim kemarau, sumber mata air adalah hal yang sangat dicari bagi warga daerah Gunungkidul. Alhasil dari sumber mata air ada pipa pralon kecil dialirkan ke rumah warga yang berada di kawasan air terjun.

Air Terjun Talang Purba ini memang menarik untuk dikunjungi selain pada air terjun Kedung Kandang. Karena musiman memang sebaiknya kalian berkunjung saat musim penghujan. Untuk bertandang ke air terjun ini tidak diperlukan banyak receh kok gaes. Piknik murah pokoknya. Tiketnya masih gratis pula. Asyik banget to. Air terjun yang sebenarnya grojogan ini menjadi kawasan menarik. Selain nuansa segarnya air terjun, suasana tenang ala pedesaan ini lebih diburu untuk meredam stress dan pikiran serta kegalauan para piknikers. Happy Traveling !

Anda tertarik tour di Jogja dan sekitarnya namun tidak ingin ribet? Kami menyediakan paket wisata Jogja / paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja / sewa mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Sewa mobil di Jogja di Tugu Wisata mulai dari sewa Avanza Jogja hingga sewa Alphard Jogja. Selamat berlibur. 🙂

Immanuel

About Immanuel

08112635846